Matematika Mean, median dan modus

 

Hari/Tanggal      : Rabu, 17 November 2021
Tema                  : Pengolahan Data
Sub Tema          Penyajian Data ( Mean, Median, dan modus )
Muatan Pembelajaran : Matematika 
KD 3.8. Menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data
 
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu menentukan mean, median, dan modus dengan tepat 
Muslim Waving GIF - Muslim Waving Hi GIFs

Apa kabar anak-anak bu guru? semoga anak sholih sholihah semua  selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan masih dalam lindungan Allah SWT, amiin ....

 

Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini,  kalian harus tetap waspada, dan selalu lakukan 5 M, yaitu 

1. Memakai masker terutama saat berada di luar rumah dan saat berkomunikasi dengan 

    orang lain, 

2. Mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan  kegiatan    

3. Menjaga jarak, 

4. Menghindari kerumunan

5. Mengurangi mobilitas 

 

jangan lupa agar selalu menjaga imunitas tubuh kita dengan makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kita selalu sehat.

Anak sholih sholihah, kalian sudah sholat duha semua kan, 

Baiklah mari kita awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dan dilanjutkan murojaah.  Bagi anak-anak gan bu guru yang di rumah, silakan join google meet melalui LINK yang bu guru share melalui WAG.           

                                                Mean, Median dan Modus

Hari ini kita akan belajar matematika tentang Modus, Median dan Rata-rata data  dan  pengolahan data  

Pengertian Mean, Median, dan modus

Mean dapat diartikan sebagai nilai rata-rata suatu kelompok data. 

Median adalah nilai tengah data setelah diurutkan. 

Sedangkan modus merupakan nilai yang sering muncul dalam suatu kelompok data.

Cara Menghitung Mean/Rata-rata

Rata-rata = Jumlah data/banyak data

Contoh : Nilai Matematika siswa kelas 6 sebagai berikut: 

70, 60, 80, 80, 70, 80, 75, 75, 90, 80, 100, 70, 80, 85, 70, 80. 

Berapakah rata-rata nilai Matematika kelas 6?

- Langkah Pertama adalah di jumlahkan semua data

Jumlah semua data= 1245

Jumlah data = 16

Rata-rata = Jumlah data/banyak data

Rata-rata = 1245/16

Rata-rata = 77,8125

Jika diambil 2 angka setelah koma maka hasilnya

Rata-rata = 77,81

 

Median adalah nilai data yang ada di tengah kelompok data setelah diurutkan.

Ada 2 cara menentukan median yaitu:

  1. Median pada kelompok data berjumlah ganjil.
  2. Median pada kelompok data berjumlah genap.

Langkah menentukan data:

  1. Urutkan data dari yang paling kecil
  2. Hitung jumlah datanya. Jika ganjil, median adalah nilai yang ada di tengah. Jika genap, akan ada dua data yang berada di tengah. Kedua data tersebut dijumlahkan kemudian dibagi dua.

Cara mencari median data ganjil bisa menggunakan rumus di bawah ini.

Median = (N+1)/2

Keterangan = N adalah banyak data

Dari rumus di atas maka cara mencari median dengan banyak data ditambah satu kemudian di bagi dua. Maka nilai yang diperoleh nilai tengah dari data yang sudah diurut. 

Contoh median data ganjil

Nilai Matematika siswa kelas 6 sebagai berikut: 

70, 60, 80, 80, 70, 80, 75, 75, 90, 80, 100, 70, 80, 85, 70. 

Penyelesaian:

Data setelah diurut: 60, 70, 70, 70, 70, 75, 75, 80, 80, 80, 80, 80, 85, 90, 100

Banyak data = 15

Me = (N+1)/2

Me = (15+1)2

Me = 16/2

Me = 8

Data ke-8 adalah 80

Jadi median adalah data kedelapan yaitu 80.

Cara mencari median data genap berbeda dengan data ganjil. Adapun untuk mencari median data genap bisa melihat rumus di bawah ini.

