Rabu, 24 September 2025
Hari/Tanggal : Rabu, 24 September 2025
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : FPB dan KPK ( Sumatiuf )
2. Bahasa Indonesia : Jendela Dunia
3. Pendidikan Pancasila : Hubungan antar sila dalam pancasila
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen Bilangan
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini anak-anak bu guru dapat menyelesaikan soal sumatif dengan baik, antarsila dalam pancasila
Matematika
FPB dan KPK
Bahasa Indonesia
- Mengisahkan suatu peristiwa: Fokus pada kejadian atau konflik yang dialami tokoh.
- Disusun secara kronologis: Peristiwa diceritakan berurutan dari awal hingga akhir.
- Memiliki tokoh atau pelaku: Ada karakter yang terlibat dalam cerita.
- Memiliki latar: Mengandung keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana.
- Berdasarkan kutipan cerita di atas, siapakah tokoh utamanya?
A. Boni dan Lili
B. Boni
C. Lili
D. Boni dan anjing galakJawaban: A. Boni dan Lili - Di mana latar tempat cerita tersebut terjadi?
A. Di bawah pohon beringin tua
B. Di pinggir sungai
C. Di dekat rumah Boni dan Lili
D. Di sungai dan di bawah pohon beringin tuaJawaban: D. Di sungai dan di bawah pohon beringin tua - Masalah atau konflik yang terjadi dalam cerita tersebut adalah...
A. Boni dan Lili tidak bisa menyeberangi sungai.
B. Boni ketakutan karena dikejar anjing galak.
C. Lili melempar anjing galak dengan batu.
D. Persahabatan Boni dan Lili diuji.Jawaban: B. Boni ketakutan karena dikejar anjing galak.
- Ideologi adalah pedoman atau cita-cita yang kita yakini bersama.
- Pancasila menjadi pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia dalam bernegara. Ini seperti peta atau kompas yang menunjukkan arah ke mana bangsa kita akan melangkah.
- Nilai-nilai Pancasila digunakan untuk membuat peraturan, membangun negara, dan mencapai tujuan bersama, yaitu masyarakat yang adil dan makmur.
- Ketika pemerintah membuat aturan tentang pendidikan, aturan itu harus sesuai dengan nilai Pancasila. Misalnya, semua anak berhak sekolah tanpa memandang suku atau agama.
- Sebagai pandangan hidup, Pancasila adalah nilai-nilai luhur yang dijadikan pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia dalam bersikap dan bertingkah laku sehari-hari.
- Nilai-nilai ini sudah ada sejak dulu dalam budaya bangsa Indonesia, seperti gotong royong dan musyawarah.
- Dengan Pancasila, kita memiliki cara pandang yang sama untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat.
- Ketuhanan Yang Maha Esa: Menghormati teman yang berbeda agama saat mereka beribadah.
- Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Membantu teman yang sedang kesulitan dan tidak mengejeknya.
- Persatuan Indonesia: Bermain bersama dengan teman dari suku mana saja.
- Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Berdiskusi dengan teman sekelompok untuk menentukan tugas piket.
- Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Berbagi makanan dengan adil kepada teman-teman.
- Identitas adalah jati diri atau ciri khas yang membedakan kita dengan bangsa lain.
- Pancasila membuat Indonesia menjadi unik karena di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang berasal dari budaya bangsa sendiri.
- Meskipun Indonesia memiliki banyak suku, agama, dan budaya yang berbeda, Pancasila berhasil menyatukan kita semua.
- Pancasila mengajarkan kita untuk hidup saling menghormati dan menghargai keberagaman.
- Meskipun teman-teman di kelas berasal dari berbagai daerah dengan budaya yang berbeda, kita tetap bisa bersatu sebagai satu bangsa Indonesia karena kita punya Pancasila.
b. mengikuti upacara bendera dengan tertib
c. berkelahi dengan teman
d. tidak mau bekerja kelompo
Komentar
Posting Komentar