SOAL BAHASA INDONESIA
I.
Berilah tanda
silang (X) pada salah satu jawaban A, B, C, atau D yang dianggap paling benar
pada lembar jawaban yang disediakan!
1.
Bacalah teks
berikut ini!
Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk
melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jenis tumbuhan yang
banyak mengandung sumber energi perlu dikonsumsi setiap hari. Ada beragam
jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, jagung, dan
umbi-umbian.
|
Makna kata bergaris bawah pada teks tersebut adalah ....
A.
pekerjaan
B.
kegiatan
C.
rutinitas
D.
pergerakan
2.
Bacalah teks
berikut ini!
Manusia membutuhkan jenis makanan yang
mengandung vitamin. Vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan dan melindungi
tubuh kita dari serangan berbagai penyakit.
|
Sinonim kata bergaris bawah pada teks tersebut adalah ....
A.
menutupi
B.
memelihara
C.
menolong
D.
memengaruhi
3.
Bacalah teks
berikut ini!
Belanda mula-mula datang ke Makassar untuk membeli
rempah-rempah. Semakin lama sikap orang-orang Belanda semakin mencurigakan.
Mereka melakukan monopoli perdagangan. Sikap ini tidak disukai masyarakat
Makassar. Oleh karena itu, Sultan Hasanuddin beserta rakyat bermaksud mengusir
Belanda.
|
Antonim kata bergaris bawah pada teks tersebut adalah ....
A.
mengabaikan
B.
mengadakan
C.
mengundang
D.
melawan
4.
Bacalah teks
berikut ini!
Bulu bebek tidak pernah basah meskipun ia
berenang dan menyelam. Hal itu karena bulunya memiliki kelenjar minyak.
Lapisan minyak berguna untuk membuat suhu tubuh bebek tetap hangat di malam
hari.
|
Informasi yang terdapat dalam teks tersebut adalah ....
A.
Lapisan minyak membuat bebek tetap hangat
sepanjang hari
B.
Meskipun terkena air, bulu bebek tidak pernah
basah karena adanya kelenjar minyak.
C.
Pada saat berenang, bebek tidak pernah merasa
kedinginan.
D.
Suhu tubuh bebek selalu stabil karena adanya
kelenjar minyak pada bulunya.
5.
Bacalah teks
berikut ini!
(1) Memasuki arus globalisasi, beberapa hal
terkait IPTEK yang semakin canggih menjadi boomerang bagi masyarakat
Indonesia. (2) Sebagai contoh, saat ini kecanggihan koneksi internet yang
semakin mudah diakses bisa menjadi ancaman bagi anak-anak. (3) Wajib
diwaspadai bagi para orang tua khususnya. (4) Hal tersebut dikarenakan
mudahnya akses internet yang akhir- akhir ini sering disalahgunakan.
|
Kalimat utama teks tersebut terdapat pada kalimat ....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
6.
Perhatikan teks
berikut!
Teks 1
Kapal laut merupakan alat transportasi
melalui jalur laut. Fungsi kapal laut untuk mengangkut barang dan penumpang
dari satu wilayah ke wilayah lain. Para penumpang memilih naik kapal laut
karena ongkosnya murah.
|
|
Teks 2
Pesawat terbang berfungsi sebagai alat
transportasi antarwilayah untuk mengangkut penumpang atau barang. Alat
transportasi tersebut melalui jalur udara. Ongkos naik pesawat terbang lebih
mahal dari pada alat transportasi lain.
|
Persamaan
isi kedua teks tersebut adalah ....
A.
jalur
transportasi
B.
besarnya
ongkos
C.
nama
alat transportasi
D.
fungsi
alat transportasi
7.
Perhatikan teks
berikut ini!
Indonesia
adalah negara kepulauan yang terletak di garis Khatulistiwa. Indonesia
memiliki dataran tinggi, dataran rendah, dan perairan.
Dataran
rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian 0-200 m di atas permukaan
laut. Hampir semua ibu kota propinsi di Indonesia terletak di dataran rendah.
Tumbuhan di dataran rendah adalah padi, palawija, dan tebu.
Wilayah
pantai termasuk dataran rendah. Indonesia memiliki banyak pantai karena
negara kita terdiri atas ribuan pulau. Tumbuhan di wilayah pantai adalah
kelapa, bakau, dan ganggang.
Dataran
tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 m di atas
permukaan laut. Beberapa dataran tinggi di Indonesia adalah dataran tinggi
Dieng (Jawa Tengah), dataran tinggi Malang dan dataran tinggi Tengger (Jawa
Timur), dataran tinggi Alas (Aceh), dan dataran tinggi Bone (Sulawesi
Selatan). Jenis tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kopi, cengkeh,
buah-buahan, dan sayuran.
|
Pokok pikiran masing-masing paragraf pada teks di atas yang benar adalah
....
|
Paragraf
|
Pokok Pikiran
|
A.
|
I
|
Perairan di seluruh wilayah Indonesia
|
B.
|
II
|
Perbedaan dataran rendah dan dataran tinggi
|
C.
|
III
|
Jumlah pantai di Indonesia
|
D.
|
IV
|
Pengertian dataran tinggi
|
Untuk menjawab soal nomor 7 – 8, bacalah teks cerita berikut!
