Selasa, 23 September 2025
Hari/Tanggal : Selasa, 23 September 2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Siklus Air
2. Pend. Pancasil : Makna Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara
1. Capaian Pembelajaran IPAS
Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya.
2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PANCASILA
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Menganalisa tindakan manusia yang berdampak positif dan negatif
terhadap keberlangsungan siklus air di bumi
a. Menyebabkan polusi udara dan air.
b. Meningkatkan proses penguapan air.
c. Mengurangi kemampuan tanah menyerap air.
d. Menyebabkan kekeringan pada musim hujan.
b. Mempercepat proses penguapan air.
c. Mengurangi daerah resapan air.
b. Menghambat proses penguapan air.
c. Membuat air menjadi lebih jernih.
b. Melakukan pembangunan di daerah resapan.
c. Menanam kembali hutan yang gundul (reboisasi).
d. Membuang sampah dan limbah ke sungai.
- Saling menghormati kebebasan beribadah sesuai keyakinan masing-masing.
- Mengembangkan kerja sama dan toleransi antarumat beragama.
- Tidak memaksakan kehendak dalam beribadah atau kepercayaan.
- Saling menghormati kebebasan beribadah sesuai keyakinan masing-masing.
- Menjunjung tinggi hak asasi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
- Memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan tanpa memandang suku, agama, atau status.
- Menghormati perbedaan pendapat dalam bermusyawarah.
- Menjunjung tinggi hak asasi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
- Bergaul dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan SARA (Suku, Agama, Ras, Antargolongan).
- Mencintai produk dalam negeri untuk menjaga perekonomian.
- Mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau golongan.
- Bergaul dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan SARA (Suku, Agama, Ras, Antargolongan).
- Mematuhi hasil keputusan musyawarah demi kepentingan bersama.
- Tidak memaksakan kehendak dalam musyawarah.
- Berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi seperti pemilihan umum.
- Mematuhi hasil keputusan musyawarah demi kepentingan bersama.
- Berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong untuk membangun lingkungan.
- Menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dan kebersamaan.
- Membantu menciptakan suasana yang adil dan merata dalam masyarakat.
- Berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong untuk membangun lingkungan.
- Memperkuat persatuan dan kesatuan: Mencegah perpecahan di tengah keberagaman suku, agama, dan budaya bangsa.
- Menjadi panduan hidup: Memberikan pedoman bagi masyarakat dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.
- Mewujudkan keharmonisan: Membangun masyarakat yang hidup rukun dan damai dengan saling menghormati.
Komentar
Posting Komentar