Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam
lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Anak
sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini, kalian harus tetap waspada,
pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah
mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. makanlah makanan
bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kesehatan kalian tetap terjaga.
Baiklah anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan
murojaah, dan sholat duha. Setelah duha, marikitabersiap memulai pembelajaranhariini.Mintalah bantuankepada bunda/ mama untukmendampingiAnandaselamamelakukankegiatanpembelajaranya! Janganlupaucapkantolongbilamintabantuan,ucapkanmaafapabilamelakukankesalahan,danucapkanterimakasihsetelahmendapatkan bantuan.
Anak sholih sholihah
Tujuan
pembelajaran hari ini : Siswa mampu menghitung volume tabung dan luas permukaan tabung dengan benar, menuliskan
pengertian masa pubertas, menuliskan hasil pengamatan tentang masa
pubertas, menunjukkan bacaan berisi ciri-ciri
masa pubertas, dan dapat membandingkan informasi yang diperoleh
ketika membaca judul bacaan dengan setelah membaca bacaan.
Baiklah anak-anak semua, hari ini kita akan belajar Matematika dan Tematik
Pelajaran
Matematika hari ini tentang volume rdan luas permukaan bangun uang Tabung.
Untuk mengetahui materi pembelajaran hari ini, silakan tonton dan simak video berikut ini
Bagaimana anak sholih sholihah setelah menonton video pembelajaran video di atas ? jika ada kesulitan dalam memahami materi dalam video silakan tanyakan ke Bunda/ Mama atau langsung ke Bu Guru ya..
Untuk mengetahui kemampuan ana-anak, silakan kerjakan soal matematika berikut.
Tugas Matematika
Perhatikan bangun ruang tabung di bawah ini. Kerjakan dengan caranya yang tepat !
1. Volume gambar (I) adalah .... cm³
2. Volume gambar (II) adalah .... cm³
3. Perhatikan gambar tabung di bawah ini!
Berapa luas permukaan tabung di atas ?
4. Hitunglah luas permukaan tabung berikut !
Tugas Daring dikumpul paling lambat pukul 12.00, kirim lewat WAPRI ke Bu Guru langsung.
Setelah belajar Matematika, sekarang kita lanjutkan belajar tematik ya....
Pembelajaran Tematik hari ini Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera Pembelajaran 5
Udin dan teman-teman adalah siswa kelas 6 Sekolah Dasar. Rata-rata umur
Udin dan teman-teman 12 tahun. Udin dan teman-teman ada yang sudah
memasuki masa pubertas, namun ada juga yang belum memasuki masa
pubertas. Mereka berkelompok melakukan kegiatan bersama. Mereka akan
berdiskusi mengenai masa pubertas. Ingatkah kamu mengenai masa pubertas?
Pubertas merupakan suatu tahap perkembangan seorang anak menjadi dewasa secara seksual.
Ayo Mengamati
Buatlah
kelompok terdiri atas 3 anak. Setiap kelompok beranggotakan anak dengan
jenis kelamin sama. Anak laki-laki satu kelompok dengan anak lakilaki.
Anak perempuan satu kelompok dengan anak perempuan. Apakah kamu dan
teman-teman satu kelompok sudah memasuki masa pubertas? Lakukan
pengamatan secara kelompok. Adapun langkah-langkah pengamatan sebagai
berikut.
Secara bergantian setiap kelompok melakukan pengamatan terhadap semua anggota kelompoknya.
Buat urutan daftar ciri-ciri masa pubertas.
Cocokkan ciri-ciri masa pubertas dengan keadaan temanmu sesuai pengamatan yang kamu lakukan.
Buat kesimpulan hasil pengamatanmu terhadap teman-teman satu kelompokmu.
Tuliskan hasil kesimpulan setiap anggota kelompok dalam bentuk tabel seperti berikut.
Hasil Pengamatan (hanya sebagai contoh)
Nama Anggota Kelompok:
1. Udin
2. Edo
3. Beni
Anak pertama yang diamati
Nama :Udin
Umur : 12 tahun
Masa Perkembangan: Pubertas
Alasan: Suara udin sudah berubah menjadi lebis besar, Udin sudah memiliki jakun, dan dada udin terlihat lebih bidang
Anak kedua yang diamati
Nama : Edo
Umur : 11 Tahun
Masa Perkembangan: Kanak-kanak
Alasan: . Jakun Edo belum tampak, suara Edo masi kecil, dan dada Edo masih rata
Anak ketiga yang diamati
Nama :Beni
Umur : 12 Ttahun
Masa Perkembangan: Pubertas
Alasan: Beni sudah memiliki jakun, suara Beni membesar, kumis Beni mulai tumbuh
Ayo Berkreasi
Carilah
bacaan berisi ciri-ciri masa pubertas. Bacaan dapat kamu peroleh dari
majalah maupun internet. Mintalah bantuan dan didampingi orang tua atau
orang dewasa saat mencari bacaan melalui internet. Setelah memperoleh
bacaan, tempelkan pada kolom berikut.
6. Ciri Pubertas pada Laki-laki
Masa pubertas adalah saat di mana tubuh anak-anak tumbuh ke arah dewasa.
Pubertas pada laki-laki ditandai dengan perubahan di beberapa bagian
fisiknya. Tak hanya itu, anak laki-laki juga mengalami perubahan
emosional selama masa pubertas. Proses pendewasaan laki-laki biasanya
lebih lambat ketimbang perempuan. Jika rata-rata usia pubertas anak
perempuan adalah 11 tahun, anak laki-laki baru mulai masa pubertas di
usia 12 tahun.
