Rabu, 21 Februari 2024

 


Hari/Tanggal                                    : 21 Februari  2024

Muatan  Pembelajaran                

1. Matematika                   Pengukuran Volume 

3. Bahasa Indonesia         : Satu titik

Capaian Pembelajaran Matematika

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

Si Capaian Bahasa Indonesia

Si    1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. 



Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini : peserta didik dapat mengukur volume dengan satuan baku liter dan mililiter, dan  menulis puuisi tentang alam

MATEMATIKA
Satuan Volume Liter
Liter merupakan sebuah satuan volume yang dipakai untuk memilih volume suatu benda yang mempunyai sifat menempati ruang berbentuk kubus yang mempunyai panjang rusuk 10 cm. Maka nilai 1 liter sama saja dengan 10 x 10 x 10 cm (1000cm3). Satuan liter ditulis dengan memakai aksara kecil. Misalkan untuk menuliskan 25 mililiter (ml) kedua aksara ditulis sama kecil.

Satuan liter biasanya dipakai untuk menghitung “banyaknya” benda cair dan gas. Meskipun bukan dari bagian satuan SI, tapi satuan yang berbasis liter ini dapat dikonversikan menjadi satuan yang berbasis kubik  
Konversi
  1. 1 liter = 1.000 ml (milliliter)
  2. 1 liter = 100 cl (centiliter)
  3. 1 liter = 10 dl (deciliter)
  4. 1 liter = 0,1 hl (hectoliter)
  5. 1 liter = 0,01 dal (decaliter)
  6. 1 liter = 0,001 kl (kiloliter)

Contoh 
Susu

a. Pada gambar di atas, sebutkan volume dari ketiga kotak susu tersebut?
250 ml, 1.000 ml. dan 200 ml
b. Jumlahkan volume ketiga kotak susu tersebut dalam satuan mililiter?

250 ml+1.000 ml+200 ml = 1.450 ml
= 1.450 ml
= 1.000 ml + 450 ml
= 1 l 450 ml

Latihan 

Perhatikan gambar berikut untuk mengisi soal nomor 1 sampai 5!

1) Volume dari sirop melon Brilian di atas adalah ….
a. 1.200 liter
b. 1.250 mililiter
c. 1.450 liter
d. 1.200 mililiter

2) Silish volume antara sirop pandan dan sirop jeruk di atas adalah ….
a. 200 milliter
b. 250 mililiter
c. 100 mililiter
d. 150 mililiter

3) Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ….
a. Volume sirop melon adalah 12 liter
b. Volume sirop jeruk adalah 1,25 liter
c. Volume sirop pandan adalah 14,5 liter
d. Volume sirop pandan adalah 1,2 liter

4) Pernyataan di bawah ini yang salah adalah ….
a. Volume sirop melon paling banyak
b. Volume sirop jeruk paling sedikit
c. Volume sirop jeruk adalah banyak
d. Volume sirop pandan paling banyak

5) Jumlah volume sirop pandan, melon, dan jeruk jika digabung adalah …. liter.
a. 390
b. 39
c. 3,9
d. 3.900

Perhatikan gambar berikut untuk mengisi soal nomor 6 sampai 10!

6) Volume air dari botol A adalah ….
a. 2,5 mililiter
b. 2,5 liter
c. 5 liter
d. 5 mililiter

7) Volume air dari botol C adalah ….
a. 5 mililiter
b. 50 liter
c. 500 milliter
d. 5.000 mililiter

8) Selisih volume air dari B botol C adalah ….
a. 500 mililiter
b. 5.000 milliter
c. 50 milliter
d. 5 mililiter


9) Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ….
a. Selisih volume air dari botol A dan B adalah 2,5 liter
b. Selisih volume air dari botol A dan C adalah 2,5 liter
c. Jumlah volume air dari botol A dan B adalah 7,5 liter
d. Jumlah volume air dari botol B dan Cadalah 12,5 liter


10) Jumlah volume air dari ketiga botol A, B, dan C jika digabung adalah …. ml.
a. 17,5
b. 175.000
c. 175
d. 17.500


BAHASA INDONESIA

Menulis Puisi

Raja Ampatku
oleh B.E. Priyanti

Dari atas mata memandang
Gugusan pulaumu berdaratan
Laksana untaian mutiara di lautan
Sungguh indah dan menawan

Dari bawah mata menyelam
Airmu beriak tenang membahagiakan
Lambaian terumbu karang dan ikan
Manyapa hangat kehadiran para penyelam

Kalian mungkin bisa menebak bahwa teks “Raja Ampatku” di atas adalah puisi. Ada puisi yang termasuk ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Ada pula puisi bebas yang cara penulisannya lebih bebas, tidak terikat rima, jumlah kata, ataupun jumlah larik.

Puisi merupakan salah satu cara mengungkapkan perasaan atau pikiran melalui tulisan. Kata-kata dipilih dengan tepat dan dirangkai dengan indah. Biasanya perasaan tersebut diungkapkan melalui perumpamaan atau majas.

Contoh: 
  1. Laksana untaian mutiara di lautan (gugusan pulau diumpamakan untaian mutiara)
  2. Lambaian terumbu karang dan ikan menyapa … (karang dan ikan dipersonifikasi seolah-olah seperti manusia)

Dapatkah kalian membayangkan Raja Ampat seperti yang digambarkan pengarang puisi tersebut? Sekarang bayangkan suatu tempat di daerah kalian. Ceritakan keindahannya dalam bentuk puisi.Tahap yang dapat kalian lakukan adalah sebagai berikut.
  1. Tentukan tema puisi kalian. 
  2. Buat daftar kata yang sesuai untuk tempat tersebut. Contoh: jernih, gemericik, dan sejuk → puisi tentang air terjun
  3. Carilah perumpamaan atau majas untuk menggambarkan tempat itu atau suasananya.Contoh: bunyi hempasan ombak → seperti alunan musik 
  4. Tulislah puisi kalian di buku tulis.
  5. Bacalah puisi tulisan kalian dengan nyaring. Rasakan keindahannya.Jika ada kata-kata yang terasa janggal atau belum sesuai, kalian dapat mengubahnya lagi.

Contoh :
Tema : Keindahan alam pantai
Daftar kata : Ombak, pasir, ikan, camar
Pantai
Alam Indah Tepi Pantai
Sang ombak menari-nari di tepian pantai
Menyapa pasir yang terhampar luas
Camar berterbangan di atas ombak
Berharap ikan segar bertemu mereka

Ombak mengusap kedua mata kaki
Terasa dingin hingga ke relung dada
Ikan-ikan kecil genit menggigit telapak kaki
Menambah perasaan suka pada alam ini

Kupandangi kaki langit yang kemerahan
Terasa indah di pandang mata
Kurasa sinar mentari indah inilah
Yang menyatukan langit biru dan laut luas

Kata Baru
pu.i.si
  1. n ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait
  2. n gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman hidup dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024