Selasa, 05 Maret 2024
Hari/Tanggal : Selasa, 05 Maret 2024
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS Bab 6 : Indonesia Kaya Budaya
2. Pend. Pancasila : Negaraku
4. Bahasa Indonesia : Satu Titik
Capaian Pembelajaran IPAS
1.Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.
2.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital.
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10.Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11.Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12.Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
- Memiliki kemampuan mengendalikan;
- Mampu bertahan dari pengaruh budaya luar;
- Mengakomodasi budaya luar;
- Memberi arah perkembangan budaya;
- Mengintegrasi atau menyatukan budaya luar dan budaya asli.
- Pengembangan iptek;
- Pelestarian dan konservasi sumber daya alam;
- Pengembangan sumber daya manusia;
- Sebagai petuah, kepercayaan, sastra, dan pantangan;
- Bermakna sosial
- Bermakna etika dan moral;
- Sebagai pengetahuan budaya.
- Menggunakan bahasa daerah di rumah sesuai dengan asal daerah.
- Mempromosikan kekayaan budaya.
- Mengikuti kegiatan kebudayaan di lingkungan sekitar.
- Menggunakan produk lokal yang bermanfaat bagi masyarakat
Nama | Peran | Kebiasaan Lingkungan Keluarga yang Dilakukan Secara Turun-menurun | Manfaat | Paraf |
---|---|---|---|---|
Rani | Guru | Minum jamu kunyit asam setiap pagi | Agar badan tetap sehat | |
Adi | Teman | Berbicara bahasa Jawa di rumah | Agar bahasa daerah lestari | |
Agus | Teman | Memasak makanan khas di hari raya | Agar makanan tradisional tetap lestari | |
Lani | Teman | Bersilaturahmi saat hari raya | Agar persaudaraan tetap terjaga | |
Udin | Teman | Tradisi mitoni | Agar janin dan ibunya memperoleh keselamatan | |
Wawan | Teman | Upacara perkawinan | Agar upacara tradisional tidak hilang |
Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat !
1. Bhineka Tunggal Ika mempunyai makna …
2. Aceh, Gayo, Alas, Batak, Nias, Melayu, Minangkabau adalah suku bangsa yang berada di pulau …
a. masyarakat makin tertib dan patuh pada aturan hukum yang berlaku
b. pendekatan kekeluargaan dalam tiap permasalahan lebih mudah dijumpai
c. semangat gotong royong di masyarakat makin memudar
d. pola hidup sederhana makin diminati dan diterapkan oleh masyarakat
5. Kearifan lokal bersifat ....
a. perorangan
b. internasional
c. modern
d. turun temurun
10. Yang bukan merupakan kearifan lokal adalah...
A. Nasi tumpeng
B. Hutan Larangan Adat Kenagarian Rumbio
C. Lagu pop
D. Kepercayaan te aro neweak lako
II. jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat untuk melindungi dan mengelola lingkungan hidup secara lestari adalah..
2. Tuliskan 3 lagu daerah berikut daerah asalnya!
3. Tuliskan 3 tarian daerah berikut daerah asalnya!
4. Tuliskan lima (5) makanan tradisional Indonesia beserta daerah asalnya!PENDIDIKAN PANCASILA
- Belajar dengan rajin
- Giat bekerja sesuai dengan kemampuan
- Mengembangkan bakat yang dimiliki dengan giat berlatih
- Mengikuti upacara bendera
- Mencintai buatan Indonesia
- Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
- Menghormati bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya
- Menyukai lagu-lagu Indonesia,
- Bangga akan jasa para pahlawan kusuma bangsa.
1. Wilayah Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu
....
a. Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik
b. Samudra Hindia dan Samudra Pasifik
c. Samudra Hindia dan Samudra Atlantik
d. Samudra Atlantik dan Samudra Indonesia
2. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dapat diraih berkat
adanya ...
a. pemberian negara Jepang
b senjata tradisional yang ampuh
c. persatuan dan kesatuan bangsa
d. balas dendam terhadap penjajah
3. Berikut yang bukan faktor pembentukan Negara Kesatuan
Republik Indonesia adalah ...
a. persamaan nasib
b. keinginan bersama untuk melepaskan diri dari penjajah
c. cita-cita bersama untuk mencapai kemakmuran dan keadilan
d. wilayah Indonesia merupakan pemberian penjajah
4. Rela menyerahkan sebagian tanah untuk kepentingan umum
merupakan tindakan yang mencerminkan sikap ....
