Kamis, 17 November 2022 ( T5 ST 2 PB 5 dan MTK )
Tema : 5 (Wirausaha)
Subtema 2 : (Usaha di sekitarku)
Pembelajaran : 5
Muatan Pembelajaran :
1. IPS : Komoditas ekspor dan impor Indonesia ( 3.3)
2. SBdP : Kriteria poster kegiatan yang baik (3.1)
3. Matematika : Bangun ruang Bola (3,5)
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ?
Semoga semuanya sehat dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa taa'la
Agar lebih semangat mari kita lakukan Ice Breaking sejenak.
Anak sholeh dan sholehah, masih ingatkah materi yang telah kita pelajari kemarin?
Iya
benar ! kemarin kita telah belajar tentang menceritangan riwayat hidup secara lisan, tanggung jawab sorang pemilik wirausaha dan bangun ruang kerucut
Baiklah, hari ini kita akan belajar tema 5 subtema 2 pembelajaran 5.
Anak sholih sholihah setelah belajar kalian diharapkan mampu menjelaskan komoditas ekspor dan impor Indonesia, menjelaskan kriteria poster kegiatan yang baik, dan mengenal bangun ruang bola.
Anak sholih sholihah ......
No | Kriteria | Ya | Tidak |
---|---|---|---|
1. | Saya membuat judul poster sesuai tema | ✓ | - |
2. | Saya menulis kata, kelompok kata, dan kalimat sesuai dengan tema | ✓ | - |
3. | Saya membuat gambar pada poster sesuai dengan tema | ✓ | - |
4. | Saya mencantumkan tanggal, waktu, dan tempat pelaksanaan kegiatan pada poster | ✓ | - |
Beberapa komoditas yang diekspor Indonesia ke negara lain diantaranya adalag kelapa sawit, tembakau, kopi, karet, teh, kakao, dan tebu., perangkat elektronik, tekstil, kulit dan produk olahannya, dan batu bara
No | Komoditas | Diekspor Ke Negara |
---|---|---|
1. | Kelapa Sawit | China dan Uni Eropa |
2. | Tembakau | Amerika Serikat dan Sri Lanka |
3. | Kopi | Amerika Serikat |
4. | Karet | Amerika Serikat dan Jepang |
5. | Teh | Amerika Serikat dan Inggris |
6. | Kakao | Cina dan India |
7. | Tekstil | Amerika Serikat dan Jepang |
8. | Kulit dan olahannya | Australia dan Malaysia |
MATEMATIKA
Bola merupakan salah satu bangun ruang sisi lengkung yang tersusun dari tak terhingga banyaknya lingkaran yang berpusat di satu titik yaitu titik pusat bola.
Terdapat banyak contoh penerapan bola dalam kehidupan sehari-hari.
Beberapa objek yang berbentuk menyerupai bola seperti bola basket, bola kasti, kelereng, dan objek yang menyerupai lingkaran lainnya.
Perhatikan gambar bangun bola di bawah ini.
Pada gambar tersebut terdapat beberapa ciri-ciri atau karakteristik yang membedakan antara bangun ruang bola dengan bangun-bangun ruang lainnya.
Apa sajakah karakteristik tersebut?
Berikut merupakan karakteristik bangun ruang bola.
- Bangun ruang bola memiliki satu sisi. Sisi bola merupakan kumpulan titik-titik yang berjarak sama dengan pusat bola. Sisi bola tersebut dapat disebut sebagai permukaan bola atau selimut bola.
- Bangun ruang bola tidak memiliki rusuk.
- Pada gambar di atas, bagian yang diberi nama dengan r merupakan jari-jari bola. Jari-jari bola menghubungkan titik pusat bola dengan titik pada permukaan bola.
- Sama dengan materi pada bangun lingkaran, diameter bola ukurannya dua kali ukuran jari-jari bola.
- Ruang garis yang menghubungkan dua titik pada bola disebut dengan tali busur bola. Tali busur bola terpanjang merupakan diameter bola.
Rumus Bola
Berikut akan dijelaskan beberapa rumus yang digunakan dalam materi bangun ruang bola. Rumus yang akan kita bahas pada bagian ini adalah rumus luas permukaan bola dan rumus volume bola.
Perhatikan gambar berikut.
Pada gambar di atas, jari-jari bola ditunjukkan oleh ruas garis OA dan titik pusat bola ditunjukkan oleh titik O. Titik A terletak pada permukaan bola.
Rumus Luas Permukaan Bola
Rumus luas permukaan bola dapat dituliskan sebagai berikut.
Lp = 4 x π x r2
Keterangan:
Lp : Luas permukaan bola
r : jari-jari bola
π : 3,14 atau 22/7 . . .
Rumus Volume Bola
Volume bola dirumuskan sebagai:
V = (4/3) x π x r3
Keterangan:
V : Volume bola
r : jari-jari bola
π : 3,14 atau 22/7
Contoh Soal Bola
1. Terdapat suatu bola dengan jari-jari 21 cm. Tentukan luas permukaan dan volume bola tersebur. (Gunakan π = 22/7).
Diketahui: r = 21 cm.
Lp = 4 x π x r2 = 4 x (22/7) x 21 cm x 21 cm = 5.544 cm2
V = (4/3) x π x r3 = (4/3) x (22/7) x 21 cm x 21 cm x 21 cm = 38.808 cm3.
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, bagaimana ? apakah kalian sudah mengerti ? Alhamdulillah jika semua sudah mengerti. Jika ada yang belum paham bu guru berikan kesempatan untuk bertanya.Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan hamdalah ......
Biasakan sholat 5 waktu on time, tadarrus alquran ba'da maghrib dan ba'da shubuh dan berbakti pada orang tua.
see you tomorrow...
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, bagaimana ? apakah kalian sudah mengerti ? Alhamdulillah jika semua sudah mengerti. Jika ada yang belum paham bu guru berikan kesempatan untuk bertanya.Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan hamdalah ......
Biasakan sholat 5 waktu on time, tadarrus alquran ba'da maghrib dan ba'da shubuh dan berbakti pada orang tua.
Komentar
Posting Komentar