Selasa, 11 November 2025

 


Hari/Tanggal                              : Selasa, 11 November 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. IPAS                              : Krisis  Energi 

2. Pend. Pancasila          Norma Dalam Kehidupanku

 

1. Capaian  Pembelajaran IPAS

    Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; gelombang bunyi dan cahaya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; krisis energi dan upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya; sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta konvensional/digital; sejarah di provinsi tempat tinggalnya; keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar.

2. Capaian Pendidikan Pancasila

     Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan warga negara; mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari; melaksanakan praktik musyawarah untuk membuat kesepakatan dan aturan bersama, serta menerapkannya dalam lingkungan keluarga dan sekolah.



Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat mendemonstrasikan konsep gelombang cahaya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan  mengidentifikasi macam-macam norma dan contohnya
  
   IPAS
  
   
   Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau mengalami perubahan, sedangkan sumber energi adalah segala sesuatu di alam yang dapat menghasilkan energi. Sumber energi dibagi menjadi dua jenis utama: terbarukan (seperti matahari, air, dan angin) yang tidak akan habis, dan tidak terbarukan (seperti bahan bakar fosil dan nuklir) yang ketersediaannya terbatas.  
   
Sumber energi
Sumber energi adalah bahan atau sumber daya alam yang digunakan untuk menghasilkan energi. 
1. Sumber energi terbarukan
Sumber daya alam yang persediaannya dapat diperbaharui atau tidak akan habis karena selalu tersedia di alam. 
  • Contoh:
    • Matahari: Sumber energi utama, dimanfaatkan untuk cahaya dan panas, serta diubah menjadi listrik melalui panel surya.
    • Air: Digunakan melalui turbin di Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk menghasilkan listrik.
    • Angin: Memutar kincir angin (aerogenerator) untuk menghasilkan listrik.
    • Panas bumi (Geothermal): Memanfaatkan panas dari dalam bumi.
    • Biomassa: Bahan organik seperti tumbuhan yang dapat diolah menjadi bahan bakar seperti biofuel. 
2. Sumber energi tidak terbarukan
Sumber daya alam yang persediaannya terbatas dan akan habis jika terus-menerus digunakan. 
  • Contoh:
    • Bahan bakar fosil: Terbentuk dari sisa-sisa makhluk hidup yang terkubur jutaan tahun, seperti minyak bumi, gas alam, dan batu bara.
    • Nuklir: Energi yang dihasilkan dari reaksi inti atom. 


Manusia menggunakan energi untuk memenuhi kebutuhannya. Berikut ini energi yang dapat habis apabila digunakan terus-menerus yaitu. . . . . .
A. energi angin
B. energi air
C. energi listrik
D. energi panas bumi

Soal No.2
Perhatikan gambar berikut!
Gambar di atas menunjukkan salah satu peralatan yang bermanfaat bagi manusia. Berikut ini kegunaan dan sumber energi peralatan tersebut secara berurutan yaitu. . .
A. memberikan hiburan, energi angin
B. memberikan hiburan, energi listrik
C. mendinginkan udara, energi angin
D. mendinginkan udara, energi listrik

Soal No.3
Perhatikan tabel berikut!
NoNama Peralatan
1Wajan
2Solder
3AC
4Closet duduk
Peralatan di atas yang memerlukan energi listrik dalam penggunaannya yaitu nomor. . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 3 dan 4

Soal No.4
Adit dan keluarganya menggunakan air dari sumur bor untuk keperluan mandi, mencuci piring, dan lain-lain. Di rumah Adit terdapat pompa air yang berfungsi untuk mengalirkan air. Alat tersebut menggunakan sumber energi. . .
A. listrik
B. angin
C. panas
D. kimia

Soal No.5
Terjadi pemadaman listrik di sekolah saat pagi hari. Siswa dan guru tampak berada di dalam kelas. Berikut ini kegiatan yang tidak dapat dilakukan oleh siswa dan guru saat itu yaitu. . .
A. melakukan diskusi kelompok
B. menulis jawaban di papan tulis
C. membaca buku dengan nyaring
D. mencari informasi di internet

Pendidikan Pancasila

Norma 

   A. Hakikat Norma
1. Makna Norma
Secara etimologi, kata norma berasal dari bahasa Belanda, yaitu “norm” yang artinya patokan, pokok kaidah, atau pedoman, baik tertulis maupun tidak tertulis. Secara sederhana, norma dapat diartikan sebagai kaidah atau ketentuan yang harus dipedomani oleh setiap manusia dalam menjalankan kehidupannya.

Beberapa ciri yang melekat pada norma yang ada dalam masyarakat setelah menyimak karekteristik yang dikemukakan di atas, diantaranya:
  1. Biasanya berbentuk tidak tertulis;
  2. Bersifat mengingat dan memiliki sanksi bagi anggota masyarakat yang melanggaranya;
  3. Merupakan hasil dari permufakatan para anggota masyarakat;
  4. Wajib dipatuhi oleh setiap anggota masyarakat;
  5. Bersifat dinamis, artinya dapat mengalami perubahan sesuai perkembangan masyarakat.