Siang
hari itu suasana di hutan sangat terik. Tempat tinggal si Kancil, Gajah, dan
lainnya seakan terbakar. Kancil
kehausan. Dia berjalan-jalan mencari air.
Di
tengah perjalanan dia melihat kolam dengan air yang sangat jernih. Tanpa
pikir panjang dia langsung terjun ke dalam kolam. Tindakan Kancil sangat
ceroboh, dia tidak berpikir bagaimana cara ia naik ke atas. Beberapa kali
Kancil mencoba untuk memanjat tetapi ia tidak bisa sampai ke atas.
Si
Kancil tidak bisa berbuat apa-apa. Ia hanya berteriak meminta tolong.
Teriakan si Kancil ternyata terdengar
oleh Si Gajah yang kebetulan melewati tempat itu. ‘’Hai, siapa yang ada di
kolam itu?’’
‘’Aku..
si Kancil sahabatmu.’’ Kancil terdiam sesaat mencari akal agar Gajah mau menolongnya.
‘’Tolong
aku mengangkat ikan ini.’’
“Yang
benar kau mendapat ikan?’’
‘’Bener..benar!
Aku mendapatkan ikan yang sangat besar.’’
Gajah
berpikir sejenak. Bisa saja ia turun ke bawah dengan mudah tetapi bagaimana
jika naiknya nanti.
‘’Kau
mau memanfaatkanku, ya Cil?’’ Kau akan menipuku untuk kepentingan dan
keselamatanmu sendiri?’’ Tanya Gajah. Kancil
hanya terdiam.
‘’Sekali-kali
kamu harus diberi pelajaran,’’ kata Gajah sambil meninggalkan tempat itu.
Gajah
tidak mendengarkan teriakan Kancil. Kancil mulai putus asa. Semakin lama
berada di tempat itu Kancil mulai merasa kedinginan. Hingga menjelang sore
tidak ada seekor binatang yang mendengar teriakannya.
‘’Aduh
gawat! Aku benar-benar akan kaku di tempat ini.’’ Dia berpikir apa ini karma
karena dia sering menjaili teman-temannya.Tidak lama, tiba-tiba Gajah muncul
lagi. Kancil meminta tolong kembali.
“Bagaimana
Cil?”
“Tolong
aku, aku berjanji tidak akan iseng lagi”
“Janji?”
gajah menekankan.
‘’Sekarang
apakah kamu sudah sadar? Dan akan berjanji tidak akan menipu, jahil, iseng
dan
perbuatan
yang merugikan binatang lain?’’
‘’Benar
Pak Gajah, saya benar-benar berjanji.’’ Gajah menjulurkan belalainya yang
panjang
untuk menangkap
Kancil dan mengangkatnya ke atas. Begitu sampai di atas Kancil berkata.
‘’Terima
kasih Pak Gajah! Saya tidak akan pernah melupakan kebaikanmu ini.’’
Sejak
itu Kancil menjadi binatang yang sangat baik. Ia tidak lagi berbuat iseng
seperti yang pernah ia lakukan pada
beruang dan binatang-binatang yang lainya.
Memang
kita harus berhati-hati kalau bertindak. Jika tidak hati-hati akan celaka.
Jika kita hati-hati kita akan selamat. Bahkan bisa menyelamatkan orang lain.
|
8.
Bagian cerita yang berisi pengenalan tokoh,
latar, dan watak adalah ....
A.
Memang kita harus berhati-hati kalau bertindak. Jika
tidak hati-hati akan celaka. Jika kita hati-hati kita akan selamat. Bahkan bisa
menyelamatkan orang lain.
B.
Gajah tidak mendengarkan teriakan Kancil. Kancil mulai
putus asa. Semakin lama berada di tempat itu Kancil mulai merasa kedinginan.
Hingga menjelang sore tidak ada seekor binatang yang mendengar teriakannya.
C.
Di tengah perjalanan dia melihat kolam dengan air yang
sangat jernih. Tanpa pikir panjang dia langsung terjun ke dalam kolam. Tindakan
Kancil sangat ceroboh, dia tidak berpikir bagaimana cara ia naik ke atas.
Beberapa kali Kancil mencoba untuk memanjat tetapi ia tidak bisa sampai ke
atas.
D.
Siang hari itu suasana di hutan sangat terik. Tempat
tinggal si Kancil, Gajah, dan lainnya
seakan terbakar. Kancil kehausan. Dia berjalan-jalan mencari air.
9.
Peristiwa pada cerita yang menjadikan tokoh
si Kancil menjadi lebih baik adalah ....
A.
Kancil mulai putus asa. Semakin lama berada di tempat
itu Kancil mulai merasa kedinginan. Hingga menjelang sore tidak ada seekor
binatang yang mendengar teriakannya.
B.
Gajah menjulurkan belalainya yang panjang untuk
menangkap Kancil dan mengangkatnya ke atas.
