T1 ST1 PB 4
MATERI AJAR
Hari / Tanggal : Kamis, 23 Juli 2020
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema 1 : Tumbuhan Sahabatku
PB : 4
Muatan materi : Bahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu menyebutkan ciri-ciri kesimpulan yang baik, menemukan tiga contoh pelaksanaan sila ketiga dari sila
Pancasila dalam kehidupansehari-hari dengan benar.Tumbuhan tidak saja bermanfaat sebagai sumber makanan bagi
kehidupan makhluk hidup. Akan tetapi, ada manfaat lainnya dalam
kehidupan kita. Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup yang menempati
bumi. Keberadaan tumbuhan bisa menopang hidup makhluk lainnya seperti
hewan dan manusia. Kehidupan tumbuhan sangat berguna dan mempunyai
banyak manfaat.
Tumbuhan merupakan sumber
kehidupan yang ada di sekitar kita. Tumbuhan merupakan sumber bagi
kehidupan manusia dan hewan. Tumbuhan adalah produsen penghasil cadangan
makanan dan sumber oksigen untuk bernapas dan melindungi bumi dari
sengatan sinar matahari.
Beberapa hal yang akan
terjadi jika tidak ada tumbuhan adalah manusia dan hewan tidak memiliki
sumber makanan dan bumi akan gersang sehingga kehidupan akan berakhir.
Pada tumbuhan terdapat beberapa bagian seperti akar, daun, batang, buah,
dan juga biji. Fungsinya sangat beragam dan berguna baik bagi tumbuhan
itu sendiri maupun bagi manusia.
Berdasarkan pengamatanmu sehari-hari, tuliskan berbagai manfaat tumbuhan bagi kehidupan makhluk hidup.
Tulislah manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup dalam diagram berikut!
Manfaat tumbuhan bagi kehidupan makhluk hidup antara lain:
- Tumbuhan sebagai penghasil oksigen (O2) dan mengurangi karbondioksida
- Tumbuhan sebagai produsen atau penghasil makanan
- Tumbuhan sebagai penangkap zat pencemar dan limbah industri
- Tumbuhan sebagai pelindung dari erosi dan abrasi
- Tumbuhan sebagai tempat perkembangkiakan dan rumah bagi hewan.
Ayo Membaca
Di
pembelajaran satu, kamu sudah membaca teks tentang bagaimana jagung
berkembang biak dan membuat catatan pada diagram. Kamu juga sudah
mengumpulkan informasi yang ada dalam bentuk tulisan. Buka kembali
diagram tentang perkembang biakkan jagung dan baca dengan saksama.
Berikut adalah ide pokok dari paragraf 1 dan kesimpulannya.
Teks | Ide Pokok | Kesimpulan |
---|---|---|
Paragraf 1
Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai daerah, juga di Indonesia. Contohnya, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh. | Jagung merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. | Jagung sangat penting di Indonesia. |
Amati dan bacalah isi tabel di atas. Apa pendapatmu?
Tabel diatas menyajikan sebuah paragraf, ide pokok paragraf, dan kesimpulan isi paragraf.
Teks | Ide Pokok | Kesimpulan |
---|---|---|
Paragraf 2
Seorang petani jagung memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga sampai empat hari, bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung dapat dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk seperti tongkol, pada mulanya berupa sekuntum bunga. | Pembiakan jagung dimulai saat bijinya ditanam. | Jagung berkembang biak melalui biji. |
Dapatkah kamu menemukan cara membuat suatu kesimpulan?
Apa ciri-ciri kesimpulan yang baik menurutmu?
Kesimpulan yang baik berisikan:
- Pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca
- Intisari dari tulisan
- Dimulai dari khusus ke umum
- Menggunakan kosakata baku
- Merupakan suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri.
Tumbuhan adalah sahabat kita. Menjaga tumbuhan
sudah menjadi kewajiban kita semua. Dalam menjalankan kewajibannya,
terkadang kita tidak bisa sendiri. Kita membutuhkan kerja sama dengan
orang lain. Kerja sama merupakan wujud penerapan dari salah satu sila
Pancasila.
Pahamilah lagi kelima sila Pancasila berikut
Amati kedua gambar berikut.
- Gambar 1. Pada gambar tampak 3 anak-anak yang bekerja bersama-sama membersihkan lingkungan. Ketiga anak-anak tersebut berasal dari suku yang berbeda. Meski berbeda latar belakang suku bangsa namun ketiga anak tersebut tetap bersatu dan bekerja sama. Gambar tersebut menggambarkan pengamalan sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia.
- Gambar 2. Gambar ini menunjukan tiga orang siswa sekolah dasar. Mereka terdiri dari dua siswa laki-laki dan seorang siswi. Ketiganya terlihat sedang bermusyawarah, saling mendengarkan pendapat masing-masing anggota rapat tersebut. Musyawarah sendiri adalah salah satu pengamalan dari sila Pancasila. Mengutamakan persatuan dalam bermusyawarah merupakan bentuk pengamalan sila ketiga Pancasila.
Bersatu dalam perbedaan dan mengutamakan persatuan dalam musyawarah merupakan bentuk pengamalan sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia
Sudahkah kamu mengamalkan sila ke tiga pancasila dalam kehidupan sehari-hari ?
Carilah tiga contoh sikap dalam
kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila ketiga
Pancasila. Apa saja sikap yang telah kamu terapkan dan yang belum kamu
terapkan? Bagaimana caramu memperbaiki sikap sehingga sesuai dengan sila
ketiga Pancasila.Kerja sama dapat memberikan
manfaat bagi kita. Sebagai pelajar, kamu dapat bekerja sama dalam banyak
hal. Merawat dan menanam tanaman, menjaga lingkungan sekolah, serta
menjaga kebersihan halaman dapat dilakukan bersama-sama.
Silahkan kerjakan tugas dengan membuka LINK di bawah ini :
https://forms.gle/uWWkg9Vap91KoRfe6
Komentar
Posting Komentar