Rabu, 18 Agustus 2021 ( MTK DAN Tematik )
Tema 2 : Persatuan dalam Perbedaan
Subtema 2 : Bekerja Sama Mencapai Tujuan
Pembelajaran ke- : 1
Muatan Pelajaran : Matematika (3.2) , Bahasa Indonesia (3.4), IPS (3.4), IPA
(3.3)
Tujuan Pembelajaran :
Matematika = Peserta didik mampu melakukan soal hitung campuran dengan benar.
Tematik = Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif dan menuliskan peristiwa penting pada teks tentang semangat persatuan menggunakan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif. Menyebutkan makna upaya mempertahankan kemerdekaan melalui peta pikiran. Mengidentifikasi ciri-ciri hewan berdasarkan habitatnya
Anak-anak semua, sudah murojaah, dan sholat duha? Setelah sholat duha,menyimak tausiyah, dan murojaah, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya!
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini, kalian harus tetap waspada, dan selalu lakukan 5 M, yaitu :
1. Memakai masker terutama saat berada di luar rumah dan saat berkomunikasi dengan
orang lain,
2. Mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
3. Menjaga jarak,
4. Menghindari kerumunan, dan
5. Mengurangi mobilitas
Jangan lupa agar selalu menjaga imunitas tubuh kita dengan makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kita selalu sehat.
Baiklah anak sholih sholihah, hari ini kita akan belajar matematika dan
tematik. Materi matematika hari ini tentang operasi hitung campuran.
OPERASI HITUNG CAMPURAN
Dalam operasi hitung campuran, kedudukan penjumlahan sama dengan kedudukan pengurangan, sedangkan kedudukan perkalian sama dengan kedudukan pembagian.
Urutan Pengerjaan Operasi Hitung CampuranAgar mudah mengingat langkah-langkah operasi hitung campuran, ingatlah KUKABATAKU (Kurung Kali Bagi Tambah Kurang).
- Tanda kurung dikerjakan terlebih dahulu.
- Operasi yang sama kedudukannya dikerjakan urut dari depan ( sebelah kiri)
- Operasi perkalian dan pembagian dikerjakan terlebih dahulu, setelah itu mengerjakan operasi penjumlahan dan pengurangan
Untuk lebih jelas penerapannya dalam menyelesaikan soal matematika, langsung saja anak-anak tonton dan simak video berikut ya .....
Bagaimana penjelasan materi dalam pembelajaran video di atas, semoga anak-anak bu guru dapat memahaminya dengan baik ya....
Untuk mengetahui kemampuan kalian dalam memahami materi hari ini berikut bu guru berikan soal latihan, silakan kerjakan soal dengan caranyaLatihan
1. 120 + 30 : 6 = ...2. 20 : 5 x 4 + 3 = ....3. ( - 32 + 50 ) : 9 × 3 = …4. 16 : 2 + ( -5) x 2- (-3) =...5. 7 x (-6) + (-81) :9 = . . . .
TEMATIK
Setelah belajar matematika, sekarang waktunya belajar tematik. Hari ini kita akan belajar tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1, pastinya anak-anak bu guru sudah siap kan mengikutinya ? Ok, langsung saja simak video pembelajaran tematik berikut ya ....
AGAR WAWASAN KALIAN TAMBAH LUAS JANGAN LEWATKAN MATERI DIBAWAH INI ! DAN KERJAKAN TUGASNYA ( DI BAWAH )
Peta Pikiran Pertempuran Surabaya
Apa : Peristiwa yang terjadi adalah Pertempuran di Kota Surabaya | Mengapa : Pertempuran Surabaya meletus karena Inggris mengeluarkan ultimatum orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya | Siapa : Pemimpin pasukan Inggris adalah Brigadir Jendral Mallaby dan Pemuda Surabaya |
Pertempuran Surabaya | ||
Bagaimana : Setelah rakyat menolak ultimatum pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara. | Di Mana : Kota Surabaya | |
Kapan : 10 Nopember 1945 |
Apa : Peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung | Mengapa : Sekutu mengultimatum agar Bandung Utara dikosongkan oleh penduduk Indonesia, termasuk pasukan bersenjata. | Siapa : Pasukan Inggris bagian dari Brigade Mac Donald dan Tentara Republik Indonesia |
Pertempuran Bandung Lautan Api | ||
Bagaimana : TRI bersama milisi rakyat melakukan perlawanan secara gerilya dari luar Bandung. | Di Mana : Kota Bandung | |
Kapan : 23 Maret 1946 |
Kamu dapat mengembangkan peta pikiran yang telah kamu buat menjadi sebuah tulisan baru dengan menggunakan kata-kata sendiri. Sebelum menulis, perhatikan ciri-ciri kalimat efektif berikut!
- Memiliki unsur penting atau pokok (minimal unsur subjek dan predikat),
- Menggunakan struktur bahasa yang tepat,
- Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,
- Menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan
No. | Nama Hewan | Ciri-Ciri dan Habitat |
---|---|---|
1. | Ayam | Ciri ciri ayam yaitu :
Hewan berkaki dua memiliki bulu Termasuk kedalam kelompok unggas Memiliki paruh Berkembang biak dengan bertelur Ciri ciri habitat ayam : Terdapat di daratan seperti hutan, pertanian, perkebunan, dan lain lain. |
2. | Bebek | Ciri ciri Bebek :
Memiliki paruh Memiliki kaki yang lebar dan berselaput Bernafas dengan paru paru Berkembang biak dengan bertelur Ciri ciri habitatnya : Hidup di daratan dan perairan seperti danau, kolam, dan rawa. |
3. | Cicak | Ciri ciri Cicak Memiliki kaki perekat Hewan melata memiliki kulit yang bersisik Memiliki ekor yang panjang dan dapat putus Berkembang biak secara ovipar (bertelur) Ciri ciri habitatnya yaitu : hidup di darat |
4. | Ikan | Ciri ciri Ikan :
Memiliki sisik dan lendir Memiliki sirip dan bernapas dengan insang Berkembang biak dengan ovipar, ovovivipar, atau vivipar Ciri ciri habitatnya : hidup di perairan |
No. | Nama Hewan | Ciri-Ciri dan Habitat |
---|---|---|
1. | Kucing | Ciri ciri kucing yaitu :
Memiliki kumis atau misai, Memiliki bantalan halus di telapak kaki. Memiliki penglihatan dan penciuman yang baik Memiliki alat keseimbangan Memiliki cakar untuk menangkap mangsa Ciri ciri habitat kucing : Terdapat di daratan seperti hutan dan perumahan |
2. | Kelinci | Ciri ciri Kelinci Memiliki telinga panjang Hewan ini berjalan dengan cara melompat Selalu siaga bereaksi ageresif untuk menjauhi ancaman Pertumbuhan giginya secara terus menerus Ciri ciri habitatnya yaitu : hidup di darat |
3. | Belut | Ciri ciri belut :
Belut tidak memiliki sirip, Memiliki lendir pada tubuhnya Bernafas dengan insang. Banyak menghuni rawa-rawa, persawahan, Ciri ciri habitatnya : hidup di perairan |
Ciri khusus pada hewan tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan tempat tinggalnya. Misalnya, kucing memiliki bantalan halus di telapak kaki agar tidak bersuara saat berjalan, kelinci berjalan dengan melompat menggunakan kakinya, dan belut memiliki insang agar dapat bernapas di air.
TUGAS TEMATIK
BAHASA INDONESIA KLIK DISINI
Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang kalian peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan.
Komentar
Posting Komentar