Senin, 9 September 2024

 


Hari/Tanggal                              : Senin, 9 September 2024

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   KPK dan FPB

2. Bahasa Indonesia         : Buku Jendela Dunia

3. Seni Budaya                  : Menggambar Ekspresif


Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB.


CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Hari ini kita akan kembali melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan tujuan pembelajaran anak sholih sholihah dapat menentukan KPK dan FPB,  mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung, dan menggambar ekspresif

Matematika
 
SOAL CERITA KPK dan FPB 




Ayo Mencoba
1. Udin dan Beni berenang bersama-sama pada tanggal 8 Desember 2017. Udin berenang setiap 4 hari sekali, dan Beni setiap 5 hari sekali. Pada tanggal berapa mereka akan berenang bersama-sama untuk kedua kalinya?
Faktor dari 4 = 2 x 2 = 2²
Faktor dari 5 = 5
KPK = 2² x 5 = 4 x 5 = 20 hari
Jadi Udin dan Beni pada tanggal = 8 Desember 2017 + 20 hari = 28 Desember 2017


2. ayu mempunyai 24 permen coklat dan 45 permen susu. Permen tersebut akan dimasukan dalam plastik dengan isi yang sama. (a) Ada berapa plastik untuk permen tersebut? (b) Berapa permen coklat dan permen susu pada masing-masing plastik?
Faktorisasi dari 24 adalah 2³ x 3,
Faktorisasi dari 45 adalah 3² x 5,
FPB dari 24 dan 45 adalah 3.
Banyak plastik untuk permen tersebut ada 3 plastik
24 : 3 = 8
45 : 3 = 9
Tiap plastik berisi 8 permen coklat dan 9 permen susu,

Mudahnya, untuk membedakan penggunaan KPK dan FPB dalam soal adalah dengan melihat kalimat dari soal tersebut. Soal cerita yang harus diselesaikan dengan perhitungan FPB mempunyai ciri, yaitu:
  • Ada kata ‘paling banyak’ atau ‘sebanyak-banyaknya’ atau ‘jumlah yang sama’ atau sama rata.
  • Ada kata-kata dibagi atau dikelompokkan

Sementara itu, soal cerita yang harus diselesaikan dengan perhitungan KPK mempunyai cerita, yaitu:
  • Ada kata ‘setiap’ atau ‘sekali’ atau ‘bersama’ atau ‘bersama-sama.
  • Ada kata atau waktu yang menunjukkan jam, hari, dan tanggal, seperti bulan Juli, jam 9.00, dan seterusnya.

KERJAKAN SOAL CERITA BERIKUT DENGAN CARANYA!

1. Daffa berjalan-jalan setiap 4 hari sekali sedangkan Bella berjalan-jalan setiap 6 hari sekali.

 jika dafa dan bela berjalan-jalan pada 15 Juli 2024. Pada tanggal berapa mereka akan berjalan bersama-sama kembali untuk yang kedua kali?


2. Bu Ros memiliki 48 kue soes, 96 risoles, dan 60 lemper. Semuanya akan dimasukkan ke dus dengan jumlah setiap jenis kue sama banyak. Berapa dus terbanyak yang dibutuhkan Bu Ros?



BAHASA INDONESIA
Kalimat Langsung dan Tidak Langsung
Saat membaca teks “Kelinci Kecil dan Burung Pipit”, kalian akan menemukan dua jenis kalimat. Ada yang dituliskan dengan tanda baca berupa tanda petik “.....” dan ada yang tidak. Hal serupa dapat kalian temui dalam sebuah cerita dari buku atau majalah. Apakah makna kedua jenis kalimat tersebut? Bagaimana cara menuliskan kalimat dengan tepat?
Kelinci dan Burung
Kalimat Langsung 
Kalimat langsung adalah kalimat yang diucapkan langsung oleh  pembicara kepada orang yang dituju.

Contoh: 
  1. “Aku bosan,” jawab Kelinci Kecil.
  2. “Adi, tunggu!” panggilku.

Kalimat Tidak Langsung 
Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang mengutarakan kembali isi perkataan pembicara dalam bentuk kalimat berita.

Contoh:
  1. Kelinci Kecil mengatakan bahwa ia sedang bosan.
  2. Aku memanggil Adi agar menungguku.

Perubahan Kalimat Langsung menjadi Tidak Langsung
Perubahan kalimat langsung → kalimat tidak  langsung: Hal yang harus diperhatikan adalah perubahan kata ganti 
  1. Saya/Aku → Dia 
  2. Kami → Mereka
  3. Kamu → Saya
  4. Kalian/Kita → Kami

Perubahan kalimat tidak langsung → kalimat  langsung: Hal yang harus diperhatikan adalah:
  1. Perubahan subjeknya (kamu  menjadi saya atau aku, kalian  menjadi mereka);
  2. Tidak lagi menggunakan tanda petik ( “ )
  3. Dapat menambahkan kata “bahwa”.

