RINGKASAN
MATERI AJAR
Hari / Tanggal : Jum'at, 10 Januari 2020
Tema / Subtema : 6 / 2
PB : 3 dan 4
PEMBELAJARAN 3
Hari / Tanggal : Jum'at, 10 Januari 2020
Tema / Subtema : 6 / 2
PB : 3 dan 4
PEMBELAJARAN 3
Siti, Dayu, dan teman-teman lainnya menjadi generasi penerus bangsa yang
pandai, cerdas, dan mempunyai jiwa yang baik. Mereka selalu mengikuti
kegiatan yang dilaksanakan di sekolah dengan semangat. Jika saat
berkegiatan ada sesuatu yang kurang jelas, Siti dan temanteman selalu
berani bertanya kepada guru. Ibu Guru pun selalu menjelaskan dengan
senang hati saat ada pertanyaan dari Siti dan temanteman.
Siti dan teman-temannya telah mendapatkan hak sebagai warga negara
Indonesia yaitu hak memperoleh pendidikan dan pengajaran. Siti dan
temantemannya menjadi generasi yang pandai dan cerdas. Itulah salah satu
manfaat pemenuhan hak warga negara. Masih banyak manfaat pemenuhan hak
warga negara Indonesia lainnya. Apa sajakah itu?
Ayo Membaca
Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia
Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban
hendaknya dilakukan secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak
tidak lupa juga melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. Bahkan
kewajiban hendaknya dilakukan terlebih dahulu daripada hak. Banyak
manfaat yang dapat dirasakan warga negara Indonesia atas terpenuhinya
hak yang dimiliki.
Salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas
pendidikan dan pengajaran yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.
Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan nasional
bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea empat.
Manfaat lain bisa dipahami berdasarkan pemenuhan hak warga negara.
Contohnya manfaat atas pemenuhan hak mendapatkan pekerjaan dan
penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Pemenuhan hak ini sangat
bermanfaat bagi peningkatan perekonomian warga negara Indonesia dan
mengurangi jumlah pengangguran.
Adapun pemenuhan hak atas perlindungan hukum jelas akan bermanfaat bagi
terwujudnya keamanan, keadilan, dan keteraturan dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan demikian, akan tercipta
ke hidupan yang harmonis antar warga negara Indonesia dan antara warga
negara dengan pemerintah.
Untuk pemenuhan hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan sangat
bermanfaat dalam menciptakan kesejahteraan umum. Masyarakat yang sehat
dapat menjalankan segala kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan hidup
sehingga tercipta keasejahteraan umum. Menciptakan kesejahteraan umum
ini juga merupakan salah satu tujuan nasional Indonesia.
Pemenuhan hak-hak warga negara Indonesia sebagai upaya pencapaian tujuan
nasional juga menjadi cara ampuh untuk mempertahankan kemerdekaan
Indonesia. Cara-cara untuk mempertahankan kemerdekaan :
- Belajar dengan giat, tekun dan rajin.
- Menggunakan produk buatan dalam negeri
- Melestarikan budaya asli Indonesia
PEMBELAJARAN 4
Sudahkah Kamu Masuk Masa Pubertas?
Masa pubertas dapat dibedakan dengan masa kanak-kanak atau anak-anak. Untuk mengetahui kamu saat ini sudah memasuki masa pubertas atau masih anak-anak, dapat kamu lakukan dengan menjawab secara jujur pertanyaan-pertanyaan dalam tabel berikut. Isi tabel dengan tanda centang (v) pada kolom yang tersedia. Untuk kolom kesimpulan isi berdasarkan jawaban atas lima pertanyaan yang tersedia.
Jika jawaban lebih banyak pada kolom “Sudah” berarti kesimpulannya kamu sudah memasuki masa pubertas. Sebaliknya, jika jawaban lebih banyak pada kolom “Belum” berarti kamu masih anak-anak (kanak-kanak).
