Apa
kabar anak sholih sholihah di rumah ? semoga anak-anak Bu Guru selalu
dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah
SWT ya, amiin ....ya robbal alamin
Anak
sholih sholihah, hari ini adalah minggu kedua anak-anak belajar jarak
jauh ya. Tidak bosan bosannya Bu Guru mengingatkan agar di masa pandemi
covid seperti saat ini, kalian harus
tetap waspada, dan selalu lakukan 3 M, yaitu Memakai masker terutama
saat berada di luar rumah atau saat berinteraksi dengan orang lain,
sering mencuci tangan terutama sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan.
dan tetap Menjaga jarak. jangan lupa, supaya imunitas tubuh kita tetap
kuat, makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, insya Allah
kita selalu sehat.........
Bu Guru berharap anak-anak masih semangat belajar daring hari ini ya.......
Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan
murojaah, dan sholat duha.
Sekarang, mari kita bersiap-siap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
Hari ini kita belajar tematik Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera pembelajaran 2 dan 4
Adapun tujuan pembelajaran ari ini adalah Peserta
didik dapat menjelaskan informasi tentang tari
kreasi, menjelaskan informasi penting
berdasarkan gagasan utama yang terdapat pada teks nonfiksi, dan dapat mengidentifikasi
perbedaan masa kanak-kanak dan masa pubertas bagi anak laki-laki dan perempuan
dengan tepat.
Ok my lovely students ......... Are you ready to study, .......
MATERI PEMBELAJARAN 2
BAHASA INDONESIA
Ragam Tarian di Indonesia
Indonesia
kaya akan budaya di antaranya karya tari. Setiap daerah memiliki karya
tari kreasi yang berbeda-beda. Apakah yang dimaksud tari kreasi? Tari
kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak
tari tradisional. Tari kreasi tidak memiliki aturan tertentu, baik gerak
maupun aspek lainnya yang terdapat dalam tarian.
Ada
tiga jenis tari kreasi yaitu tari kreasi daerah/tradisional, tari
kreasi modern, dan tari kreasi kontemporer. Tari kreasi
daerah/tradisional adalah tari yang mengalami perubahan dari tari
tradisi, baik bentuk, gerak, ataupun aspek lainnya tetapi tetap dalam
konteks ciri khas dari daerah tersebut. Tari kreasi modern adalah tari
yang tidak memiliki aturan tertentu, baik dalam bentuk gerak ataupun
aspek lainnya. Tari kontemporer adalah tarian yang dibuat berdasarkan
isu yang beredar pada waktu tertentu.
Bentuk
karya tari kreasi dapat berupa bentuk tari tunggal, tari berpasangan,
dan tari kelompok. Tari tunggal adalah karya tari yang diperagakan oleh
seorang penari. Tari berpasangan adalah karya tari yang diperagakan oleh
dua orang penari. Adapun tari kelompok adalah karya tari yang
diperagakan oleh lebih dari dua penari.
Ayo Berdiskusi
Bacalah
dengan cermat teks nonfiksi di atas bersama Bunda/Mama/ Kakak di rumah. Selanjutnya,
diskusikanlah informasi penting yang terdapat dalam teks nonfiksi
berdasarkan gagasan utama pada setiap paragrafnya.
.
Paragraf | Gagasan Utama Setiap Paragraf |
1 | Pengertian tari kreasi |
2 | Jenis tari kreasi |
3 | Bentuk karya tari kreasi |
Jenis tari yang akan diikuti Dayu dalam perlombaan adalah tari
kreasi daerah/ tradisional berbentuk tari tunggal. Tari yang akan
disajikan Dayu dalam perlombaan adalah Tari Merak. Tari Merak merupakan
salah satu contoh jenis tari kreasi. Tari Merak berasal dari daerah
Pasundan Jawa Barat. Tari Merak menggambarkan ekspresi kehidupan burung
merak. Tata cara dan gerak tari terinspirasi dari kehidupan merak yang
diangkat ke pentas oleh seniman Sunda, Raden Tjetje Somantri.