Me = ((N/2)+((N/2)+1)):2

Keterangan N = banyak data

Jadi berdasarkan rumus di atas, untuk mencari data tengah atau data pusat jika banyak data genap maka caranya jumlah data dibagi kedua ditambah jumlah data dibagi dua ditambah satu, kemudian dibagi dua. 

Misalnya jumlah data 20. Maka cara mediannya adalah 20/2 = 10. Jadi median adalah data ke 10 ditambah data ke 11 kemudian dibagi 2. Untuk lebih mudahnya bisa disimak contoh di bawah ini.

Contoh median data genap

Nilai Matematika siswa kelas 6 sebagai berikut: 70, 60, 80, 80, 70, 80, 75, 75, 90, 80, 100, 70, 80, 85, 70, 80. 

Penyelesaian:

Data setelah diurut: 60, 70, 70, 70, 70, 75, 75, 80, 80, 80, 80, 80, 80, 85, 90, 100

Jumlah data (N) = 16

Me =((N/2)+((N/2)+1)):2

Me = (16/2 + (16/2)+1):2

Me = (data ke 8 + data 9):2

Data ke 8 = 80

Data ke 9 = 80

Jadi Median data tersebut adalah (80+80)2 = 160/2

Median = 80

Modus adalah data yang paling banyak keluar atau muncul. Modus bisa juga berarti data dominan dalam sebuah kompulan data. 

Diketahui tinggi badan siswa kelas 6 sebuah sekolah dasar sebagai berikut (dalam cm): 

140, 135, 135, 130, 125, 130, 130, 150, 110, 115, 130, 135, 130, 140, 130. 

Tentukan modus dari data tersebut!

Penyelesaian

Data Tinggi badan (dalam cm)

110 = 1 anak

115 = 1 anak

125 = 1 anak

130 = 6 anak

135 = 3 anak

140 = 2 anak

150 = 1 anak

Dari data siswa tersebut di atas dapat diketahui bahwa siswa paling banyak memiliki tinggi badan 130 cm. Jadi Modus data tersebut adalah 130 cm

 

Untuk lebih jelasnya silakan simak dan tonton video berikut!

 


https://www.youtube.com/watch?v=LsgtdG842fw

 

Tugas  Matematika

1. Nilai Latihan MTK beberapa siswi Kelas 6 adalah :  8, 9, 7, 6, 8, 7, 8, 6, 6, 7, 7, 9, 10

    Berapa nilai rata-rata ( mean) dari data di atas?

2. Nilai hasil ulangan matematika dari 13 siswa adalah sebagai berikut : 
     6, 8, 5, 7, 6, 8, 5, 9, 6, 6, 8, 7,10

    Median dari data tersebut adalah . . . .

 2.     3. Nilai MTK dari 18 siswa yaitu:  6, 8, 9, 6, 9, 10, 8, 9, 7, 8, 6, 8, 6, 6, 7, 7, 9, 10

      Modus data tersebut adalah ....

 4. Berikut ini adalah data pekerjaan orang tua siswa kelas 1 sampai kelas 6 SDN Sukajaya : Petani 25 orang, Nelayan 15 orang, penjahit 8 orang, wirausaha 13 orang, pedagang 12 orang, tentara 6 orang, polisi 2 orang, guru 6 orang dan buruh 15 orang. Selisih pekerjaan orang tua yang paling banyak dan paling sedikit adalah ....

       5  Diagram berikut menggambarkan hasil panen buah, jika hasil panen tersebut  seluruhnya berjumlah 1500 kuintal, maka berapa kuintal kah hasil panen melon ?



Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak  peroleh hari ini bermanfaat 

dan dapat menambah wawasan baru.

 
Tetap semangat belajar ya ......
 
Kerjakan sholat lima waktu
 
Biasakan murojaah / tadarrus ba'da maghrib dan shubuh

 Patuhi nasehat Ayah Bunda/Mama Papa

 
Anak sholih sholihah 
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
 


See you tomorrow ........





 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024