Kamis, 26 September 2024
HARI/TANGGAL : KAMIS, 26 SEPTEMBER 2024
KEGIATAN PEMBELAJARAN : P5 ( PROJEK PENGUATAN PROFIL
PELAJAR PANCASILA )
TEMA : KEWIRAUSAHAAN
JUDUL : Karya Cipta Sampah Kita
MEDIA/ALAT DAN BAHAN : Kardus, kertas batik, krayon, lem
tembak
TUJUAN KEGIATAN P5
● Membentuk karakter Pelajar Pancasila (beriman dan bertaqwa, gotong royong, dan mandiri, dan kreatif)
Peserta didik dapat mengolah bahan bekas menjadi berdaya guna dan bernilai● Peserta didik mampu menjalin interaksi sosial yang positif dalam lingkungan sekolah.● Peserta didik terbiasa bekerja bersama dalam melakukan kegiatan dengan kelompok (melibatkan dua atau lebih orang)● Peserta didik berani mencoba, tidak mudah menyerah saat mendapatkan tantangan dan adaptif dalam situasi baru.● Peserta didik dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/perasaannya dalam bentuk karya dan atau Tindakan sederhana serta mengapresiasi karya dan Tindakan yang dihasilkan
● Peserta didik berani bertanya untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap diri dan lingkungannya.
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat dari bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.
Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.
Tujuan Pembelajaran :
-Peserta didik dapat membuat/mendaur ulang botol, kardus bekas menjadi karya yang memiliki nilai jual
Tujuan Pembelajaran hari ini adalah peserta didik dapat menjelaskan bahaya sampah, dan membuat karya dari bahan bekas (kardus, botol,sedotan plastik,dll.)
Sekarang perhatikan cara dan membuat kipas dari bahan kardus bekas berikut ini!
ayo berkereasi ..........
Alhamdulillah kegiatan P5 hari ini berjalan dengan lancar. Peserta didik antusias mengikuti kegiatan P5, yaitu mewarnai gambar batik. Pada kegiatan P5 ini, sudah muncul dimensi beriman dan bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa, kemandirian, dan kreatifitas, hal ini terbukti dari hasil yang sudah mereka selesaikan.
Komentar
Posting Komentar