Namun, patokan tersebut tidak baku karena start awal masa pubertas
laki-laki bisa berbeda-beda. Masa pubertas laki-laki masih dianggap
normal saat dimulai dari usia 8 sampai 14 tahun. Sebelum anak berubah
menjadi pria dewasa, berikut ciri-ciri pubertas pada laki-laki:
1. Bentuk tubuh berubah
Ciri-ciri masa pubertas laki-laki
yang paling kentara adalah perubahan bentuk tubuh. Perubahan tubuh ini
menjangkau bagian lengan, kaki, bahu yang melebar, dan otot-otot mulai
terbentuk. Terkadang, perubahan ini tidak mencolok. Namun, ketika
ditimbang, berat dan tinggi badan anak laki-laki yang masuk masa
pubertas akan bertambah. Pertumbuhan otot dan beberapa bagian tubuh ini
semakin signifikan apabila laki-laki intens berolahraga.
2. Mulai tumbuh bulu dan jerawat
Ciri-ciri pubertas laki-laki
lainnya yakni munculnya jerawat serta bulu di area seperti wajah dan
ketiak. Hal itu dipengaruhi perubahan hormon yang membuat produksi
minyak meningkat. Dengan tumbuhnya bulu di beberapa area tubuh dan
jerawat karena produksi minyak meningkat, laki-laki yang masuk masa
puber perlu lebih merawat diri. Jika malas mendi, cuci muka, dan menjaga
kebersihan diri, jerawat bakal tumbuh lebih banyak dan muncul bau badan
tak sedap.
3. Penis dan testis membesar
Tanda pubertas laki-laki yang
pertama sebenarnya dimulai dari tumbuhnya testis dan skrotum. Memasuki
masa pubertas, penis dan testis laki-laki akan bertumbuh bersamaan
dengan munculnya rambut kemaluan. Penis tersebut akan bertambah panjang
dan lebar saat memasuki masa pubertas.
4. Mimpi basah
Ciri-ciri masa pubertas laki-laki juga
ditandai dengan mimpi basah, atau ejakulasi di malam hari. Mimpi basah
bisa terjadi dengan atau tanpa mimpi seksual. Keduanya normal. Untuk
mengantisipasi anak laki-laki kaget saat mengalami mimpi basah, orangtua
bisa membincangkannya dengan buah hatinya. Jelaskan kepada laki-laki
bahwa mimpi basah adalah bagian dari pubertas.
5. Perubahan suara
Suara anak laki-laki akan berubah ketika
laju pertumbuhan fisiknya mulai melambat. Kondisi ini dipengaruhi pita
suara dan kotak suaranya mulai berkembang. Proses perubahan suara anak
laki-laki biasanya dimulai dari nyaring, metinggi, lalu nadanya berubah
jadi lebih rendah.
6. Payudara bertumbuh
Ciri-ciri pubertas laki-laki juga
ditandai dengan pertumbuhan pada jaringan pay*dara karena perubahan
hormon. Selama satu atau dua tahun memasuki masa puber, payudara
laki-laki sedikit membengkak. Pertumbuhan payudara laki-laki ini umumnya
bersifat sementara.
7. Suasana hati berubah
Seperti anak perempuan, anak
laki-laki juga mengalami perubahan suasana hati saat memasuki masa
pubertas. Perubahan suasana hati ini dipengaruhi perubahan hormonal,
fisik, dan emosional. Tak jarang, anak-anak jadi murung, percaya dirinya
rendah, mudah marah, sedih, sampai depresi. Perubahan yang terjadi pada
masa pubertas laki-laki kerap menimbulkan rasa tidak nyaman.
Namun, Anda perlu berkonsultasi ke dokter jika tanda-tanda pubertas
belum muncul sampai anak laki-laki berusia di atas 14 tahun. Diskusikan
juga kepada dokter apabila masa pubertas anak laki-laki dimulai sebelum
usia delapan tahun.
Demikian pembelajaran hari ini,semoga ilmu yang Ananda peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru
Hari/Tanggal : Selasa, 19 Maret 2024 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS Bab 6 : Indonesia Kaya Budaya 2. Pend. Pancasila : Negaraku 4. Bahasa Indonesia : Satu Titik Capaian Pembelajaran IPAS 1. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. 2.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital. Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. 2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio. 3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak
Hari/Tanggal : Jum'at, 17 Mei 2024 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS BAB 6 : Kegiatan ekonomi masyarakat Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Apa kabar anak sholih sholihah......... Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya.... Anak sholih sholihah tujuan pembelajaran yang akan dicapai adalah peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-enis usaha dalam bidang ekonomi 1. Negara yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya di bidang pertanian disebut negara ... a. Tropis b. Agraris c. Subtropis d. Subagraris 2. Kegiatan ekonomi yang umum dikerjakan masyarakat pedesaan adalah ... a. Pertanian b. Industri c. Polisi d. TNI 3. Kegiatan ekonomi berikut yang bergerak dalam bidang jasa adalah ....... a. Pe
Hari/Tanggal : Kamis, 16 Mei 2024 Muatan Pembelajaran : 1. Matematika : Pecahan Capaian Pembelajaran Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan ( number sense ) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya,
Komentar
Posting Komentar