Selain
tari Merak, banyak karya tari lain yang berbentuk tari tunggal. Apakah
di daerah tempat tinggalmu ada bentuk tari tunggal? Apa nama karya
tarinya? Berikut beberapa karya tari berbentuk tari tunggal dari
berbagai daerah di Indonesia.
PEMBELAJARAN 4
Udin mempunyai kakak sepupu laki-laki yang bernama Arif. Mereka sering
bermain bersama. Wajah Udin dan Arif mirip bak pinang dibelah dua. Hanya
ada beberapa perbedaan di antara mereka. Dari segi umur, Udin tiga
tahun lebih muda daripada Arif. Kumis Udin belum tumbuh, sedangkan kumis
Arif mulai tumbuh tipis. Suara Arif lebih besar daripada suara Udin.
Jakun Arif juga sudah tampak besar. Itulah perbedaan udin yang masih
anakanak dan Arif yang sudah masuk masa pubertas. Nah, apa perbedaan
masa anak-anak dengan masa puber?
Arif main ke
rumah Udin. Mereka berbincang tentang banyak hal. Mulai dari pelajaran
di sekolah sampai acara televisi yang sedang mereka tonton. Mereka
tampak seperti kakak adik yang hidup rukun. Melihat ciri fisik Udin dan
Arif tampak perbedaan antara masa anak-anak (kanak-kanak) dan masa
pubertas.
Ayo Membaca
Tari Klana Topeng
Tari
Klana Topeng merupakan bentuk karya tari tunggal. Tari ini berasal dari
Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari Klana Topeng pada umumnya ditarikan
oleh penari putra. Tema yang menjadi sumber tarian ini mengambil dari
cerita panji. Cerita itu tentang Raja Klana Sewandana yang sedang jatuh
cinta.
Gerak-gerik
tarinya menggambarkan Prabu Klana yang sedang menghias diri. Ada gerak
mengatur rambut. Ada gerak menghias kumis. Ada gerak menata pakaian. Ada
juga gerak sedang bercermin. Iringan yang mengiringi tarian yaitu
seperangkat gamelan Jawa.
Penari saat
mempertunjukkan Tari Klana Topeng menggunakan busana, di antaranya
celana, kain, sabuk, selendang, penutup kepala, hiasan dada, hiasan
tangan, dan hiasan kaki. Tari Klana Topeng ditarikan kurang lebih selama
lima belas menit. Penari menggunakan topeng selama menarikan Tari Klana
Topeng. Pemakaian topeng oleh penari secara terus menerus selama
menarikan tarian ini sehingga membuat kagum para penonton. Penari tetap
bersemangat dan lincah dalam bergerak meskipun memakai topeng.
Ayo MengamatiApakah
kamu pernah memperagakan karya tari bentuk tunggal? Karya tari apa yang
pernah kamu peragakan? Amatilah gerak tari kreasi bentuk tunggal
berikut.
- Melangkah maju, kepala menengok mengikuti langkah kaki. Lakukan gerakan 8 x 2 hitungan
- Mengangkat
kaki kanan diangkat, lalu ditapakkan. Kemudian, kaki kanan ditapakkan
ke samping, lalu jinjit di belakang kaki kiri. Lakukan gerakan 4 x 8
hitungan.
Ayo Mengamati
Buatlah
kelompok terdiri atas 5 anak. Lakukan pengamatan terhadap sebuah tarian
kreasi daerah bersama teman satu kelompokmu. Cermati tahapan penampilan
karya tari kreasi daerah tersebut. Tuliskan unsur-unsur tari dari
tarian yang kamu amati.
Hasil Pengamatan |
Nama Tarian | : | Gambir Anom |
Asal daerah Tarian | : | Jawa Tengah |
Unsur Karya tari yang diamati | : | Raga, irama, tata rias, properti |
Tanggapan terhadap karya tari | : | Tarian
ini menceritakan tentang tokoh Irawan yang sedang jatuh cinta. Tarian
ini memamerkan gerakan yang gemulai juga sedikit gerakan pantonim.
