Hari/Tanggal : Senin, 18 Januari 2021
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 3 : Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat
Pembelajaran : 2, 4 dan 5
Mapel : IPA, B. Indonesia, dan SBdP
Tujuan
Pembelajaran Peserta didik dapat menjelaskan tanggung jawab sebagai warga negara,
menyebutkan
gagasan utama dari setiap paragraf dalam teks nonfiksi, menyebutkan
contoh kegiatan tentang upaya pengembangan kehidupan kebangsaan menuju
masyarakat sejahtera.
Apa kabar anak sholeh sholehah di rumah ? semoga anak-anak Bu Guru selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam
lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Anak
sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini, kalian harus
tetap waspada, dan selalu lakukan 3 M, yaitu Memakai masker terutama
saat berada di luar rumah, Mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan.
dan tetap Menjaga jarak. jangan lupa agar imunitas tubuh kita
tetap terjaga dengan baik, makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup.
Baiklah anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan
murojaah, dan sholat duha. Setelah duha, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
Pelajaran tematik hari ini, Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 3
Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat. Pembelajaran 2. 4 dan 5.
Ok my lovely students ......... Are you ready to study, .......
Materi pembelajaran
Ciri masyarakat sejahtera antara lain dalam keadaan sehat. Oleh karena
itu, kesehatan tubuh dan kesehatan lingkungan harus diperhatikan oleh
semua warga negara. Setiap warga negara hendaknya memiliki kesadaran
untuk hidup sehat. Apa yang sudah kamu lakukan untuk menjaga
kesehatanmu? Banyak papan reklame yang mengajak kita untuk hidup sehat.
Apakah kamu pernah melihat?
Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut!
Reklame pada gambar di atas berisi :
- Gambar 1 berisi melindungi anak-anak dari bahaya penyalahgunaan narkoba.
- Gambar 2 berisi larangan untuk tidak merokok.
- Gambar 3 berisi imbauan bijak memilih makanan.
- Gambar 4 berisi informasi pencegahan penyakit demam berdarah.
- Gambar 5 berisi ajakan lomba balita sejahtera pada suatu desa.
Macam-Macam Reklame
Reklame adalah suatu
karya seni rupa yang bertujuan untuk menginformasikan, mengajak,
menganjurkan atau menawarkan produk (sesuatu berupa barang atau jasa)
kepada konsumen. Reklame dibuat menarik, sehingga orang yang melihat
ingin mengetahui informasi yang disampaikan, tertarik dengan ajakan yang
disampaikan, dan ingin memiliki, menggunakan, atau membeli barang yang
ditawarkan.
Ada
bermacam-macam reklame. Ditinjau dari tujuannya terdiri dari reklame
komersil dan reklame nonkomersil. Ditinjau dari sifatnya, terdiri dari
reklame peringatan, reklame permintaan atau ajakan, dan reklame
penerangan. Ditinjau dari jenis (media), terdiri dari reklame audio,
reklame visual, dan reklame audio visual.
Reklame
media visual dibagi dua jenis berdasarkan pemasangannya, yaitu reklame
dalam ruang dan reklame luar ruang. Reklame dalam ruang biasanya
ditempatkan di dalam gedung yang strategis dan dapat dilihat orang
secara jelas. Reklame di luar ruang biasanya ditempatkan di luar gedung
yang sering dilalui orang, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya
yang padat. Unsur reklame media visual yaitu berupa gambar dan tulisan.
Contoh reklame media visual yaitu baliho, billboard, spanduk, poster,
brosur, dan katalog. Perhatikan gambar beberapa contoh reklame media
visual berikut.
Apa yang akan kamu tuliskan dan gambarkan jika kamu diminta
membuat baliho sederhana tentang pemberitaan hidup sehat supaya
sejahtera?
Gambarkan rancangan baliho tentang pemberitaan hidup sehat
supaya sejahtera. Kamu dapat mencari gambar-gambar di media cetak maupun
internet untuk mendukung rancanganmu. Gambar-gambar dapat digunakan
dengan cara teknik montase. Buatlah rancangannya pada selembar kertas.
Montase adalah susunan gambar yang diambil dari berbagai media
sperti koran, majalah, tabloid dll. sedangkan teknik montase adalah
teknik menggambar dengan cara menempelkan susunan gambar yang telah ada
sebelum gambar tersebut dibentuk.
