Selasa, 10 September 2024
Hari/Tanggal : Selasa, 10 September 2024
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Ekosistem yang Harmonis
2. Bahasa Indonesia :Buku Jendela Dunia
3. Pend. Pancasila : sila pancasila
Capaian Pembelajaran IPAS
1. Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik memahami hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
1. Elemen Membaca
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PANCASILA
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
A. tanaman
B. hewan karnivora
C. hewan omnivora
D. hewan predator
A. keseimbangan ekosistem
B. ketidakseimbangan ekosistem
C. hewan memiliki banyak makanan
D. tumbuhan kekurangan air
A. belalang bertambah
B. ular meningkat
C. tanaman bertambah
D. elang meningkat
No | Peristiwa |
---|---|
1 | Gunung yang meletus |
2 | Perburuan liar |
3 | Reboisasi |
4 | Alih fungsi lahan pertanian |
5 | Penggunaan pestisida secaraa berlebihan |
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
Sayur → siput → katak → ular
Permintaan ekspor katak sawah untuk dijadikan makanan semakin banyak sehingga banyak terjadi perburuan katak sawah. Akibat dari peristiwa tersebut yaitu ....
A. populasi siput berkurang
B. populasi sayur berkurang
C. populasi ular bertambah
D. populasi cacing bertambah
Kelinci Kecil dan Burung PipitSuatu hari kaki Kelinci Kecil kakinya terantuk batu saat akan mengambil timun di kebun Pak Rusa. Burung Pipit segera terbang menghampirinya dan menasehati agar Kelinci Kecil meminta izin dulu sebelum mengambil wortel.Burung Pipit menanyakan mengapa Kelinci Kecil berada di luar sarang. Padahal Pak Singa memerintahkan semua penghuni hutan tinggal di sarang masing-masing. Kelinci Kecil merasa bosan karena sudah dua minggu berdiam di sarang.Ibunya mengatakan bahwa hanya induk-induk binatang yang boleh keluar untuk mencari makanan. Tidak ada yang boleh bersentuhan dengan binatang lain dan harus menjaga jarak dan kebersihan supaya tidak tertular penyakit. Namun kelinci kecil tidak mengacuhkannya.Burung pipit meminta Kelinci Kecil segera pulang dan meminta maaf pada Ibumunya. Kelinci Kecil bergegas pulang dan berjanji dalam hati tidak akan mengulangi perbuatan ini lagi.
Kesimpulan
Kegiatan belajar hari ini lancar, peserta didik dapat memahami peran manusia dalam menjaga keseimbangan ekosistem dengan baik
Komentar
Posting Komentar