Rabu, 24 September 2025

 


Hari/Tanggal : Rabu, 24 September 2025

Muatan Pembelajaran :

1. Matematika : FPB dan KPK ( Sumatiuf )

2. Bahasa Indonesia : Jendela Dunia 

3. Pendidikan Pancasila : Hubungan antar sila dalam pancasila 

Capaian Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

CAPAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini anak-anak bu guru dapat menyelesaikan soal sumatif dengan baik, antarsila dalam pancasila

Matematika

FPB dan KPK 

                               


 
      Ayo Mencoba ......

     1. . tuliskan bilangan prima 1-30 !
     
      2. tuliskan kelipatan bilangan 3!
     
      3. tuliskan kelipatan 6!
      
      4. Tuliskan faktor bilangan 12!  
      
       5. berapakah faktorisasi dari bilangan 24? 
     
       6. Berapakah KPK dari 6 dan 12 !

       7 Berapakah FPB dari 15 dan 30 ?

       8. Ibu memiliki 18 buah apel dan 24 buah mangga. Kedua buah tersebut akan dimasukkan ke dalam beberapa keranjang. Setiap keranjang harus berisi apel dan mangga dalam jumlah yang sama banyak. Berapa keranjang paling banyak yang dibutuhkan Ibu?

         9. Dani berenang setiap 4 hari sekali, dan Budi berenang setiap 6 hari sekali. Jika pada tanggal 10 Mei mereka berenang bersama-sama, pada tanggal berapa mereka akan berenang bersama-sama lagi?


          10. Ibu memiliki 24 buah jeruk dan 30 buah apel. Ibu ingin memasukkan buah-buahan tersebut ke dalam beberapa keranjang dengan jumlah jeruk dan apel yang sama banyak di setiap keranjang. Berapa keranjang paling banyak yang dapat disiapkan Ibu?
      
      

Bahasa Indonesia

  
            Teks narasi adalah sebuah karangan yang menceritakan atau mengisahkan suatu peristiwa atau kejadian secara runtut berdasarkan urutan waktu (kronologis). Peristiwa yang diceritakan dapat berupa kisah nyata, fiksi, atau gabungan keduanya.
Tujuan utama teks narasi adalah untuk menghibur pembaca dan menyampaikan pesan moral. Teks ini dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti novel, cerpen, dongeng, biografi, dan cerita inspiratif.
Ciri-ciri teks narasi
  • Mengisahkan suatu peristiwa: Fokus pada kejadian atau konflik yang dialami tokoh.
  • Disusun secara kronologis: Peristiwa diceritakan berurutan dari awal hingga akhir.
  • Memiliki tokoh atau pelaku: Ada karakter yang terlibat dalam cerita.
  • Memiliki latar: Mengandung keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana. 


Contoh teks narasi '

Rimba Raya adalah sebuah hutan yang sangat lebat dan misterius. Konon, di tengah Rimba Raya terdapat sebuah pohon beringin raksasa yang dijaga oleh seekor naga sakti. Naga itu dikenal sebagai penjaga keseimbangan alam. Namun, suatu hari, sekelompok penebang kayu ilegal datang. Mereka mengabaikan peringatan penduduk desa yang takut akan murka sang naga. Dengan peralatan canggih, mereka berhasil menebang pohon beringin itu. Malamnya, badai dahsyat dan gempa bumi melanda desa, menghancurkan banyak rumah. Para penebang itu kocar-kacir, menyadari bahwa yang mereka tebang bukan hanya pohon, tetapi juga harapan dan kedamaian mereka. Desa yang damai kini harus menghadapi alam yang murka akibat keserakahan manusia.
  Latihan 
  Sejak kecil, Boni dan Lili adalah sepasang sahabat. Rumah mereka hanya dipisahkan oleh sungai kecil. Setiap pagi, mereka menyeberangi sungai bersama-sama untuk berangkat ke sekolah. Mereka juga sering menghabiskan waktu sore dengan bermain di bawah pohon beringin tua. Namun, suatu hari, persahabatan mereka diuji. Seekor anjing galak tiba-tiba mengejar Boni saat sedang menyeberangi sungai. Boni ketakutan dan tidak bisa bergerak. Lili yang melihat kejadian itu, tanpa ragu, mengambil batu dan melemparkannya ke anjing tersebut hingga anjing itu lari menjauh. Sejak saat itu, mereka semakin menyadari betapa berharganya persahabatan mereka.
Soal pilihan ganda
  1. Berdasarkan kutipan cerita di atas, siapakah tokoh utamanya?
    A. Boni dan Lili
    B. Boni
    C. Lili
    D. Boni dan anjing galak
    Jawaban: A. Boni dan Lili
  2. Di mana latar tempat cerita tersebut terjadi?
    A. Di bawah pohon beringin tua
    B. Di pinggir sungai
    C. Di dekat rumah Boni dan Lili
    D. Di sungai dan di bawah pohon beringin tua
    Jawaban: D. Di sungai dan di bawah pohon beringin tua
  3. Masalah atau konflik yang terjadi dalam cerita tersebut adalah...
    A. Boni dan Lili tidak bisa menyeberangi sungai.
    B. Boni ketakutan karena dikejar anjing galak.
    C. Lili melempar anjing galak dengan batu.
    D. Persahabatan Boni dan Lili diuji.
    Jawaban: B. Boni ketakutan karena dikejar anjing galak. 


