Jumat, 26 Juli 2024
Hari/Tanggal : Jumat, 26 Juli 2024
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Cahaya dan Bunyi
2. PAK : Mengenal PAK
Capaian Pembelajaran IPAS
A.
CAPAIAN
PEMBELAJARAN
Ø
Elemen
Pemahaman IPAS:
Peserta didik memahami sistem organ
tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan
antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus
air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; gelombang bunyi dan cahaya
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; krisis energi dan upaya
penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya
yang ada di sekitarnya; sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan
revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta
konvensional/digital; sejarah di provinsi tempat tinggalnya; keragaman budaya
nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya
terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya; serta kegiatan
ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar.
Ø
Elemen
Keterampilan Proses
§
Mengamati
Pada akhir fase C, peserta didik mengamati fenomena dan
peristiwa secara sederhana, mencatat hasil pengamatannya, dan mencari persamaan
dan perbedaannya.
§
Mempertanyakan
dan Memprediksi
Dengan panduan, peserta didik mengidentifikasi pertanyaan
yang dapat diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksinya.
§ Merencanakan dan Melakukan
Penyelidikan Secara mandiri
Peserta didik merencanakan dan melakukan langkah-langkah
operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Melakukan observasi
menggunakan alat bantu pengukuran sederhana.
§
Memproses,
Menganalisis Data dan Informasi
Peserta
didik mengolah data dalam bentuk tabel dan grafik serta menjelaskan hasil
pengamatan dan pola atau hubungan pada data. Membandingkan data dengan prediksi
dan memberikan alasan berdasarkan bukti.
§
Mengevaluasi
dan Refleksi
Melakukan refleksi dan memberikan saran perbaikan
terhadap penyelidikan yang sudah dilakukan.
§
Mengomunikasikan
Hasil
Peserta
didik mengomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh yang ditunjang dengan
argumen dalam berbagai media.
- Cahaya hanya dipantulkan oleh cermin
- Air sangat diperlukan cahaya untuk bergerak
- Matahari satu-satunya sumber cahaya
- Cahaya tidak perlu media untuk bergerak
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
A. dipantulkan
B. diuraikan
C. menembus benda bening
D. dibiaskan
A. merambat lurus
B. dipantulkan
C. menembus benda bening
D. membentuk bayangan
No | Nama Benda |
---|---|
1 | Batu |
2 | Air |
3 | Plastik transparan |
4 | Kertas karton |
5 | Gelas bening |
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
A. benda bening
B. benda transparan
C. benda lebar
D. benda gelap
A. pemantulan cahaya
B. pembiasan cahaya
C. penguraian cahaya
D. cahaya yang merambat lurus
A. dapat dipantulkan
B. dapat dibiaskan
C. dapat diuraikan
D. menembus benda bening
A. dipantukan
B. dibiaskan
C. diuraikan
D. merambat lurus
A. semua cahaya bisa menembus benda
B. hanya sebagian cahaya yang bisa ditembus
C. sama sekali tidak bisa ditembus cahaya
D. cahaya dipantulkan ke arah yang berlawanan
A. hitam
B. merah
C. biru
D. putih
Biasakan ......
Komentar
Posting Komentar