Kolom diisi oleh anak laki-laki :
Kolom diisi oleh anak Perempuan :
Masa pubertas dapat dibedakan dengan masa kanak-kanak atau anak-anak. Untuk mengetahui kamu saat ini sudah memasuki masa pubertas atau masih anak-anak, dapat kamu lakukan dengan menjawab secara jujur pertanyaan-pertanyaan dalam tabel berikut. Isi tabel dengan tanda centang (v) pada kolom yang tersedia. Untuk kolom kesimpulan isi berdasarkan jawaban atas lima pertanyaan yang tersedia.
Jika jawaban lebih banyak pada kolom “Sudah” berarti kesimpulannya kamu sudah memasuki masa pubertas. Sebaliknya, jika jawaban lebih banyak pada kolom “Belum” berarti kamu masih anak-anak (kanak-kanak).
Kolom diisi oleh anak laki-laki :
Kolom diisi oleh anak Perempuan :
Ayo Membaca
1. Informasi apakah yang kamu harapkan ketika kamu baru membaca judul teks nonfiksi (Tari Klana Topeng)?
2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul teks nonfiksi dengan informasi yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?
3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?
Informasi yang diperoleh setelah membaca teks non fiksi berjudul Tari Klana Topeng adalah mengetahui asal Tari Klana Topeng, unsur-unsur tari saman, dan busana serta properti tari Klana Topeng
1. Melangkah maju, kepala menengok mengikuti langkah kaki.
Lakukan gerakan 8 x 2 hitungan
2. Mengangkat kaki kanan diangkat, lalu ditapakkan.
Kemudian, kaki kanan ditapakkan ke samping, lalu jinjit di belakang kaki kiri. Perhatikan sikap tangan pada gambar berikut.
Lakukan gerakan 4 x 8 hitungan.
Tari Klana Topeng
Tari Klana Topeng merupakan bentuk karya tari tunggal. Tari ini berasal
dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari Klana Topeng pada umumnya
ditarikan oleh penari putra. Tema yang menjadi sumber tarian ini
mengambil dari cerita panji. Cerita itu tentang Raja Klana Sewandana
yang sedang jatuh cinta.
Gerak-gerik tarinya menggambarkan Prabu Klana yang sedang menghias diri.
Ada gerak mengatur rambut. Ada gerak menghias kumis. Ada gerak menata
pakaian. Ada juga gerak sedang bercermin. Iringan yang mengiringi tarian
yaitu seperangkat gamelan Jawa.
Penari saat mempertunjukkan Tari Klana Topeng menggunakan busana, di
antaranya celana, kain, sabuk, selendang, penutup kepala, hiasan dada,
hiasan tangan, dan hiasan kaki. Tari Klana Topeng ditarikan kurang lebih
selama lima belas menit. Penari menggunakan topeng.
Selama menarikan Tari Klana Topeng. Pemakaian topeng oleh penari secara
terus menerus selama menarikan tarian ini sehingga membuat kagum para
penonton. Penari tetap bersemangat dan lincah dalam bergerak meskipun
memakai topeng.
Ayo Berlatih
Kamu telah membaca dengan cermat teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.1. Informasi apakah yang kamu harapkan ketika kamu baru membaca judul teks nonfiksi (Tari Klana Topeng)?
2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul teks nonfiksi dengan informasi yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?
3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?
Informasi yang diperoleh setelah membaca teks non fiksi berjudul Tari Klana Topeng adalah mengetahui asal Tari Klana Topeng, unsur-unsur tari saman, dan busana serta properti tari Klana Topeng
Ayo Mengamati
Apakah kamu pernah memperagakan karya tari bentuk tunggal? Karya tari apa yang pernah kamu peragakan? Amatilah gerak tari kreasi bentuk tunggal berikut.1. Melangkah maju, kepala menengok mengikuti langkah kaki.
Lakukan gerakan 8 x 2 hitungan
2. Mengangkat kaki kanan diangkat, lalu ditapakkan.
Kemudian, kaki kanan ditapakkan ke samping, lalu jinjit di belakang kaki kiri. Perhatikan sikap tangan pada gambar berikut.
Lakukan gerakan 4 x 8 hitungan.
Komentar
Posting Komentar