Ringkasan
Hari/Tanggal : Selasa, 15 Oktober 2019
Tema 4 : Globalisasi
Sub Tema 1 : Globalisasi di sekitarku
Pembelajaran : 2 (Dua)
Muatan PB : PKN dan SBDP
Pembelajaran 2
Muatan SBdP
Pengertian Reklame dan Ciri-ciri Reklame
Reklame
adalah salah satu bentuk ajakan atau pemberitahuan kepada orang lain.
Tujuan reklame digunakan, yaitu untuk menawarkan dan mengajak pembaca
agar mengikuti anjuran atau membeli produk yang ditawarkan dan
meyakinkan bahwa barang yang ditawarkan berkualitas baik.
Reklame
memiliki dua jenis berdasarkan tujuan pengadaannya, yaitu komersial dan
nonkomersial. Reklame bersifat komersial adalah reklame yang sifatnya
menawarkan barang atau produk, biasanya digunakan oleh para pedagang.
Misalnya mempromosikan kedai makanan atau yang lainnya. Reklame
nonkomersial adalah reklame yang sifatnya mengajak orang lain untuk
berbuat sesuatu atau member anjuran yang baik. Misalnya ajakan untuk
menghemat listrik dan menanam pohon di halaman rumah.
Reklame dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan medianya, yaitu:
• Reklame audio, menggunakan media suara atau bunyi tertentu.
• Reklame visual, menggunakan gambar, baik gambar diam maupun gambar bergerak.
• Reklame audio visual, gabungan dari audio dan visual.
Cii-ciri reklame, antara lain:
• Berisi informasi, membujuk, atau mengajak masyarakat.
• Menggunakan kata-kata yang menarik agar pembaca berminaat dan tertarik.
• Terdapat slogan di dalamnya. Slogan adalah kalimat pendek yang menarik dam mudah diingat oleh pembaca.
• Terdapat gambar atau ilustrasi untuk membuat reklame lebih menarik
• Tata letak antara tulisan dan gambar terlihat rapi.
Muatan PPKn
Sikap terhadap Keberagaman Kegiatan Ekonomi
Setiap
manusia memiliki kebutuhan yang berbeda. Perbedaan kebutuhan tersebut
menyebabkan beragmannya kegiatan ekonomi di masyarakat. Ada masyarakat
yang melakukan kegiatan ekonomi beripa produksi, distribusi, ataupun
konsumsi.
Contoh
kegiatan produksi adalah petani jagung, peternak ayam, dan nelayan.
Contoh kegiatan distribusi adalah pengantar barang (kurir), pedagang
telur, dan agen beras. Contoh kegiatan konsumsi adalah pembeli makanan
dan minuman, pembaca buku, dan pengendara sepeda.
Meskipun
kegiatan ekonomi yang dilakukan berbeda, kita harus tetap saling
menghormati dan menghargai. Kegiatan ekonomi yang berbeda tidak menjadi
penghalang untuk kita tetap bersatu. Berikut sikap yang harus kita
terapkan dalam keberagaman ekonomi di lingkungan sekitar.
• Saling menghargai dan menghormati antarpelaku kegiatan ekonomi.
• Membayar barang yang dibeli sesuai dengan harganya.
• Bermain dengan teman tanpa membedakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang tuanya.
• Tidak bersikap sombong terhadap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang tua.
• Memudahkan kurir dalam mengirimkan barang dengan cara memberikan alamat yang jelas.
• Memuji barang yang dihasilkan oleh pelaku kegiatan ekonomi lain.
• Melakukan persaingan yang sehat antarpelaku kegiatan ekonomi.
Komentar
Posting Komentar