Selasa, 30 April 2024
Hari/Tanggal : Selasa, 30 April 2024
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS Bab 7 : Aku dan Kebutuhanku
2. Pend. Pancasila : Gotong Royong
4. Bahasa Indonesia : Asal Usul
Capaian Pembelajaran IPAS
Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10.Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11.Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12.Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
1. Rini menerima uang dari Tano, sedangkan Tano menerima sayur-sayuran dari Rini. Pada pernyataan tersebut, Rini berperan sebagai....
a. penjual
b. pembeli
c. barter
d. konsumen
2.
Banu menerima paket dari kurir di depan rumah. Banu berperan sebagai....
a. produsen
b. konsumen
d. disributor
d. penjual
3. perhatikan gambar berikut!
Kegiatan ekonomi yang ditunjukkan oleh ganbar tersebut yaitu....
a. jual beli
b. konsumsi
c. distribusi
d. produksi
4. Kegiatan jual beli dapat terjadi di berbagai tempat. Berikut ini salah satu faktir penyebab terjadinya jual beli yaitu....
a. belum ditemukannya alat tukar seperti uang
b. sulit bertemunya penjual dengan pembeli
c. kebutuhan yang tidak terbatas
d. kebutuhan tidak dapat dipenuhi sendiri
5. Perhatikan gambar berikut!
Kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan melaksanakan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi pada gambar tersebut disebut....
a. distribusi
b. konsumsi
c. produksi
d. jual beli
Contoh bentuk kegiatan gotong royong adalah saat membangun rumah di daerah pedesaan.
Gotong adalah bentuk kerja sama antara sejumlah orang atau warga masyarakat dalam kehidupan sosial dalam menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu yang dianggap berguna untuk kepentingan bersama.
Gotong royong sendiri dilakukan dengan ikhlas tanpa meminta imbalan karena nanti hasil gotong royong pun dinikmati secara bersama. Manusia tidak dapat hidup sendiri, melainkan harus bersama orang lain; manusia adalah makhluk sosial. Tanggung jawab bersama yang menyangkut kepentingan orang banyak tidak hanya dipikul oleh orang tertentu saja, melainkan semua orang yang terlibat di dalamnya. Unsur-unsur dalam gotong royong antara lain sebagai berikut.
- Usaha atau kegiatan kerja bersama
- Setiap partisipan berpartisipasi menurut kemampuan masing-masing
- Berdasarkan keikhlasan dan suka rela
- Tanpa pamrih (tanpa harapan balas jasa)
- Kerja atau usaha tersebut bermanfaat bagi kepentingan bersama.
C. Manfaat Gotong Royong
Gotong royong memiliki arti penting dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan serta meningkatkan solidaritas dan rasa kekeluargaan dengan sesama. Oleh karena itu, gotong royong menjadi tanggung jawab semua warga masyarakat. Beberapa manfaat dari kegiatan gotong royong antara lain sebagai berikut
- Meringankan beban, waktu dan biaya
- Meningkatkan rasa kekeluargaan dengan sesama
- Menambah kokohnya rasa persatuan dan kesatuan
- Mempertinggi ketahanan bersama.
- Menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat
- Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional.
Komentar
Posting Komentar