a. rela berkorban
b. toleransi
c. cinta tanah air
d.
sombong
5. Sikap yang harus dihindari demi menjaga keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia adalah ....
a. rela berkorban
b. cinta tanah air
c. mempererat rasa persatuan dan kesatuan
d. bangga terhadap kebudayaan secara berlebihan
6. Kekayaan alam yang ada di Indonesia harus dimanfaatkan
untuk ....
a. kebutuhan ekspor
b. kesejahteraan para pejabat
c. kesejahteraan para guru
d. kesejahteraan masyarakat Indonesia
7. Setiap warga memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk
membela bangsa dan negara. Pernyataan tersebut merupakan makan kesatuan wilayah
Indonesia dalam bidang....
a. politik
b.
pertahanan keamanan
c. ekonomi
d.
sosial budaya
8. Upacara adat memberikan sesaji di Gunung Bromo disebut
...
a. Kasada
b. Sekaten
c. Ngaben
d. Subak
9. Lagu daerah yang berasal dari Yogyakarta adalah ....
a. Bubuy Bulan
b. Injit-injit Semut
c. Suwe Ora Jamu
d. Kicir-kicir
10. Bangsa Indonesia terkenal dengan tanahnya yang subur.
Kekayaan alam Indonesia yang terdapat di daratan dan lautan mengandung sumber
daya alam yang melimpah. Sumber daya alam yang dapat diperbarui, contohnya ....
a. emas
b. tembaga
c. perunggu
d. pohon karet
11. Kekayaan alam Indonesia menjadi modal dan milik seluruh
bangsa.pernyataan tersebut merupakan makna kesatuan wilayah Indonesia dalam
bidang ...
a. politik
b. agama
c. sosial budaya
d. ekonomi
12. Ancaman terhadap satu pulau milik bangsa Indonesia
merupakan ....
a. ancaman bersama bangsa Indonesia
b. ancaman kepada penduduk pulau itu sendiri
c. tantangan bagi TNI /POLRI
d. tantangan bagi pemerintah untuk berdiplomasi
13. Salah satu contoh perilaku menjaga keutuhan NKRI adalah
....
a. membolos sekolah
b. melanggar aturan sekolah
c. membedakan teman dalam pergaulan
d. memelihara kerukunan dengan sesama warga
14. Berikut bukan termasuk tujuan dari Negara Kesatuan
Republik Indonesia adalah ....
a. memajukan kesejahteraan umum
b. mencerdaskan kehidupan bangsa
c. menciptakan persaingan dunia
d. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah
darah Indonesia
15. Perhatikan gambar berikut!
Kegiatan pada gambar diatas menunjukkan upaya menjaga
keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di lingkungan .....
a. keluarga
b. sekolah
c. masyarakat
d. negara
BAHASA INDONESIA
Yono dan Ratna tertawa mendengar kata meninggal karena kata tersebut kurang tepat jika digunakan untuk hewan.
Kata pengganti meninggal yang tepat adalah mati.
Tokoh yang mengalami perubahan perasaan bersedih kemudian gembira adalah Panji. Dia bersedih karena sapinya mati, namun dia gembira karena akan diajak naik jip oleh Yono.
- mengungsi: v pergi menghindarkan (menyingkirkan) diri dari bahaya atau menyelamatkan diri (ke tempat yang dirasa aman)
- lava: n bahan vulkanis dalam keadaan cair yang keluar dari kepundan gunung berapi
- petualang: n orang yang bertualang, menjelajah
- piket: n kelompok atau regu yang melakukan tugas jaga siang atau malam hari (biasanya dalam kesatuan militer, rumah sakit, kantor, dan sebagainya)
- meletus: v pecah atau terbuka dengan tiba-tiba karena adanya tekanan atau dorongan yang sangat kuat sehingga mengeluarkan bunyi yang sangat keras; meledak
- vulkanis: a memiliki sifat gunung berapi (vulkan)
- lereng: n sisi (bidang, tanah) yang landai atau miring
- lahar: n lumpur batu yang keluar dari kawah gunung berapi
- jip: n mobil kecil yang kuat, serbaguna, bentuknya segi empat
- posko: n akr pos komando
Komentar
Posting Komentar