Jumat, 20 September 2024
Hari/Tanggal : Jumat, September 2024
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Harmoni Ekosistem
2. PAK : Jujur
Capaian Pembelajaran IPAS
A. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Ø Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik memahami hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem.
PAK ( Pendidikan Anti Korupsi)
Wawasan: Memahami manfaat perilaku hidup jujur untuk diri pribadi dan sosial
Ketrampilan: Mengimplementasikan perilaku hidup jujur
Sikap Sosial : Meyakini manfaat perilaku hidup jujur dalam kehidupan sehari-hari
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengerjakan soal sumatif IPAS tentang ekosistem yang harmonis dengan baik dan menjelaskan makna jujur.
Perhatikan pengelompokkan hewan berikut!
- karnivora
- herbivora
- omnivora
- kanibal
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4
Soal No.3
Perhatikan gambar rantai makanan berikut!Makhluk hidup yang berperan sebagai konsumen tingkat 2 pada rantai makan di atas yaitu ....A. tanaman
B. tikus
C. ular
D. elang
Soal No.4
Perhatikan gambar rantai makanan berikut!Makhluk hidup yang berperan sebagai konsumen tingkat 1 pada rantai makan di atas yaitu ....A. tanaman apel
B. rusa
C. singa
D. jamur
Soal No.5
Perhatikan rantai makan berikut!Bunga → Kupu-kupu → Katak → ular
Berikut pernyataan yang benar tentang rantai makanan di atas yaitu ....
A. bunga dapat berfotosintesis
B. katak mendapat energi dari ular
C. ular berperan sebagai pengurai
D. kupu-kupu merupakan puncak rantai makanan
Soal No.6
Makhluk hidup yang dapat memproduksi makanannya sendiri disebut . . .A. produsen
B. konsumen tingkat 1
C. konsumen tingkat 2
D. pengurai
Soal No.7
Perhatikan gambar di bawah!Hewan yang tepat untuk mengisi rantai makanan di atas yaitu ....A. rusa
B. katak
C. jerapah
D. singa
Soal No.8
Makhluk hidup yang bertugas menguraikan senyawa organik (bangkai, daun busuk, dan sebagainya) menjadi nutrisi yang tersimpan dalam tanah disebut ....A. predator
B. produsen
C. dekomposer
D. konsumen
Perhatikan gambar di bawah!Pernyataan berikut yang tepat sesuai dengan piramida makanan di atas yaitu ....
A. energi pada kelinci lebih sedikit dari ular
B. energi pada kelinci lebih sedikit dari tanaman
C. energi pada elang lebih banyak dari ular
D. energi pada elang lebih banyak dari tanaman
A. Produsen
B. Konsumen tersier
C. Konsumen primer
D. Konsumen sekunder
A. 10
B. 12
C. 14
D. 15
A. buah yang dihasilkan
B. hewan yang melintas
C. nutrisi dalam tanah
D. air dalam tanah
A. ayam
B. katak
C. belalang
D. burung elang
A. tidur
B. bergerak
C. disimpan
D. diberikan kepada hewan lain
A. banyak populasi dalam hutan
B. banyak populasi dalam kebun
C. energi yang tersedia pada ekosistem danau
D. energi yang tersedia pada ekosistem laut
A. jangkrik
B. ular
C. elang
D. jamur
A. produsen
B. konsumen
C. dekomposer
D. humus
A. energi pada kelinci lebih sedikit dari ular
B. energi pada kelinci lebih sedikit dari tanaman
C. energi pada elang lebih banyak dari ular
D. energi pada elang lebih banyak dari tanaman
Soal No.8
Buaya dan singa berada pada puncak piramida makanan. Kedua hewan ini berada pada tingkat trofik .....A. Produsen
B. Konsumen tersier
C. Konsumen primer
D. Konsumen sekunder
Soal No.9
Perhatikan gambar di bawah!Siswa kelas 5 melaksanakan percobaan agar lebih mudah memahami transfer energi pada jaring-jaring makanan. Berdasarkan gambar di atas, banyaknya batu pada toples yang berlabelkan konsumen 1 yaitu....A. 10
B. 12
C. 14
D. 15
Soal No.10
Energi yang diambil dari tumbuhan oleh hewan, ternyata akan tersalurkan kembali ke tumbuhan melalui .....A. buah yang dihasilkan
B. hewan yang melintas
C. nutrisi dalam tanah
D. air dalam tanah
Soal No.11
Perhatikan gambar di bawah!Populasi hewan yang paling banyak pada piramida di atas yaitu ....A. ayam
B. katak
C. belalang
D. burung elang
Soal No.12
Makhluk hidup mendapatkan energi dari makanan. Sebagian besar energi ini digunakan untuk ...A. tidur
B. bergerak
C. disimpan
D. diberikan kepada hewan lain
Soal No.13
Perhatikan gambar di bawah!Gambar piramida makanan di atas menunjukkan....A. banyak populasi dalam hutan
B. banyak populasi dalam kebun
C. energi yang tersedia pada ekosistem danau
D. energi yang tersedia pada ekosistem laut
Soal No.14
Soal No.9
Perhatikan gambar rantai makanan di bawah!Makhluk hidup yang berperan sebagai puncak rantai makanan yaitu ....A. jangkrik
B. ular
C. elang
D. jamur
Soal No.10
Makhluk hidup yang memakan makhluk hidup lainnya disebut ....A. produsen
B. konsumen
C. dekomposer
D. humus
Kesimpulan
Alhamdulillah kegiatan sumatif ke-2 ipas hari ini berjalan dengan lancar, dari 26 pesreta didik masih ada 6 peserta didik yang mendapat nilai di bawah KKTP. tindak lanjut akan dilaksankan remedial
Komentar
Posting Komentar