Properti tari yang digunakan berupa sampur. |
Hasil Pengamatan |
Nama Tarian | : | Tari Jaipong |
Asal daerah Tarian | : | Jawa Barat |
Unsur Karya tari yang diamati | : | Raga, irama, tata rias, properti |
Tanggapan terhadap karya tari | : | Tari
jaipong juga melambangkan kebebasan dan pemberontakan melalui
gerakan-gerakan tangan, kepala, tubuh, dan kaki secara leluasa. Bisa
kita perhatikan dalam gerakan pencak silat yang dikreasikan ke dalam
jaipong. Properti yang digunakan berupa sampur yang diletakkan di leher
para penari |
Hasil Pengamatan |
Nama Tarian | : | Tari Bondan |
Asal daerah Tarian | : | Surakarta, Jawa Tengah |
Unsur Karya tari yang diamati | : | Raga, irama, properti |
Tanggapan terhadap karya tari | : | Tarian
ini menggambarkan kasih sayang seorang ibu pada anaknya. Para penari
menari di atas kendi sambil memutar-mutar kendi yang diinjak serta
memainkan payung yang dibawanya. Properti yang digunakan adalah payung
kertas, kendil dan boneka bayi yang di gendong penari |
Hasil Pengamatan |
Nama Tarian | : | Tari Dewi Anjasmara |
Asal daerah Tarian | : | Jawa Barat |
Unsur Karya tari yang diamati | : | Raga, irama, pola lantai |
Tanggapan terhadap karya tari | : | Tari
Dewi Anjasmara ini menggambarkan Anjasmara putri yang mulia dari saga
Jawa, tentang Damarwulan dan lawannya Minak Jinggo. Gerakan dalam tarian
menggambarkan saat Putri Anjasmara berdandan sebelum bertemu dengan
Damarwulan. Gerakangerakannya terdiri atas gerakan memakai bedak,
menyisir rambut, merapikan alis mata, menggunakan anting, dan bercermin.
Properti yang digunakan penari adalah sampur. | |
Hasil Pengamatan |
Nama Tarian | : | Tari Trunajaya |
Asal daerah Tarian | : | Bali |
Unsur Karya tari yang diamati | : | Raga, irama, pola lantai, tata rias |
Tanggapan terhadap karya tari | : | Tari Teruna Jaya |
adalah
suatu tarian yang berasal dari daerah Bali Utara Kabupaten Buleleng,
yang menceritakan seorang pemuda yang menginjak dewasa dengan tampilan
ekspresi kuat, emosional tinggi, serta ulahnya yang energik dalam
memikat hati seorang wanita. Properti yang digunakan adalah “kepet” atau
sekarang di sebut dengan kipas. | | | | |
TUGAS TEMATIK
SBdP
Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat !
1. Indonesia
kaya akan budaya di antaranya karya tari. Setiap daerah memiliki karya
tari kreasi yang berbeda-beda. Tahukah anak-anak, Apakah yang dimaksud tari kreasi?
2. Berdasarkan teks" Ragam Tarian di Indonesia" Ada berapakah jenis tari kreasi? Jelaskan !
IPA
Sudahkah Kamu Masuk Masa Pubertas?
Masa
pubertas dapat dibedakan dengan masa kanak-kanak atau anak-anak. Untuk
mengetahui kamu saat ini sudah memasuki masa pubertas atau masih
anak-anak, dapat kamu lakukan dengan menjawab secara jujur
pertanyaan-pertanyaan dalam tabel berikut. Isi tabel dengan tanda centang
(√) pada kolom yang tersedia. Untuk kolom kesimpulan isi berdasarkan
jawaban atas lima pertanyaan yang tersedia.
Jika
jawaban lebih banyak pada kolom “Sudah” berarti kesimpulannya kamu
sudah memasuki masa pubertas. Sebaliknya, jika jawaban lebih banyak pada
kolom “Belum” berarti kamu masih anak-anak (kanak-kanak).
NO. 3
Jangan lupa menulis kesimpulan dari pengamatan sendiri ya .......
Komentar
Posting Komentar