1. Dengan menyajikan artikel tentang upaya peningkatan persatuan dan kesatuan, siswa mampu menelaah dan mengidentifikasi upaya peingkatan persatuan dan kesatuan dalam kaitannya dengan pengamalan sila dalam Pancasila
2. Dengan membuat poster, siswa mampu menganalisis dan menjelaskan perubahan budaya akibat modernisasi.
3. Dengan mengadakan musyawarah mufakat, siswa mampu menyajikan hasil telaah tentang peristiwa persatuan dan kesatuan dalam masyarakat.
Apa kabar anak sholeh dan sholehah ?
Semoga semuanya selalu dalam lindungan Allah SWT.
Sebelum
kita memulai pembelajaran daring hari ini, jangan lupa tetap melakukan
kegiatan yang biasa kita lakukan setiap harinya yaitu :
Mendengarkan tausiah, muraja'ah hafalannya, sholat dhuha minimal dua rakaat
dan selalu menjaga kebersihan agar kita selalu sehat dan terhindar dari segala penyakit.
Ayo Membaca
Modernisasi dan Budaya Masyarakat
Salah
satu ciri masyarakat modern adalah sikapnya yang lebih terbuka terhadap
sesuatu yang baru. Keterbukaan ini memberikan kesempatan kepada
masyarakat untuk menguji hal baru tersebut. Jika hal baru tersebut
sesuai dengan norma yang ada, maka hal baru tersebut dapat dengan mudah
diterima. Tetapi jika ada norma masyarakat yang tidak sesuai dengan hal
baru tersebut, masyarakat akan menolaknya, atau bisa menyesuaikannya.
Sikap
mental dan budaya suatu masyarakat sangat menentukan diterima atau
ditolaknya suatu perubahan sebagai bagian dari modernisasi. Sikap mental
yang dapat menjadi pendorong modernisasi antara lain adalah rajin,
tepat waktu, berani mengambil risiko, disiplin, bersaing, adil, jujur,
toleran, dan peduli lingkungan. Modernisasi memengaruhi masyarakat untuk
mempertahankan kebiasaan lamanya secara tradisi, menggantikannya, atau
menyesuaikannya.
Modernisasi akan memengaruhi
masyarakat yang akan mempertahankan budaya-budaya yang telah diturunkan
dari nenek moyangnya. Berkembangnya ilmu pengetahuan dapat digunakan
untuk menggali budaya-budaya untuk dipertahankan dan diperkaya. Melalui
inovasi, budaya masyarakat dapat dipertahankan menjadi budaya masa kini
dengan bantuan teknologi, misalnya melalui penyebaran informasi ke
seluruh dunia dan melalui pameran-pameran budaya. Budaya daerah pun
dapat dimodifikasi menjadi sesuatu yang lebih masa kini tanpa
meninggalkan makna dan arti nilai-nilai dari budaya tersebut. Misalnya
seperti yang dilakukan pada Jember Fashion Carnaval (JFC) yang
melibatkan anak-anak muda untuk mengembangkan budaya daerahnya dalam
acara lokal yang bertaraf internasional. JFC digagas oleh salah satu
putra asli daerah, Dynand Fariz. Ia telah berhasil membuat mata
masyarakat nasional maupun internasional untuk mengarah ke Kabupaten
Jember. Sebelumnya, Kabupaten Jember hanya dikenal sebagai daerah
penghasil tembakau. Kehidupan agraris masyarakatnya ternyata tidak
menghalangi kreativitas warganya untuk mengembangkan daerahnya sebagai
salah satu kota wisata fesyen di Indonesia. Dynand bercita-cita
menjadikan Jember sebagai Kota Karnaval tingkat dunia.
Judul : Berkunjung Ke Observatorium Boscha
Pengarang : Diana Karitas
Bagaian Awal : Rombongan siswa kelas VI sekolah Rima mengunjungi Observatorium Boscah di Lembang, Bandung, Jawa Barat.
Bagian
tengah : Di dalam observatorium mereka mendengan suara seseorang
menangis. Ternyata Agatha teman satu sekolah Rima tertinggal dari
rombongan.
Bagian AKhir : Sambil menunggu Kak Yani menghubungi
rombongan. Rima membagi minumannya agar Agatha tenang. Rima bersyukur
karena diperingatkan peristiwa ini.
Anak
anak yang sholeh dan sholehah, hari ini kita akan belajar Tema 9
Subtema 2 Pembelajaran 3 dan 4, silakan simak video berikut ini :
Setelah membaca teks diatas, kerjakanlah Latihan berikut ini :
Hari/Tanggal : Selasa, 19 Maret 2024 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS Bab 6 : Indonesia Kaya Budaya 2. Pend. Pancasila : Negaraku 4. Bahasa Indonesia : Satu Titik Capaian Pembelajaran IPAS 1. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. 2.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital. Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/a...
Hari/Tanggal : Jum'at, 17 Mei 2024 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS BAB 6 : Kegiatan ekonomi masyarakat Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Apa kabar anak sholih sholihah......... Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya.... Anak sholih sholihah tujuan pembelajaran yang akan dicapai adalah peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-enis usaha dalam bidang ekonomi 1. Negara yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya di bidang pertanian disebut negara ......
Hari/Tanggal : Kamis, 16 Mei 2024 Muatan Pembelajaran : 1. Matematika : Pecahan Capaian Pembelajaran Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan ( number sense ) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesai...
Komentar
Posting Komentar