Langkah membuat montase :
- Siapkan kertas gambar yang akan digunakan untuk menggambar
- Ambil gambar yang anda inginkan dari majalah,koran,tabloid atau lainnya
- Siapkan alat yang digunakan untuk menggambar seperti gunting, cutter, lem,spidol, pewarna(crayon), pensil dll
- Gunting
bagian gambar yang diinginkan sehingga dapat digunakan atau ditempel di
kertas gambar (usahakan gunting serapih mungkin dan tidak terlihat jika
itu adalah potongan gambar)
- Susunlah gambar tadi pada kertas gambar sesuai yang diinginkan dengan menggabung-gabungkan gambar yang ada
- Usahakan gambar satu dan lainnya bisa dipadukan agar terlihat artistik dan menarik
- Jika
sudah ditempel maka saatnya melakukan finishing dengan mewarnai
menggunakan crayon,bisa juga digambar menggunakan spidol atau pensil
agar gambar dapat lebih elegan
Contoh MONTASE
1. Masa Pubertas Anak Laki-laki
Perbedaan masa kanak-kanak dan masa pubertas adalah
Pada
segi fisik terjadi perbedaan antara masa kanak-kanak dan masa pubertas,
diantaranya adalah pada masa kanak-kanak belum muncul rambut halus di
ketiak dan alat kelam*n, sedang masa pubertas sudah mulai tumbuh. Belum
berubahnya suara pada masa kanak-kanak, sedang pada masa pubertas, sudah
ada perubahan, dan pada masa kanan-kanan belum tumbuh jakun, sedangkan
masa pubertas sudah tumbuh jakun.
2. Masa Pubertas Pada Anak Perempuan
Kesimpulan
Perbedaan masa kanak-kanak dan masa pubertas adalah
Pada
segi fisik terjadi perbedaan antara masa kanak-kanak dan masa pubertas,
diantaranya adalah pada masa kanak-kanak suara belum melengking, sedang
masa pubertas sudah melengking. Belum tumbuh dan membesarnya pay*dara
pada masa kanak-kanak, sedang pada masa pubertas pay*dara sudah
membesar, dan pada masa kanan-kanan pinggul belum membesar, sedangkan
masa pubertas pinggul sudah membesar.
Ayo Membacaa
Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat
Tingkat
kesejahteraan masyarakat setiap daerah di Indonesia tidaklah sama.
Perbedaan tingkat kesejahteraan masyarakat tersebut di antaranya
disebabkan pendapatan setiap kepala keluarga berbeda-beda. Selain itu,
tingkat kesejahteraan masyarakat juga disebabkan oleh kemiskinan, letak
geografis, globalisasi, lapangan kerja, kualitas masyarakat, dan
persebaran penduduk.
Pemerintah daerah dan
pemerintah pusat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satu
upaya yang dapat dilakukan yaitu mengubah pembangunan yang berorientasi
di kota besar menjadi pembangunan yang merata hingga kepelosok desa.
Pembangunan hendaknya dilakukan secara merata hingga ke desa maupun
sampai ke pelosok desa.
Pembangunan
di kota besar hanya akan memicu urbanisasi. Masyarakat desa akan
berbondong-bondong bekerja di kota. Akibatnya, masyarakat desa enggan
melakukan usaha di desa misalnya di sektor pertanian.
Sektor
pertanian memiliki ketahanan paling tinggi dalam menghadapi imbas
berbagai krisis. Pedesaan dapat berperan penting dalam penyediaan
pangan. Bahkan, pedesaan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat karena
kemampuannya menyerap tenaga kerja (khususnya di bidang pertanian).
Dengan membangun pedesaan, kesejahteraan masyarakat di desa akan
meningkat.
Upaya lain untuk meningkatkan
kesejahteraan yaitu dengan menyelenggarakan pelatihan untuk masyarakat
desa. Sebagai contoh, pemerintah memberdayakan ibu-ibu PKK (Pembinaan
Kesejahteraan Keluarga) untuk dilatih membatik. Ibu-Ibu di desa
diberikan pelatihan membatik dengan mendatangkan narasumber yang ahli
dalam bidangnya. Mereka dilatih hingga mahir dalam membatik.
Selanjutnya, mereka diberi pelatihan tentang manajemen usaha dan cara
pemasaran produk. Pelatihan tersebut menjadi bekal yang cukup bagi
ibu-ibu di desa untuk mandiri berkegiatan ekonomi. Dengan demikian,
pelatihan membatik dapat melatih jiwa kewirausahaan dan mengurangi
kemiskinan yang ada di Indonesia.
Tugas tematik
Tugas hari ini kerjakan soal latihan cerdas di buku LKS ( cerdas hal 9 - 10 . Silakan baca soal di buku cerdas dan jawab di Google form yang dudah disediakan berkut ini.
https://forms.gle/55X48V2wGhhaENcZ8
Demikian kegiatan pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru.
Biasakan ......
sholat lima waktu tepat pada waktunya
murojaah / tadarrus ba'da maghrib dan shubuh
Patuhi nasehat Ayah Bunda/Mama Papa
Anak sholih sholihah
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Ma'assalamah .......... and happy day .......
Komentar
Posting Komentar