C.
Kancil terdiam sesaat mencari akal agar Gajah mau menolongnya.
D.
Si Kancil tidak bisa berbuat apa-apa. Ia hanya
berteriak meminta tolong.
Untuk menjawab soal nomor 9-14 perhatikan
teks drama berikut!
Candra
|
:
|
“Andaikan
keadaan rumahku tidak seperti ini, tentu aku tidak akan mendapat masalah.”
|
Rusdi
|
:
|
“Ada
apa, Can? Katakanlah, mungkin aku dapat membantumu! Ayolah, bicara saja!”
|
Candra
|
:
|
“Begini
Rus, aku belum membayar buku karena orang tuaku belum mempunyai uang untuk
melunasi. Padahal aku sudah berjanji hari ini akan melunasi.”
|
Rusdi
|
:
|
“Begini
... Kita harus berani! Nanti kita berdua menghadap kepala sekolah setelah
pelajaran selesai, kemudian kita ceritakan yang sejujurnya tentang keadaanmu.
Bagaimana?”
|
Candra
|
:
|
“Ya,
itu ide yang baik sekali. Terima kasih, Rus.”
|
10. Bagaimana
kondisi Candra sebelum mendapat saran dari Rusdi?
A. kacau
B. risau
C. bimbang
D. marah
11.
Mengapa Candra mengatakan “Ya, itu ide yang
baik sekali.” pada akhir teks?
A. Rusdi meminta Candra untuk berkata jujur.
B. Rusdi berjanji akan membantu Candra untuk melunasi buku.
C. Kepala sekolah membebaskan uang buku Candra.
D.
Rusdi menemukan jalan keluar yang baik.
12. Sikap tokoh Rusdi dalam teks drama tersebut
adalah ....
A.
penyayang
B.
lembut
C.
tegas
D.
penolong
13.
Amanat yang terkandung dalam teks drama
tersebut adalah ....
A.
Hendaknya kita peduli kepada teman yang sedang kesulitan.
B.
Agar tidak menyerah dalam menghadapi kesulitan.
C.
Agar saling membantu antaranggota keluarga.
D. Bantulah teman, tapi tidak melampaui kemampuan diri.
14. Latar tempat pada teks drama tersebut adalah
....
A.
di rumah
B.
di lapangan
C.
di sekolah
D.
di jalan
15. Tokoh utama dalam teks drama tersebut adalah
....
A.
Candra
B.
Rusdi
C.
Kepala sekolah
D.
Orang tua
16.
Bacalah teks
berikut!
Bagas dan Rizki berteman sangat akrab. Mereka
saling menghargai. Bagas dan Rizki tidak pernah berselisih. Mereka saling
membantu jika ada kesulitan.
|
Tema cerita tersebut adalah ....
A.
peristiwa
B.
kegiatan
C.
kegemaran
D.
persahabatan
17.
Bacalah teks cerita
berikut!
Dalam
keadaan perut kosong, Si
Tupai berusaha mencari makanan. Ia melompat dari satu pohon ke pohon yang
lain. Ia tiba di sebuah pohon kelapa. Ia melihat pohon kelapa tersebut
berbuah lebat. “Itu yang kucari,” kata si Tupai dalam hati.
|
Makna kata bergaris bawah pada teks cerita tersebut adalah ....
A.
kenyang
B.
lapar
C.
sakit perut
D.
kehausan
18.
Bacalah teks
berikut!
Hari Sabtu sore, Wawan dan Iwan berencana
berenang bersama. Mereka berjanji berangkat bersama dari rumah Wawan. Setelah
berjanji, mereka pulang ke rumah masing-masing. Sesampainya di rumah, Iwan
tertidur. Saat bangun, ia teringat akan janjinya. Iwan segera berganti
pakaian dan bergegas ke rumah Wawan. Akhirnya mereka berenang bersama dengan
gembira.
|
Nilai moral positif dari teks cerita tersebut adalah ....
A.
setelah berjanji ditinggal pergi
B.
sebuah janji boleh diingkari
C.
teringat janji setelah tidur
D.
berusaha menepati janji
19.
Perhatikan syair
berikut!
Adik kuberi baju kebaya
Warna baju putih bagai sutra
Adik tersenyum hati bahagia
Hilang sudah duka lara
|
Maksud syair di atas adalah ....
A.
adik
diberi baju agar bahagia
B.
membuat
baju untuk adik
C.
adik
tersenyum hati bahagia
D.
duka
dan lara hilang karena adik
20.
Perhatikan pantun
berikut!
Pohon cemara tampak berjajar
Tumbuh subur di tanah landai
Kawan jangan malas belajar
Kalau ingin jadi pandai
|
Pesan pantun tersebut adalah ....
A.
Tekunlah
belajar agar dapat mencapai cita-cita.
B.
Jika
ingin menjadi orang berilmu, belajarlah yang rajin.
C.
Orang
yang malas belajar akan menemui kegagalan.
D.
Kemalasan
akan menghambat belajar kita.
Komentar
Posting Komentar