2. Klasifikasi Norma
Terdapat beberapa norma yang berlaku di lingkungan masyarakat dilihat dari sumber dan sanksinya, antara lain:

a. Norma Agama
Norma agama, adalah kaidah-kaidah atau pengaturan hidup yang dasar sumbernya dari wahyu Ilahi. Norma agama merupakan suatu aturan hidup yang harus diterima dari sang Kholik (pencipta) kepada manusia sebagai mahluk (yang diciptakaan) sebagai pedoman baik itu sebagai perintah, larangan atau anjuran lainnya. Norma ini dimaksudkan untuk mencapai kesucian hidup beriman dan sanksinya berasal dari yang maha kuasa. Contoh norma agama ini, diantaranya sebagai berikut:
  • Kewajiban melaksanakan beribadah.
  • Menjauhi larangan, seperti membunuh, mencaci, menyakiti diri sendiri dan orang lain, menghina, mencuri, memfitnah, berjudi, meminum-minuman keras, menipu, dan sebagainya.
  • Melaksanakan anjuran, seperti berbagi harta berupa sumbangan, membantu fakir miskin, memelihara tali persaudaraan, memelihara lingkungan, dan lainnya, tidak membantah terhadap orang tua, dan sebagainya.
  • Berdoa sebelum makan, sebelum tidur, sebelum perjalanan, sebelum belajar, sebelum memasuki tempat ibadah, dan lain-lain.
  • Tidak mencuri barang atau sesuatu yang bukan milik kita.
  • Tidak menghina maupun mencela orang lain.

b. Norma Kesusilaan
Norma Kesusilaan, yaitu norma yang lahir dari hati nurani manusia. Setiap manusia memiliki hati nurani yang merupakan pembeda dari mahluk-mahluk lain ciptaan yang Maha Kuasa. Norma kesusilaan ini sama dengan moral atau akhlak. Norma ini lahir untuk menjaga kesucian atau kebersihan hati nurani serta akhlaq. Adapun sanksinya bagi pelanggar adalah berupa sanksi moral yang lahir dari hati nurani itu sendiri, biasanya berupa penyesalan. Di antara norma kesusilaan yang nampak dalam kehidupan masyarakat, antara lain:
  • Kita harus berlaku jujur;
  • Jangan membuat kegaduhan dalam kehidupan masyarakat;
  • Tidak melakukan penipuan;
  • Jauhi sifat bohong terhadap diri sendiri atau orang lain;
  • Menghargai dan menghormati orang lain;
  • Berlaku adil dan berbuat baik terhadap sesama;
  • Berlaku jujur dan benar, dan lainnya.

c. Norma Kesopanan
Norma Kesopanan, yaitu ketentuan yang timbul dan diadakan oleh masyarakat itu sendiri untuk mengatur pergaulan. Norma ini biasanya berupa kepantasan, kepatutan, atau kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Contoh norma ini, di antaranya sebagai berikut:
  • Bertutur kata yang sopan dengan tidak menyakiti yang lain.
  • Memohon izin untuk memasuki rumah orang lain.
  • Menghormati orang tua.
  • Memberikan kesempatan untuk duduk kepada orang tua, atau orang sakit, dan lainnya ketika di kendaraan umum.
  • Menghormati guru dan lainnya.
  • Tidak berkata kasar dan membentak orang tua.
  • Menaati perintah kedua orang tua.
  • Tidak memaksakan keinginan pada orang yang lebih tua.
  • Berbicara sopan dan baik kepada orang yang lebih tua.
Norma
d. Norma Hukum
Norma Hukum, merupakan ketentuan yang dibuat atau ditetapkan oleh pemerintah atau lembaga yang berwenang membuat ketentuan tersebut. Norma hukum dibuat untuk mengatur pergaulan manusia untuk mencapai ketertiban dan kedamaian. Setiap manusia dipaksa untuk mematuhi norma hukum, serta diancam diberikan sanksi/hukuman apabila melanggar norma tersebut. Contoh norma ini, di antaranya sebagai berikut:
  • Melakukan penganiayaan kepada orang lain diancam hukuman terdapat dalam KUHP.
  • Melakukan penipuan dalam proses jual beli, apapun barang dan jenisnya diancam dalam KUHP. 
  • Pembunuh diancam dengan hukuman yang sesuai yang terdapat dalam KUHP dan sebagainya.
  • Menaati rambut lalu lintas. Jika melanggar sanksi yang diberikan jika melanggar adalah tilang berupa denda.
  • Membayar pajak tepat waktu. Jika melanggar  sanksi yang diberikan jika melanggar adalah membayar denda.


     
      Pilihan Ganda

Soal No.1
Rendi diajarkan oleh orang tuanya untuk berpamitan ketika hendak pergi. Rendi selalu melaksanakan petunjuk tersebut. Dia telah berprilaku sesuai . . .
A. kewajiban
B. hak
C. norma
D. hukum

Soal No.2
Dika dikenal sebagai anak yang religius. Dia selalu menaati perintah dan menghindari larangan Tuhan yang terdapat pada. . .
A. UUD 1945
B. kitab suci
C. Pancasila
D. kitab Negara Kertagama

Soal No.3
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Dampak dari perilaku yang ditunjukkan oleh gambar di atas yaitu . . .
A. kesejahteraan semakin meningkat
B. kehidupan menjadi harmonis
C. memunculkan pertikaian
D. dicemooh oleh masyarakat setempat

Soal No.4
Perhatikanlah pernyataan berikut!
  1. Mengikuti upacara agama lain tanpa izin
  2. Membantu teman yang berbeda agama
  3. Menaati segala aturan yang berlaku
  4. Mengabaikan tata tertib ketika berkendara
  5. Saling menghargai dan bertoleransi
Contoh sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ditujukkan oleh pernyataan nomor . . .
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 5
C. 3, 4, dan 5
D. 1, 4, dan 5

Soal No.5
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Tindakan pada gambar di atas termasuk perilaku yang tidak pantas ditiru, karena memenuhi keinginan dengan cara yang. . .
A. tidak masuk akal
B. kurang hati-hati
C. sesuai aturan
D. tidak sesuai aturan


Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 


See You Tomorrow

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senin, 5 Mei 2025/ daring

Selasa, 06 Mei 2025