Selasa, 10 September 2024

 


Hari/Tanggal                              : Selasa, 10 September 2024

Muatan  Pembelajaran              :  

1. IPAS                              Ekosistem yang Harmonis

2. Bahasa Indonesia         :Buku Jendela Dunia

3. Pend. Pancasila            : sila pancasila

Capaian  Pembelajaran IPAS

1. Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

1. Elemen Membaca

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

CAPAIAN PEMBELAJARAN  PANCASILA

Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....

    Tujuan pembelajaran hari ini  peserta didik dapat menjelaskan peran manusia dalam menjaga keseimbangan ekosistem, memahami kalimat langsung dan kalimat tidak langsung, dan menjelaskan makna sila-sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari

IPAS




Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!

Soal No.1
Proses makan dan dimakan dapat mengendalikan populasi makhluk hidup agar tetap seimbang. Hewan herbivora akan mengontrol perkembangan populasi...
A. tanaman
B. hewan karnivora
C. hewan omnivora
D. hewan predator

Soal No.2
Suatu organisme yang pertumbuhannya menjadi tidak terkendali akan menyebabkan. . .
A. keseimbangan ekosistem
B. ketidakseimbangan ekosistem
C. hewan memiliki banyak makanan
D. tumbuhan kekurangan air

Soal No.3
Perhatikan gambar di bawah!
Apabila populasi tikus berkurang, maka menyebabkan populasi....
A. belalang bertambah
B. ular meningkat
C. tanaman bertambah
D. elang meningkat

Soal No.4
Perhatikan tabel berikut!
NoPeristiwa
1Gunung yang meletus
2Perburuan liar
3Reboisasi
4Alih fungsi lahan pertanian
5Penggunaan pestisida secaraa berlebihan
Gangguan pada ekosistem dapat terjadi akibat ulah manusia. Kegiatan manusia yang dapat menimbulkan gangguan pada ekosistem ditunjukkan oleh nomor....
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5

Soal No.5
Perhatikan rantai makanan berikut!
Sayur → siput → katak → ular

Permintaan ekspor katak sawah untuk dijadikan makanan semakin banyak sehingga banyak terjadi perburuan katak sawah. Akibat dari peristiwa tersebut yaitu ....
A. populasi siput berkurang
B. populasi sayur berkurang
C. populasi ular bertambah
D. populasi cacing bertambah




BAHASA INDONESIA

Kelinci dan Burung

Kreativitas
Ceritakan kembali teks “Kelinci Kecil dan Burung Pipit” dengan bahasa kalian sendiri. Kalian dapat membuatnya dalam bentuk dialog dengan teman kalian di depan kelas dengan menggunakan kalimat langsung atau menceritakannya kembali dengan kalimat tidak langsung.
Kelinci Kecil dan Burung Pipit
Suatu hari kaki Kelinci Kecil kakinya terantuk batu saat akan mengambil timun di kebun Pak Rusa. Burung Pipit segera terbang menghampirinya dan menasehati agar Kelinci Kecil meminta izin dulu sebelum mengambil wortel. 

Burung Pipit menanyakan mengapa Kelinci Kecil berada di luar sarang. Padahal Pak Singa memerintahkan semua penghuni hutan tinggal di sarang masing-masing. Kelinci Kecil merasa bosan karena sudah dua minggu berdiam di sarang.

Ibunya mengatakan bahwa hanya induk-induk binatang yang boleh keluar untuk mencari makanan. Tidak ada yang boleh bersentuhan dengan binatang lain dan harus menjaga jarak dan kebersihan supaya tidak tertular penyakit. Namun kelinci kecil tidak mengacuhkannya. 

Burung pipit meminta Kelinci Kecil segera pulang dan meminta maaf pada Ibumunya. Kelinci Kecil bergegas pulang dan berjanji dalam hati tidak akan mengulangi perbuatan ini lagi. 


 Kesimpulan 

Kegiatan belajar hari ini lancar, peserta didik dapat memahami peran manusia dalam menjaga keseimbangan ekosistem  dengan baik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024