Setelah membaca dan mendengarkan penjelasan dari guru, dapatkah kalian  menjelaskan ciri-ciri kalimat langsung dan tidak langsung? Berikan contoh kalimat langsung dan tidak langsung lainnya yang kalian dapati  pada teks “Kelinci Kecil dan Burung Pipit”.

Latihan
Ubahlah kalimat di bawah ini dari kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung  atau sebaliknya
No.Kalimat LangsungKlimat Tidak Langsung
1.Budi mengatakan, “Baju yang kupakai ini hadiah ulang tahunku.”Budi mengatakan bahwa baju yang ia pakai adalah hadiah ulang tahun untuknya.
2.Ayah berkata, “Rapikan dulu meja belajarmu sebelum kamu tidur!”Ayah menyuruhku merapikan meja belajar sebelum aku tidur.
3.“Kita harus selalu hidup jujur,” nasihat kakek kepada Tari.Kakek menasihati Tari agar selalu hidup jujur.
4.“Kapan buku ceritaku akan kamu kembalikan?” tanya Dion kepada Abi. Dion menanyakan kepada Abi kapan buku ceritanya akan dikembalikan Abi.
5.Ibu Guru berkata, “Jangan lupa untuk mengembalikan buku ke perpustakaan sebelum libur tiba.”Ibu Guru mengingatkan kami agar mengembalikan buku ke perpustakaan sebelum libur tiba.




SENI RUPA
Menggambar ekspresif adalah sebuah keterampilan seni yang memungkinkan kita untuk meng- ekspresikan perasaan, ide, atau cerita melalui gambar. Prinsip keseimbangan memiliki peran penting dalam proses menggambar ekspresif, karena dapat memberi ketegasan dan keindahan pada gambar tersebut. Menggambar ekspresif dengan prinsip keseimbangan akan memberikan kepuasan dalam mengungkapkan perasaan dan imajinasi kita. Mari kita pelajari cara melakukannya.

Ragam hias di Indonesia mencerminkan kekayaan budaya dan sejarah panjang yang mengakar dalam setiap aspek kehidupan masyarakat. Dari sabang hingga merauke, pulau- pulau di kepulauan Indonesia memamerkan keragaman ragam hias yang unik dan menarik. Ragam hias adalah seni dekoratif yang mempercantik benda atau permukaan dengan pola, bentuk, dan warna. Lebih dari sekadar ornamen, ragam hias juga menyampaikan makna budaya dan nilai-nilai melalui bahasa visual. Seni ini terdapat dalam berbagai bentuk seperti batik, ukiran, arsitektur, dan seni lukis, menghubungkan masa lalu dan masa kini serta menggambarkan kreativitas manusia.

Limbah rumah tangga, seakan menjadi bagian tak terpisahkan dari rutinitas harian kita. Dari sisa makanan hingga kemasan produk, setiap aktivitas yang kita lakukan di dalam rumah menghasilkan berbagai jenis limbah. Selain memengaruhi lingkungan sekitar kita, limbah rumah tangga juga berpotensi merusak sumber daya alam dan mengancam keseimbangan ekosistem. Namun, apakah kita benar-benar menyadari betapa pentingnya mengelola limbah ini dengan bijak? Melalui pemahaman yang lebih mendalam, kita dapat menjalankan peran aktif dalam mengurangi dampak buruk limbah rumah tangga, menjaga kebersihan lingkungan, dan melindungi masa depan bumi yang kita tinggali.

Limbah kertas kerap kita temui karena kebutuhan kertas sangat tinggi. Akan tetapi, pernahkah kamu berpikir jika limbah kertas dapat dijadikan sebagai kerajinan? Seperti gambar di samping, bapak tersebut membuat kerajinan miniatur kapal dari limbah kertas. Memanfaatkan limbah kertas memiliki berbagai keuntungan mulai dari bahan yang mudah di dapatkan dan manfaat di lingkungan kita. Untuk itu, materi kali ini akan mengajak kamu untuk menciptakan karya seni dari kertas bekas