Pendidikan Pancasila


Pancasila sebagai ideologi bangsa
  • Ideologi adalah pedoman atau cita-cita yang kita yakini bersama.
  • Pancasila menjadi pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia dalam bernegara. Ini seperti peta atau kompas yang menunjukkan arah ke mana bangsa kita akan melangkah.
  • Nilai-nilai Pancasila digunakan untuk membuat peraturan, membangun negara, dan mencapai tujuan bersama, yaitu masyarakat yang adil dan makmur. 
Contohnya:
  • Ketika pemerintah membuat aturan tentang pendidikan, aturan itu harus sesuai dengan nilai Pancasila. Misalnya, semua anak berhak sekolah tanpa memandang suku atau agama.
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
  • Sebagai pandangan hidup, Pancasila adalah nilai-nilai luhur yang dijadikan pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia dalam bersikap dan bertingkah laku sehari-hari.
  • Nilai-nilai ini sudah ada sejak dulu dalam budaya bangsa Indonesia, seperti gotong royong dan musyawarah.
  • Dengan Pancasila, kita memiliki cara pandang yang sama untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat. 
Contoh pengamalan dalam kehidupan sehari-hari (sesuai sila-sila Pancasila):
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa: Menghormati teman yang berbeda agama saat mereka beribadah.
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Membantu teman yang sedang kesulitan dan tidak mengejeknya.
  3. Persatuan Indonesia: Bermain bersama dengan teman dari suku mana saja.
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Berdiskusi dengan teman sekelompok untuk menentukan tugas piket.
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Berbagi makanan dengan adil kepada teman-teman. 
Pancasila sebagai identitas bangsa
  • Identitas adalah jati diri atau ciri khas yang membedakan kita dengan bangsa lain.
  • Pancasila membuat Indonesia menjadi unik karena di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang berasal dari budaya bangsa sendiri.
  • Meskipun Indonesia memiliki banyak suku, agama, dan budaya yang berbeda, Pancasila berhasil menyatukan kita semua.
  • Pancasila mengajarkan kita untuk hidup saling menghormati dan menghargai keberagaman. 
Contohnya:
  • Meskipun teman-teman di kelas berasal dari berbagai daerah dengan budaya yang berbeda, kita tetap bisa bersatu sebagai satu bangsa Indonesia karena kita punya Pancasila.

  1. Makna Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah Pancasila bersifat...
       a. Kaku dan tidak bisa berubah                     
       b. Adaptif dan mampu berinteraksi dengan perkembangan zaman 
       c. Hanya berlaku untuk golongan tertentu 
       d. Mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan nasional 

   2. Pengamalan sila Pancasila yang paling mendasar tercermin dalam sikap...
       a. Berdoa dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa 
       b. Saling tolong-menolong antar tetangga 
       c. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa 
       d. Menjunjung tinggi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 

   3. Makna sila kedua Pancasila (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab) adalah...
       a. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan sikap beradab di masyarakat 
       b. Mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan orang lain 
       c. Bersikap toleran terhadap perbedaan agama 
       d. Mengembangkan perilaku yang tidak adil terhadap sesama 

    4. Dalam kehidupan bernegara, Pancasila berfungsi sebagai sumber dari segala sumber hukum. Hal            ini berarti...
        a. Semua peraturan harus bersumber dari Pancasila 
        b. Pancasila digunakan sebagai penentu keputusan partai politik 
        c. Pancasila hanyalah simbol negara semata 
        d. Pancasila hanya berlaku untuk masyarakat desa 

   5. Siswa-siswi SD Sukamaju mengikuti upacara bendera pada hari senin dengan tertib.                 Mereka menunjukkan perilaku yang sesuai dengan Pancasila sila ke. . .
       A. dua                       B. tiga                      C. empat                     D. lima

   6.  Pada waktu istirahat sekolah, sebagian siswa pergi ke kantin. Mereka mengantri dengan          tertib untuk membeli makanan. Namun, ada seorang siswa yang menerobos antrian.                Perilaku siswa tersebut bertentangan dengan Pancasila sila ke. . .
        A. 2                           B. 3                          C. 4                              D. 5

   7. Pancasila merupakan gagasan dan hasil pemikiran yang berisi nilai-nilai luhur Pancasila           untuk mencapai tujuan dan cita-cita bangsa. Pernyatan tersebut menunjukkan Pancasila         sebagai. . .
        A. ideologi bangsa                        B. identitas bangsa
        C. jati diri bangsa                          D. pandangan hidup


 8. Warga negara asing mengenal masyarakat Indonesia sebagai masyarakat yang ramah,            sopan, dan suka bertegur sapa. Perilaku baik tersebut sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.        Peran Pancasila pada peristiwa tersebut yaitu sebagai. . .
       A. identitas bangsa                             B. pandangan hidup
       C. hukum yang mengikat                    D. ideologi bangsa

 9. Pancasila disebut juga sebagai way of life yang artinya Pancasila sebagai....
     a. dasar negara                                     b. kepribadian bangsa

     c. pandangan hidup bangsa                   d. lambang negara

 
10. Berikut ini adalah contoh perilaku yang menunjukkan Pancasila sebagai identitas bangsa        di lingkungan sekolah, yaitu...
      a. membeda-bedakan teman berdasarkan suku
      b. mengikuti upacara bendera dengan tertib
      c. berkelahi dengan teman
      d. tidak mau bekerja kelompo
  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senin, 5 Mei 2025/ daring

Selasa, 06 Mei 2025