Jumat, 20 September 2024

 


Hari/Tanggal                              : Jumat,  September 2024

Muatan  Pembelajaran              :  

1. IPAS                              : Harmoni Ekosistem

2. PAK                               : Jujur

Capaian  Pembelajaran IPAS

A.     CAPAIAN PEMBELAJARAN

Ø  Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem.

PAK ( Pendidikan Anti Korupsi)

Wawasan: Memahami manfaat perilaku hidup jujur untuk diri pribadi dan sosial

Ketrampilan: Mengimplementasikan perilaku hidup jujur 

Sikap Sosial : Meyakini manfaat perilaku hidup jujur dalam kehidupan sehari-hari




Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengerjakan soal sumatif IPAS tentang ekosistem yang harmonis dengan baik dan menjelaskan makna jujur.

 Perhatikan pengelompokkan hewan berikut!
  1. karnivora
  2. herbivora
  3. omnivora
  4. kanibal
Pada sebuah rantai makanan terdapat konsumen tingkat 1. Hewan yang termasuk konsumen tingkat 1 ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4

Soal No.3
Perhatikan gambar rantai makanan berikut!
Makhluk hidup yang berperan sebagai konsumen tingkat 2 pada rantai makan di atas yaitu ....
A. tanaman
B. tikus
C. ular
D. elang

Soal No.4
Perhatikan gambar rantai makanan berikut!
Makhluk hidup yang berperan sebagai konsumen tingkat 1 pada rantai makan di atas yaitu ....
A. tanaman apel
B. rusa
C. singa
D. jamur

Soal No.5
Perhatikan rantai makan berikut!
Bunga → Kupu-kupu → Katak → ular

Berikut pernyataan yang benar tentang rantai makanan di atas yaitu ....
A. bunga dapat berfotosintesis
B. katak mendapat energi dari ular
C. ular berperan sebagai pengurai
D. kupu-kupu merupakan puncak rantai makanan

Soal No.6
Makhluk hidup yang dapat memproduksi makanannya sendiri disebut . . .
A. produsen
B. konsumen tingkat 1
C. konsumen tingkat 2
D. pengurai

Soal No.7
Perhatikan gambar di bawah!
Hewan yang tepat untuk mengisi rantai makanan di atas yaitu ....
A. rusa
B. katak
C. jerapah
D. singa

Soal No.8
Makhluk hidup yang bertugas menguraikan senyawa organik (bangkai, daun busuk, dan sebagainya) menjadi nutrisi yang tersimpan dalam tanah disebut ....
A. predator
B. produsen
C. dekomposer
D. konsumen


Perhatikan gambar di bawah!
Pernyataan berikut yang tepat sesuai dengan piramida makanan di atas yaitu ....
A. energi pada kelinci lebih sedikit dari ular
B. energi pada kelinci lebih sedikit dari tanaman
C. energi pada elang lebih banyak dari ular
D. energi pada elang lebih banyak dari tanaman

Soal No.8
Buaya dan singa berada pada puncak piramida makanan. Kedua hewan ini berada pada tingkat trofik .....
A. Produsen
B. Konsumen tersier
C. Konsumen primer
D. Konsumen sekunder

Soal No.9
Perhatikan gambar di bawah!
Siswa kelas 5 melaksanakan percobaan agar lebih mudah memahami transfer energi pada jaring-jaring makanan. Berdasarkan gambar di atas, banyaknya batu pada toples yang berlabelkan konsumen 1 yaitu....
A. 10
B. 12
C. 14
D. 15

Soal No.10
Energi yang diambil dari tumbuhan oleh hewan, ternyata akan tersalurkan kembali ke tumbuhan melalui .....
A. buah yang dihasilkan
B. hewan yang melintas
C. nutrisi dalam tanah
D. air dalam tanah

Soal No.11
Perhatikan gambar di bawah!
Populasi hewan yang paling banyak pada piramida di atas yaitu ....
A. ayam
B. katak
C. belalang
D. burung elang

Soal No.12
Makhluk hidup mendapatkan energi dari makanan. Sebagian besar energi ini digunakan untuk ...
A. tidur
B. bergerak
C. disimpan
D. diberikan kepada hewan lain

Soal No.13
Perhatikan gambar di bawah!
Gambar piramida makanan di atas menunjukkan....
A. banyak populasi dalam hutan
B. banyak populasi dalam kebun
C. energi yang tersedia pada ekosistem danau
D. energi yang tersedia pada ekosistem laut

Soal No.14

Soal No.9
Perhatikan gambar rantai makanan di bawah!
Makhluk hidup yang berperan sebagai puncak rantai makanan yaitu ....
A. jangkrik
B. ular
C. elang
D. jamur

Soal No.10
Makhluk hidup yang memakan makhluk hidup lainnya disebut ....
A. produsen
B. konsumen
C. dekomposer
D. humus

Kesimpulan

Alhamdulillah kegiatan sumatif ke-2 ipas hari ini berjalan dengan lancar, dari 26 pesreta didik masih ada 6 peserta didik yang mendapat nilai di bawah KKTP. tindak lanjut akan dilaksankan remedial

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024