PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ)
RENCANA PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ )
Hari/Tanggal
: Kamis, 03 September 2020
Kelas
: VI
Tema 2
: Persatuan dalam
Perbedaan
Subtema 2
: Bekerja sama Mencapai Tujuan
Pembelajaran
: 6
Muatan materi
: B. Indonesia ( 3.4), dan PPKn ( 3,4,)
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu menggali
informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, dan
menelaah
persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta
dampaknya.
Mari kita awali pembelajaran hari ini dengan membaca basmallah
Anak
sholih sholihah pada hari ini Ananda akan belajar tema 2 subtema 2 pembelajaran 6
Untuk lebih jelasnya, silahkan Ananda tonton dan simak video
pembelajaran berikut ini ya
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dalam hati!
Bandung Lautan Api
Peristiwa
Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di
kota Bandung pada tanggal 23 Maret 1946. Dalam waktu tujuh jam, sekitar
200.000 penduduk Bandung membakar rumah
mereka. Mereka
meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini
dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk
dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam
Perang Kemerdekaan Indonesia. Karena kejadian tersebut, tentara Inggris
merasa tidak terima dan mulai menyerang, sehingga pertempuran sengit
terjadi.
Pertempuran yang paling besar terjadi
di Desa Dayeuhkolot, di mana terdapat gudang amunisi besar milik tentara
Sekutu. Dalam pertempuran ini Muhammad Toha dan Ramdan, dua anggota
milisi BRI (Barisan Rakyat Indonesia) terjun dalam misi untuk
menghancurkan gudang amunisi tersebut. Muhammad Toha berhasil meledakkan
gudang tersebut.
Berikut adalah contoh peta pikiran berdasarkan teks di atas dengan menggunakan aspek kata tanya Apa, Mengapa, Siapa, Bagaimana, kapan, di mana
Peta Pikiran Bandung Lautan Api
Apa : Peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung | Mengapa : Sekutu mengultimatum agar Bandung Utara dikosongkan oleh penduduk Indonesia, termasuk pasukan bersenjata. | Siapa : Pasukan Inggris bagian dari Brigade Mac Donald dan Tentara Republik Indonesia |
Pertempuran Bandung Lautan Api | ||
Bagaimana : TRI bersama milisi rakyat melakukan perlawanan secara gerilya dari luar Bandung. | Di Mana : Kota Bandung | |
Kapan : 23 Maret 1946 |
Ananda dapat mengembangkan peta pikiran yang telah dibuat menjadi
sebuah tulisan baru dengan menggunakan kata-kata sendiri. Sebelum
menulis, perhatikan ciri-ciri kalimat efektif berikut!
Kalimat efektif adalah kalimat yang mengandung gagasan pembicara/
penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur SPOK. Ciri-ciri kalimat efektif.
- Memiliki unsur penting atau pokok (minimal unsur subjek dan predikat),
- Menggunakan struktur bahasa yang tepat,
- Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,
- Menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan
Ayo Mencoba
Pada
pembelajaran sebelumnya, kamu telah berlatih untuk penampilan drama
tentang pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mempertahankan
kemerdekaan Indonesia. Sekarang saatnya kamu menampilkan drama tersebut
secara berkelompok.
Judul : Bekerjasama Membangun Persatuan
Tema : Persatuan Indonesia
Pemeran : Edo, Udin, Wawan, dan Asep
Karakter : Edo (bijaksana), Udin (Kritis), Wawan (ceria), Asep (penyabar)
Sinopsis Drama :
Suatu
ketika di rumah Edo berkumpulah empat orang siswa yang sedang membahas
tentang kerja kelompok. Kempat orang tersebut adalah Edo, Udin, Wawan,
dan Asep. Mereka berempat mendapat tugas membuat patung dari guru kelas.
Dialog Drama :
Edo | : | Din, apa usulmu tentang tugas membuat patung yang ditugaskan Pak Guru? |
Udin | : | Begini, Do orang tuaku kan berasal dari Jawa Barat. Bagaimana kalau kita membuat patung Cepot saja? Bagaimana pendapat yang lain? |
Wawan | : | Kalau aku sih, Oke-oke saja membuat patung Cepot. Aku hanya khawatir kira-kira patung tersebut bisa selesai dalam waktu seminggu atau tidak. |
Asep | : | Aku setuju dengan Wawan. Bagaimana dengan kamu Do? |
Edo | : | Aku juga setuju, masalahnya kita harus berbagi tugas agar patung tesebut bisa selesai dalam waktu seminggu. Bagaimana Wan? |
Wawan | : | Sebaiknya memang harus berbagi tugas Do. |
Udin | : | Baiklah kita berbagi tugas saja. Bagaimana jika saya dan Edo yang menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Sementara Wawan dan Asep yang mengerjakan pembuatan patung? |
Asep | : | Ide bagus tuh, Kamu bagaimana Wan? |
Wawan | : | Saya setuju dengan pendapat Udin. |
Edo | : | Baiklah jika seperti itu. Namun saya mengingatkan meski kita berbagi tugas bukan berarti yang lain tidak ikut membantu saat yang lain membutuhkan ya! |
Udin | : | Saya siap membantu siapapun yang membutuhkan. Kita memang perlu bekerjasama agar pekerjaan cepat selesai. Bagaimana kawan-kawan? |
Edo | : | Dengan kerjasama perkerjaan yang berat bisa menjadi lebih ringan, itulah manfaatnya persatuan Oke! |
Tetap semangat belajar di rumah ya sayang
Kita akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Always pray to Allah
Keep yourhealth
And
positive thinking
See you tomorrow........anak sholih sholihah
Komentar
Posting Komentar