Mata Pelajaran : Tema 4 Globalisasi Subtema 2 Globalisasi dan manfaatnya
Pembelajaran : 4
Mapel : Bahasa Indonesia ( 3.2 ), Pkn ( 3.3 )
Tujuan Pembelajaran :
1. Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.
2. Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.
Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak-anak bu guru di rumah selalu dalam keadaan
sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT.
Anak
sholih sholihah, di masa pandemi covid ini kalian harus tetap waspada,
pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci
tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. makanlah makanan bergizi
dan istirahat yang cukup, supaya kalian tetap sehat.
Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha.
Setelah duha, marikitabersiap memulai pembelajaranhariini.Mintalah bantuankepada bunda/ mama untukmendampingiAnandaselamamelakukankegiatanpembelajaranya! Janganlupaucapkantolongbila mintabantuan,ucapkanmaafapabilamelakukankesalahan,danucapkaterimakasihsetelahmendapatkan bantuan.
Anak sholih sholihah baiklah anak sholih sholihah, langsung saja Ananda tonton dan simak
videopembelajaran berikut ya
Apakah
globalisasi selalu memberikan manfaat yang positif? Apa sikap yang
harus kita kembangkan untuk menyikapi era globalisasi ini?
Ayo Membaca
Globalisasi, Bermanfaat atau Tidak?
Apa
manfaat globalisasi bagi manusia di berbagai belahan dunia? Perhatikan
di sekitar kita. Ketika kita berbelanja di supermarket, kita menemukan
berbagai makanan dan barang yang diproduksi di luar negeri. Aneka pasta
dari Italia, keju dari Belanda, kursi plastik buatan Tiongkok, atau
peralatan dapur produksi Jerman. Apakah makanan dan barang produksi
Indonesia juga ada di luar negeri? Tentu saja! Sekarang di negara lain
tidak sulit menemukan gudeg dalam kaleng produksi Indonesia. Kain dan
perabot hasil karya pengrajin daerah pun semakin terkenal di
mancanegara. Kemudahan dalam pertukaran produk merupakan salah satu hal
positif dari globalisasi.
Perkembangan
teknologi dan komunikasi yang semakin canggih menandai dimulainya era
globalisasi. Telepon, satelit, televisi, dan jaringan internet, membawa
berita dari belahan dunia lain tanpa jeda waktu. Dalam sekejap, berita
penting dan populer tersampaikan ke segala penjuru dunia.
Namun
perlu pula kita waspadai. Globalisasi dapat memengaruhi kebudayaan
manusia di sebuah negeri. Masuknya pengaruh asing, secara tidak langsung
akan membawa perubahan budaya dalam masyarakat. Perubahan budaya bisa
menjadi pengaruh positif, namun bukan tidak mungkin membawa pengaruh
negatif. Saat ini di kota besar di Indonesia, anak-anak muda gemar
menikmati tayangan dari Korea. Mereka juga meniru cara berpakaian
muda-mudi Korea. Apakah sesuai dengan nilai-nilai dalam budaya
Indonesia? Belum tentu!
Pengaruh positif akibat
globalisasi tentu akan memperkaya manusia di sebuah negeri. Namun tanpa
benteng nilai budaya yang kuat, tidak mustahil nilai luhur sebuah
bangsa akan luntur akibat globalisasi.
Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa saja dampak positif dari globalisasi?
Dengan
adanya globalisasi kita bisa menemukan makanan atau barang dari luar
negeri serta mengetahui berita dari luar negeri dengan mudah.
2. Apa saja dampak negatif dari globalisasi?
Salah satu dampak negatig globalisasi adalah budaya negatif dari luar negeri dapat masuk ke Indonesia dengan mudah.
3. Mengapa globalisasi dapat memengaruhi budaya bangsa?
Globalisasi
dapat mempengaruhi budaya bangsa sebab globalisasi menyebabkan masuknya
budaya asing dari luar. Budaya asing ini membuat budaya sendiri berubah
bahkan dilupakan jika tidak memiliki benteng yang kuat.
4. Mengapa globalisasi menjadi tantangan tersendiri untuk kita?
Globalisasi
menuntut sumber daya manusia berkualitas, kreatif, dan kompetitif dalam
berbagai bidang. jika kita tidak mengimbangi dengan pengetahuan dan
keahlian maka kita akan tergerus oleh globalisasi.
5. Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi era globaliasi?
Sebaiknya
kita bisa memanfaatkan dampak positif globalisasi dengan sebaik mungkin
dan menjauhi pengaruh negatif globalisasi sebisa mungkin.
6. Gambarkan secara visual salah satu dampak dari globalisasi.
Hari/Tanggal : Selasa, 19 Maret 2024 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS Bab 6 : Indonesia Kaya Budaya 2. Pend. Pancasila : Negaraku 4. Bahasa Indonesia : Satu Titik Capaian Pembelajaran IPAS 1. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. 2.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital. Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/a...
Hari/Tanggal : Jum'at, 17 Mei 2024 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS BAB 6 : Kegiatan ekonomi masyarakat Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Apa kabar anak sholih sholihah......... Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya.... Anak sholih sholihah tujuan pembelajaran yang akan dicapai adalah peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-enis usaha dalam bidang ekonomi 1. Negara yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya di bidang pertanian disebut negara ......
Hari/Tanggal : Kamis, 16 Mei 2024 Muatan Pembelajaran : 1. Matematika : Pecahan Capaian Pembelajaran Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan ( number sense ) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesai...
Komentar
Posting Komentar