Jumat, 15 Maret 2024
Hari/Tanggal : Jum'at, 15 MARET 2024
Muatan Pembelajaran :
1. PAK : Kerja Keras
2. IPAS BAB 6 : Indonesia Kaya Budaya
Capaian Pembelajaran:
PAK ( Pendidikan Anti Korupsi)
Wawasan: Memahami manfaat perilaku hidup sederhana untuk diri pribadi dan sosial
Ketrampilan: Mengimplementasikan perilaku hidup sederhana
Sikap Sosial : Meyakini manfaat perilaku hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari
IPAS
1.Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.
Ciri-ciri Kerja Keras
- Dapat mengelola waktu yang dimiliki dengan baik.
- Merasa tidak tenang apabila pekerjaannya belum terselesaikan sampai tuntas.
- Selalu memeriksa apa yang harus dilakukan dan apa yang menjadi tanggung jawabnya.
- Mampu mengorganisasi sumber daya yang ada untuk menyelesaikan tanggung jawabnya.
- Dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu.
- Tidak mudah putus asa
- Tidak mudah menyerah dalam menghadapi
masalah - Dapat bekerja sama
- Memiliki motivasi yang tinggi untuk mencapai tujuan
- Berusaha mengevaluasi diri agar dapat memperbaiki kekurangan dan terus berkembang.
- Tekun dalam menghadapi rintangan karena percaya segala sesuatu tidak dapat didapatkan secara instan
- Memiliki inisiatif untuk terus mengembangkan diri.
- Memiliki kemampuan mengendalikan;
- Mampu bertahan dari pengaruh budaya luar;
- Mengakomodasi budaya luar;
- Memberi arah perkembangan budaya;
- Mengintegrasi atau menyatukan budaya luar dan budaya asli.
- Pengembangan iptek;
- Pelestarian dan konservasi sumber daya alam;
- Pengembangan sumber daya manusia;
- Sebagai petuah, kepercayaan, sastra, dan pantangan;
- Bermakna sosial
- Bermakna etika dan moral;
- Sebagai pengetahuan budaya.
- Menggunakan bahasa daerah di rumah sesuai dengan asal daerah.
- Mempromosikan kekayaan budaya.
- Mengikuti kegiatan kebudayaan di lingkungan sekitar.
- Menggunakan produk lokal yang bermanfaat bagi masyarakat
Nama | Peran | Kebiasaan Lingkungan Keluarga yang Dilakukan Secara Turun-menurun | Manfaat | Paraf |
---|---|---|---|---|
Rani | Guru | Minum jamu kunyit asam setiap pagi | Agar badan tetap sehat | |
Adi | Teman | Berbicara bahasa Jawa di rumah | Agar bahasa daerah lestari | |
Agus | Teman | Memasak makanan khas di hari raya | Agar makanan tradisional tetap lestari | |
Lani | Teman | Bersilaturahmi saat hari raya | Agar persaudaraan tetap terjaga | |
Udin | Teman | Tradisi mitoni | Agar janin dan ibunya memperoleh keselamatan | |
Wawan | Teman | Upacara perkawinan | Agar upacara tradisional tidak hilang |
Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat !
1. Perhatikan gambar di bawah ini!
|
2. Senjata tradisional Rencong berasal dari daerah ....
3. Lagu
daerah yang berjudul “Rasa Sayange” berasal dari daerah ....
4. Perbandingan
antara jarak di dalam peta dan jarak sebenarnya di lapangan disebut ....
5. Jelaskan simbol berikut!
a.
b.
6. Indonesia kaya akan keberagaman budaya tuliskan keragaman budaya salah satu provinsi di Indonesia dari rumah adat, pakaian adat, dan suku!
7. Daerah
perairan banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat di Indonesia. Tuliskan
dua contoh pemanfaatan Sungai bagi masyarakat!
8. Di
dalam peta terdapat komponen peta yang berguna
untuk memudahkan kita dalam membaca peta. Tuliskan Empat komponen pada
peta!
9. Gambaran permukaan bumi yang ditampilkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu disebut ...
10. Perhatikan gambar berikut!
Gambar di samping adalah contoh jenis
peta. berdasarkan isinya, Peta di samping termasuk jenis peta ....
Komentar
Posting Komentar