Rabu, 11 September 2024

 


Hari/Tanggal                              : Rabu, 11 September 2024

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   : KPK dan FPB

2. Bahasa Indonesia         : Buku Jendela Dunia

3. Pancasila                       : Gotong Royong


CP Matematika

Elemen Bilangan

Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB

CP BAHASA INDONESIA:

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. 

CP PANCASILA

Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga anak-anak bu guru dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Hari ini kita akan kembali melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan tujuan pembelajaran anak-anak dapat menyelesaikan soal cerita tentang KPK dan FPB,  mengenal kalimat langsung dan  kalimat tidak langsung, menjelaskan makna gotong royong

Matematika
menyelesaikan soal cerita tentang KPK dan FPB  





Contoh :

Bu Ros memiliki 48 kue soes, 96 risoles, dan 60 lemper. Semuanya akan dimasukkan ke dus dengan jumlah setiap jenis kue sama banyak. Berapa dus terbanyak yang dibutuhkan Bu Ros?

Soal cerita di atas berkaitan dengan FPB sehingga langkah penyelesaian pertama adalah membuat pohon faktor dari 48, 60, dan 96. Pohon faktor juga dapat dibuat dalam bentuk tabel dengan kolom paling kiri adalah bilangan prima pembaginya. Selesaikan pembagian sampai hasil akhirnya sama dengan 1.

Tabel soal 2, contoh soal FPB dan KPK kelas 5

Faktorisasi prima dari 48 = 2x4 x 3
Faktorisasi prima dari 60 = 2x2 x 3 x 5
Faktorisasi prima dari 96 = 2x5 x 3
FPB dari 48,60, dan 96 = 2x2 x 3 = 12

Jadi, dus terbanyak yang dibutuhkan Bu Gina adalah 12 buah.


Ayo Mencoba !
1. Hana mempunyai 20 kue berwarna merah dan 25 kue berwarna biru. Kue tersebut dibungkus kemudian dijual pada teman-temannya di sekolah.
Berapa banyak paket kue yang dapat dibuat Hana?

2. Amir kursus komputer setiap 3 hari, Rudi kursus komputer setiap 5 hari. Jika keduanya kursus bersama pada hari Senin, maka pada hari apakah mereka akan kursus bersama lagi?

3. Paus muncul ke permukaan laut setiap 12 menit. Lumba-lumba muncul ke permukaan laut setiap 15 menit. Keduanya muncul bersama pada pukul 10.30. Pukul berapakah keduanya akan muncul bersama lagi?

4. Pak Dio akan membagikan 48 buah pir dan 80 buah apel kepada sejumlah anak. Jika setiap anak memperoleh bagian yang sama, banyak anak yang akan menerima bagian tersebut paling banyak .... anak.


Bahasa Indonesia 
Kalimat Langsung dan kalimat tidak langsung

Contoh Kalimat Langsung

1. Ayah berkata, "Antarkan paket ini ke tempat jasa pengiriman!"

2. "Kak, kau dipanggil Ibu," kata Heni, "disuruh membeli makanan."


Contoh Kalimat Tidak Langsung

1. Ayah menyuruhku untuk mengantarkan paket ini ke tempat jasa pengiriman.

2. Heni mengatakan bahwa kakak dipanggil ibu untuk menyuruhnya membeli makanan.


Ubahlah kalimat berikut ini menjadi kalimat tidak langsung! 


1. "Ayo, anak-anak, duduk dengan rapi, ya!" ucap Bu Guru.

2. Budi mengatakan, “Baju yang kupakai ini hadiah ulang tahunku.”

3.  Ayah berkata, “Rapikan dulu meja belajarmu sebelum kamu tidur!”

4.  “Aku bosan,” jawab Kelinci Kecil.


5. “Adi, tunggu!” panggilku.



Kesimpulan
Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar, peserta didik dapat memahami cara menyelesaikan soal cerita tentang KPK dan FPB, dari 25 peserta, masih terdapat 5 peserta didik yang belum memahami dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Kamis, 16 Mei 2024

Jumat, 17 Mei 2024