Senin, 22 September 2025
Hari/Tanggal : Senin, 22 September 2025
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : KPK dan FPB
2. Bahasa Indonesia : Buku Jendela Dunia
3. Seni Budaya : Prinsip Ritme dalam Seni Rupa
Model Pembelajaran : Drill, PJBL
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen Bilangan
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
3. Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.
4. Elemen Menulis
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
1. Elemen Mengalami
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
1. Sebuah perusahaan memiliki 20 buah mobil dan 30 buah truk. Pemilik perusahaan ingin membagi kendaraan-kendaraan tersebut ke dalam beberapa garasi dengan jumlah yang sama. Berapa banyak garasi yang dibutuhkan?
2. Sebuah bus berangkat dari terminal setiap 6 jam sekali, sedangkan bus lain berangkat dari terminal yang sama setiap 8 jam sekali. Jika kedua bus berangkat bersamaan pada pukul 06.00, berapa jam lagi mereka akan berangkat bersamaan lagi?
3. Ibu memiliki 18 buah apel dan 24 buah mangga. Kedua buah tersebut akan dimasukkan ke dalam beberapa keranjang. Setiap keranjang harus berisi apel dan mangga dalam jumlah yang sama banyak. Berapa keranjang paling banyak yang dibutuhkan Ibu?
4. Amir kursus komputer setiap 3 hari. Rudi kursus komputer setiap 5 hari. Jika keduanya kursus bersama pada hari Senin, maka pada hari apakah mereka akan kursus bersama lagi?
5.
Komentar
Posting Komentar