(Senin, 30 Agustus 2021) MATERI AJAR KELAS 6 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5 DAN 6
Dapatkan link
Facebook
X
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ)
Hari/Tanggal
: Senin, 30 Agustus 2021
Kelas
: VI
Tema
2
: Persatuan dalam Perbedaan
Subtema
3
: Bersatu Kita Teguh
Pembelajaran ke- : 5 dan 6
Mapel
:
IPS (3.4), SBDP (3.3), PPKn (3.4), dan Bahasa Indonesia ( 3.4)
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu menulis makna upaya
mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera di masa awal kemerdekaan
Indonesia dalam bentuk diagram, mempraktikkan gerakan dan pola lantai pada tari
Indang, menyebutkan contoh manfaat persatuan dan
kesatuan untuk kesejahteraan kehidupan masyarakat NKRI dlam bentuk buku mini,
mampu mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku
Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiyah
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
Anak-anak semua, sudah
murojaah, dan sholat duha? Setelah sholat duha,menyimak tausiyah, dan murojaah, marikitabersiap memulai pembelajaranhariini.Mintalah bantuankepada bunda/ mama untukmendampingiAnandaselamamelakukankegiatanpembelajaranya!
Ayo anak-anak sholih dan sholihah kita mulai pembelajaran hari ini..
Ayo kita simak video pembelajaran berikut ini :
Baca teks berikut dalam hati!
Upaya Bangsa Indonesia Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat di Awal Masa Kemerdekaan Indonesia
Pada
awal kemerdekaan, pemerintah dan rakyat Indonesia belum sempat
melakukan perbaikan ekonomi secara baik. Baru bulan Februari 1946,
pemerintah mulai memprakarsai usaha untuk memecahkan masalah-masalah
ekonomi yang mendesak. Upaya-upaya tersebut meliputi:
Pinjaman Nasional
Program
Pinjaman Nasional ini dilaksanakan oleh Menteri Keuangan. lr.
Surachman. Pinjaman Nasional akan dibayar kembali selama jangka waktu 40
tahun.
Konferensi Ekonomi
Konferensi
ini dihadiri oleh para cendekiawan, para gubernur, dan para pejabat
lainnya yang bertanggung jawab langsung mengenai masalah ekonomi di
Jawa. Konferensi ini dipimpin oleh Menteri Kemakmuran, Ir. Darmawan
Mangunkusumo. Tujuan konferensi ini untuk memperoleh kesepakatan yang
bulat dalam menanggulangi masalah-masalah ekonomi yang mendesak, seperti
masalah produksi dan distribusi makanan, sandang, serta status dan
administrasi perkebunan.
Pembentukan Badan Perancang Ekonomi
Pembentukan
Badan ini atas inisiatif Menteri Kemakmuran, dr. A.K. Gani. Badan ini
merupakan badan tetap yang bertugas membuat rencana pembangunan ekonomi
untuk jangka waktu 2 sampai 3 tahun.
Rencana Kasimo (Kasimo Plan)
Program
ini disusun oleh Menteri Urusan Bahan Makanan I.J. Kasimo. Program ini
berupa Rencana Produksi Tiga Tahun, 1948-1950 mengenai usaha swasembada
pangan dengan beberapa petunjuk pelaksanaan yang praktis. Untuk
meningkatkan produksi bahan pangan dalam program ini, Kasimo menyarankan
agar :
Menanami tanah-tanah kosong di Sumatra timur seluas 281.277 ha.
Di Jawa dilakukan intensifikasi dengan menanam bibit unggul;
Pencegahan penyembelihan hewan-hewan yang berperan penting bagi produksi pangan;
Di setiap desa dibentuk kebun-kebun bibit;
Transmigrasi.
Persatuan Tenaga Ekonomi
Organisasi
yang dipimpin B.R. Motik ini bertujuan untuk menggiatkan kembali
partisipasi pengusaha swasta. Dengan dibentuknya PTE juga diharapkan
dapat dan melenyapkan individualisasi di kalangan organisasi pedagang
sehingga dapat memperkokoh ketahanan ekonomi bangsa Indonesia.
Kesimpulan dari teks tersebut dapat dituliskan pada bagan berikut :
TugasTematik :
1. MUATAN SBDP : PENGUMPULAN VIDEO TARI INDANG (Bagi yang belum mengumpul)
Hari ini limit terakhir pengumpulan tugasvideo
tari Indang, bagi yang belum mengumpulkan tugas, bu guru tunggu hari
ini ya nak, tampilkan sebaik dan semenarik mungkin ya, jangan lupa
gunakan
properti tari yang sesuai dengan tema tarinya.
2. LATIHAN TEMATIK (CERDAS HALAMAN 50-51, MAPEL: IPA, IPS, SBDP) HASIL JAWABAN MU KLIK DISINI
Laporkan hasil kerjamu, dan foto kegiatan daring hari ini dalam bentuk kolase melalui WA ke ibu
guru ya. Jika ada yg belum dipahami bisa ditanyakan ke ibu guru ya..
Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang kalian peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan.
Hari/Tanggal : Selasa, 19 Maret 2024 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS Bab 6 : Indonesia Kaya Budaya 2. Pend. Pancasila : Negaraku 4. Bahasa Indonesia : Satu Titik Capaian Pembelajaran IPAS 1. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. 2.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital. Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/a...
Hari/Tanggal : Jum'at, 17 Mei 2024 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS BAB 6 : Kegiatan ekonomi masyarakat Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Apa kabar anak sholih sholihah......... Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya.... Anak sholih sholihah tujuan pembelajaran yang akan dicapai adalah peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-enis usaha dalam bidang ekonomi 1. Negara yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya di bidang pertanian disebut negara ......
Hari/Tanggal : Kamis, 16 Mei 2024 Muatan Pembelajaran : 1. Matematika : Pecahan Capaian Pembelajaran Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan ( number sense ) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesai...
Komentar
Posting Komentar