Rabu, 24 Januari 2024

 


Hari/Tanggal                        : Rabu, 17 Januari 2024

Muatan  Pembelajaran      :  

1. Matematika                        :  Pengukuran Luas

2. Bahasa Indonesia          : Bertukar atau Membayar  

Capaian Pembelajaran Matematika

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

Si Capaian Bahasa Indonesia

Si    1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

                                                


Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini : peserta didik dapat  mencari luas daerah persegi dan luas persegi panjang  serta menuliskan rumusnya. mengenali dan memahami fungsi tanda baca titik dan koma, serta mengenali maknanya. 


Matematika
Luas Persegi Panjang dan Persegi

Ada dua cara untuk menghitung luas daerah bangun persegi panjang. Pertama, hitung banyak persegi satuan yang termuat dalam bangun. 
Keduanya, ukur panjang dan lebar, lalu kalikan. 
Perhatikan juga bahwa luas persegi panjang bisa dihitung sebagai panjang x lebar.

Rumus Luas Persegi dan persegi panjang
Luas persegi panjang = panjang x lebar. 
Luas persegi = sisi x sisi.

Satuan Luas
Luas 100 meter persegi disebut satu are, dan ditulis 1 a.a digunakan untuk menunjukkan luas dari sawah dan ladang. Luas 10.000 m² persegi disebut satu hektar, dan ditulis 1 ha.ha digunakan untuk menunjukkan luas ladang pertanian dan hutan. Luas dari persegi dengan sisi 1 km disebut satu kilometer persegi dan ditulis 1 km², km² digunakan untuk menunjukkan luas yang besar, seperti pulau, kota, dan negara

1. Ayo pikirkan cara menentukan luas dalam cm² dari persegi panjang di sebelah kanan.
Luas 1
1. Panjangnya 4 cm. Berapa banyak persegi cm² yang disusun secara tegak?
5
2. Lebarnya 5 cm. Berapa banyak persegi 1 cm² yang disusun secara mendatar?
4
3. Berapa banyak persegi 1 cm² yang dapat dimuat pada persegi panjang tersebut? Berapa luas dalam cm² dari persegi panjang itu?
20 buah = 20 cm²
4. Hitung luas persegi panjang dengan menggunakan perkalian.
4 x 5 = 20 cm²
Pada kalimat matematika di sebelah kanan, 4 menyatakan panjang dan 5 menyatakan lebar dari persegi panjang.
Rumus

Ayo tentukan luas persegi dan persegi panjang berikut dengan mengukur panjang dari sisi-sisinya
Soal 3


Bahasa Indonesia 

Cara penulisan uang 

Penulisan uang yang benar harus dipelajari dengan baik agar bisa menyampaikan informasi secara lebih baik dan terperinci. Agar Anda tidak melakukan kesalahan saat menulis, pastikan untuk mempelajari aturan penulisan uang yang baik dan benar terlebih dahulu.
  1. Penulisan bilangan dengan angka menggunakan tanda titik sebagai pemisah ribuan (thousands separator) dan tanda koma sebagai penanda desimal (decimal mark), misalnya Rp50.000,00. 
  2. Angka yang menunjukkan bilangan utuh besar dapat dieja sebagian supaya lebih mudah dibaca, misalnya Rp50 ribu.
  3. Jika bilangan ditulis dengan huruf, lambang mata uang tidak dapat dipakai dan digunakan ejaan mata uang, misalnya lima puluh ribu rupiah tidak dapat ditulis Rp lima puluh ribu. 
  4. Kedua cara penulisan bilangan (dengan angka atau dengan huruf) ini tidak perlu digunakan sekaligus, kecuali dalam dokumen resmi seperti akta atau kuitansi, misalnya, "Nilai kontrak ini adalah Rp5.000.000,00 (lima juta rupiah)."
  5. Penulisan lambang dan angka ditulis tanpa spasi (lambang dan angka menempel). Contoh Rp100.
  6. Penggunaan tanda koma sebagai penanda desimal tampaknya kita warisi dari Belanda. Kaidah ini berkebalikan dengan kaidah yang diterapkan oleh beberapa negara lain di dunia, terutama Amerika SerikaKalian sudah mengetahui bahwa mata uang negara kita adalah Rupiah. Lambangnya adalah Rp dan ditulis di depan angka yang menyatakan nilai uang. Sekarang perhatikan teks di bawah ini!
    Nilai Mata Uang
    Kalian bisa melihat bahwa nilai uang dapat dituliskan dengan angka atau huruf. Perhatikan tabel di bawah ini :
    1. Kolom paling kiri adalah nilai yang ditulis dalam angka. Minta peserta didik memperhatikan cara penempatan titik (.) di antara angka tersebut.
    2. Kolom di tengah adalah cara membacanya. Bacalah secara bersama-sama dengan peserta didik. Cobalah mengganti angka 1 dengan angka lain. Cobakan dengan beberapa kombinasi angka lainnya.
    3. Kolom paling kanan adalah sebutan untuk posisi angka tersebut
    Nilai AngkaBacaPosisi
    1satusatuan
    10sepuluhpuluhan
    100seratusratusan
    1.000seriburibuan
    10.000sepuluh ribupuluh ribuan
    100.000seratus riburatus ribuan
    1.000.000satu jutajutaan
    10.000.000sepuluh jutapuluh jutaan
    100.000.000seratus jutaratus jutaan
    1.000.000.000satu miliarmiliaran
    1.000.000.000.000satu triluntriliunan

    Menulis
    Salin tabel di bawah ini di buku kalian, lalu lengkapilah.
    AngkaHuruf
    Rp39.400,00tiga puluh sembilan ribu empat ratus rupiah
    Rp5.000,00lima ribu rupiah
    Rp14.300,00empat belas ribu tiga ratus rupiah
    Rp83.750,00delapan puluh tiga ribu tujuh ratus lima puluh rupiah
    Rp111.000,00seratus sebelas ribu rupiah
    Rp327.050,00tiga ratus dua puluh tujuh ribu lima puluh rupiah
    Rp6.550,00enam ribu lima ratus lima puluh rupiah
    Rp18.600,00delapan belas ribu enam ratus rupiah
    Rp21.350,00dua puluh satu ribu tiga ratus lima puluh rupiah
    Rp52.299,00lima puluh dua ribu dua ratus sembilan puluh sembilan rupiah
    Rp499.999,00empat ratus sembilan puluh sembilan ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan rupiah
    t, yang menggunakan tanda titik sebagai penanda desimal dan tanda koma sebagai pemisah ribuan. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024