Selasa, 16 Januari 2024
Hari/Tanggal : Selasa, 16 Januari 2024
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS Bab 5 : Cerita Tentang Daerahku
2. Pend. Pancasila : Negaraku
4. Bahasa Indonesia : Bertukar atau Membayar
Capaian Pembelajaran IPAS
1.Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.
2. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital.
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12. Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
1. | Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan pada tanggal .... | |
A. | 17 Agustus 1945** | |
B. | 17 Agustus 1946 | |
C. | 18 Agustus 1946 | |
D. | 17 Agustus 1946 | |
Pembahasan : Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945 | ||
2. | Pernyataan Proklamasi mencerminkan tekad kemandirian bangsa Indonesia untuk lepas dari .... | |
A. | kekayaan | |
B. | kekuatan | |
C. | penjajah** | |
D. | kemandirian | |
Pembahasan : Pernyataan Proklamasi mencerminkan tekad bangsa Indonesia lepas dari penjajah. | ||
3. | Proklamasi merupakan pernyataan keputusan politik tertinggi bangsa Indonesia untuk menghapuskan hukum kolonial dan diganti dengan hukum .... | |
A. | ekonomi | |
B. | pidana | |
C. | nasional** | |
D. | perdata | |
Pembahasan : Proklamasi menghapuskan hukum kolonial dan diganti dengan hukum nasional | ||
4. | Tujuan NKRI termuat pada pembukaan UUD 1945 pada alinea .... | |
A. | pertama | |
B. | kedua | |
C. | ketiga | |
D. | keempat** | |
Pembahasan : Tujuan NKRI termuat pada pembukaan UUD 1945 pada alinea keempat | ||
5. | Perhatikan beberapa pernyataan berikut! (1) Batas teritorial. (2) Batas landas kontinental. (3) Batas lempeng benua (4) Batas Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE Batas laut wilayah Indonesia ditunjukan dengan nomor …. | |
A. | (1), (3), dan (4) | |
B. | (1), (2), dan (4)** | |
C. | (1), (2), dan (3) | |
D. | (2), (3), dan (4) | |
Pembahasan : Batas laut wilayah laut Indonesia adalah Batas teritorial, Batas landas kontinental, dan Batas Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE | ||
6. | Perhatikan batas-batas wilayah Indonesia berikut! (1) Australia (2) Timor Leste (3) Malaysia (4) Samudra Hindia (5) Samudra Pasifik Batas daratan wilayah Indonesia di sebelah selatan ditunjukan pada nomor …. | |
A. | (1), (2), dan (3) | |
B. | (2), (3), dan (4) | |
C. | (1), (4), dan (5) | |
D. | (1), (2), dan (4)** | |
Pembahasan : Batas-batas wilayah Indonesia di sebelah selatan adalah Australia, Timor Leste, dan Samudra Hindia. | ||
7. | Belanda melakukan agresi Militer II pada tanggal ... | |
A. | 17 Agustus 1948 | |
B. | 23 Oktober 1948 | |
C. | 19 Desember 1948** | |
D. | 1 Januari 1948 | |
Pembahasan : Belanda melakukan agresi Militer II pada 19 Desember 1948. | ||
8. | Mr. Syafrudin Prawiranegara diberi mandat untuk menjalahkan pemerintahan dengan membentuk Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di daerah .... | |
A. | Padang** | |
B. | Bandung | |
C. | Jakarta | |
D. | Medan | |
Pembahasan : Mr. Syafrudin Prawiranegara membentuk PDRI) di Padang (Sumatera Barat) | ||
9. | Pasal 27 Ayat (3) UUD 1945 berbunyi “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya.... | |
A. | pembelaan negara** | |
B. | pendidikan nasional | |
C. | kesejahteraan rakyat | |
D. | keamanan nasional | |
Pembahasan : Pasal 27 Ayat (3) UUD 1945 berbunyi “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. | ||
10. | Perhatikan beberapa hal berikut! (1) Merupakan panggilan sejarah (2) Perlunya memiliki wawasan kebangsaan (3) Pendidikan yang berkarakter (4) Pendidikan berbasis keluarga (5) Menjaga keutuhan wilayah negara Beberapa hal yang dapat dibangun dan dibudidayakan untuk menjaga keutuhan dari Negara Indonesia ditunjukan nomer .... | |
A. | (1), (2), dan (3) | |
B. | (2), (3), dan (4)** | |
C. | (1), (4), dan (5) | |
D. | (1), (2), dan (4) | |
Pembahasan : Beberapa hal yang dapat dibangun dan dibudidayakan untuk menjaga keutuhan NKRI adalah perlunya memiliki wawasan kebangsaan, pendidikan yang berkarakter, dan pendidikan berbasis keluarga |
A. Membaca
Pada aktivitas ini, peserta didik diminta untuk membaca cerita “Ditukar dengan Apa?” secara bergantian dengan teman di sebelahnya, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut :
- Apakah kalian menyukai cerita “Ditukar dengan Apa?” tersebut?
- Bagian mana yang paling kalian sukai? Dapatkah kalian mengingat dan memahami jalan ceritanya?
- Apa saja peristiwa yang dialami para tokohnya?
Menabung adalah menyisihkan dan menyimpan sebagian uang yang kita miliki. Menabung sebaiknya dilakukan secara rutin dan tidak menunggu uang sisa. Ada beberapa pilihan tempat untuk menabung :
Di celengan
- Di bank
- Di sekolah.
Ada beberapa petunjuk yang bisa kalian lakukan agar tabungan cepat terkumpul :
- Membawa bekal ke sekolah sehingga tidak perlu jajan
- Menahan diri agar tidak mudah terpancing untuk membeli barang.
- Mendaur ulang barang bekas agar bisa dimanfaatkan dan menghemat uang kalian.
- Menjual hasil karya kalian atau barang-barang kalian yang masih berkualitas bagus, tetapi sudah tidak terpakai lagi.
Menabung memiliki banyak manfaat, antara lain :
- Melatih kesabaran dan kedisiplinan.
- Dengan menabung berarti kita punya dana cadangan yang bisa kita gunakan saat dibutuhkan.
B. Mengamati
Cara mengamati keaslian uang yaitu dengan cara berikut :
1. Dilihat.
Warna uang terlihat terang dan jelas.
Terdapat benang pengaman seperti dianyam pada uang Rupian Kertas pecahan Rp. 100.000, Rp. 50.000 dan Rp. 20.000. Khusus untuk pecahan Rp. 100.000 dan Rp. 50.000 berubah warna bila
2. Diraba. Hasil cetak yang terasa kasar apabila diraba.
3. Diterawang. Tanda Air (Watermark) berupa gambar pahlawan dan ornamen pada pecahan tertentu.
Mata uang negara kita adalah Rupiah. Lambangnya adalah Rp dan ditulis di depan angka yang menyatakan nilai uang. Kalian bisa melihat bahwa nilai uang dapat dituliskan dengan angka atau huruf.
Komentar
Posting Komentar