. Berikut ini contoh soal Sumatif Akhir Semester 2 Seni Rupa Kelas V

A. Pilihlah jawaban yang tepat!
1.Prinsip keseimbangan dalam seni rupa berfungsi untuk ….
A.membuat gambar terlihat rumit
B.menciptakan ketidakseimbangan visual
C.menyusun elemen-elemen agar terlihat seimbang dan harmonis
D.mengabaikan distribusi unsur-unsur dalam gambar
Pembahasan :
Jawab: C. Prinsip keseimbangan dalam seni rupa membantu menyusun elemen-elemen dalam gambar agar terlihat seimbang dan tidak terlalu berat di salah satu sisi, menciptakan harmoni visual.
2.Jenis ragam hias yang memanfaatkan motif tumbuhan seperti daun, bunga, dan cabang pohon disebut ragam hias ….
A.fauna
B.geometris
C.flora
D.figuratif
Pembahasan :
Jawab: C. Ragam hias flora menggunakan motif-motif tumbuhan untuk menghiasi benda atau permukaan.
3.Prinsip proporsi dapat mempengaruhi gambar objek tumbuhan dengan cara ….
A.prinsip proporsi tidak berpengaruh pada gambar objek tumbuhan
B.prinsip proporsi memengaruhi perubahan warna objek tumbuhan
C.prinsip proporsi membantu menciptakan tampilan yang akurat dan estetis pada gambar objek tumbuhan
D.prinsip proporsi hanya berkaitan dengan ukuran objek tumbuhan
Pembahasan :
Jawab: C. Prinsip proporsi membantu menyusun ukuran, bentuk, dan posisi bagian-bagian objek tumbuhan sehingga menciptakan gambar yang akurat dan menarik.
4.Ragam hias memiliki makna dan budaya karena ….
A.ragam hias hanya berfungsi sebagai dekorasi visual
B.ragam hias mengabaikan nilai budaya
C.ragam hias mencerminkan kreativitas tanpa makna
D.ragam hias mengandung simbol dan cerita yang mendalam dari budaya masyarakat
Pembahasan :
Jawab: D. Ragam hias bukan hanya ornamen semata, tetapi juga sarana untuk menyampaikan makna, cerita, serta nilai-nilai budaya.
5.Perhatikan gambar berikut!
SOal 5
Gambar di atas menggunakan prinsip ….
A.keseimbangan
B.kesatuan
C.keselarasan
D.irama
Pembahasan :
Jawab: A. Gambar tersebut menggunakan prinsip keseimbangan simetris.
6.Pola berangkai merupakan jenis pola ragam hias yang ....
A.menempatkan elemen dekoratif di sepanjang pinggiran
B.menciptakan tampilan yang acak tapi teratur
C.menggabungkan beberapa elemen yang berulang dalam urutan tertentu
D.digunakan untuk menghiasi tepian pakaian
Pembahasan :
Jawab: C. Pola berangkai adalah pola ragam hias yang menggabungkan beberapa elemen dekoratif dalam urutan tertentu sehingga membentuk pola yang terulang.
7.Motif kawung dalam batik Jawa mengandung makna filosofis tentang ....
A.gerakan dan dinamika
B.kesederhanaan dan kerukunan
C.hubungan antara manusia dan alam
D.keindahan dan simetri
Pembahasan :
Jawab: C. Motif kawung dalam batik Jawa melambangkan hubungan harmonis antara manusia dan alam. Bentuk lingkaran dan persegi empat menggambarkan manusia dan alam yang saling bergantung.
8.Alat yang tidak dibutuhkan dalam menggambar ragam hias flora dengan pola geometris adalah ….
A.pensil dan penghapus
B.krayon, pensil warna atau spidol
C.penggaris dan meja
D.kuas dan cat air
Pembahasan :
Jawab: B. Krayon, pensil warna, atau spidol adalah alat yang cocok untuk menggambar ragam hias flora dengan pola geometris karena mereka memberikan warna dan variasi yang diperlukan.
9.Stilasi motif fauna dalam ragam hias mengandalkan pengurangan bentuk hewan yang lebih rumit menjadi bentuk ....
A.lebih sederhana dan tidak dikenali
B.lebih dinamis dan tidak simetris
C.lebih abstrak dan tidak beraturan
D.lebih sederhana tapi masih mempertahankan ciri khas
Pembahasan :
Jawab: A. Proses stilasi melibatkan pengurangan bentuk hewan atau objek yang lebih rumit menjadi bentuk yang lebih sederhana dan tidak dikenali, tetapi masih mempertahankan ciri khasnya.
10.Perhatikan gambar berikut!
Soal 10
Ragam hias tersebut menggunakan motif….
A.flora
B.fauna
C.figuratid
D.geometris
Pembahasan :
Jawab: D. Gambar pada soal memperlihatkan ragam hias yang menggunakan motif geometris. Dapat dilihat dari unsur bentuk, garis, dan titik yang digunakan.


KESIMPULAN 
Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar , pada pembelajaran MTK dengan materi menentukan KPK dan FPB, masih ada 5 peserta didik yang belum memahami cara menentukan KPK dan FPB. untuk pemlajaran Bahasa Indonesia, dari 4 kelompok, masih ada 1 kelompok yang belum memahami tentang kalimat langsung dan tidak langsung.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024