Selasa, 29 April 2025
Hari/Tanggal : Selasa, 22 April 2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Bumiku Sayang Bumiku Malang
2. Bahasa Indonesia : Sayangi Bumi
3. Pendidikan Pancasila : Menghargai Keragaman
Media pembelajaran : Video/PPT, LKPD
Model Pembelajaran : PJBL, Kooperatif
Metode Pembelajaran : Simulasi/demonstrasi, Diskusi,
ceramah.
Capaian Pembelajaran IPAS
Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik merefleksikan bagaimana perubahan kondisi alam di permukaan bumi terjadi akibat faktor alam maupun perbuatan manusia, mengidentifikasi pola hidup yang menyebabkan terjadinya permasalahan lingkungan serta memprediksi dampaknya terhadap kondisi sosial kemasyarakatan, ekonomi.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
CP PANCASILA
Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
- Pola hidup konsumtif, seperti pembelian barang-barang yang tidak perlu, penggunaan energi yang berlebihan, dan pemborosan makanan, meningkatkan beban lingkungan.
- Penggunaan insektisida, pestisida, deterjen, dan bahan pembersih yang mengandung zat kimia berbahaya dapat mencemari tanah, air, dan udara, serta mengancam kesehatan manusia dan satwa liar.
- Pembuangan limbah plastik, limbah elektronik, dan sampah organik yang tidak dikelola dengan baik dapat mencemari tanah, air, dan udara, serta mengganggu ekosistem.
- Penebangan liar, pertambangan yang tidak bertanggung jawab, dan pengambilan sumber daya alam secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hutan, erosi tanah, dan pencemaran air.
- Asap kendaraan bermotor menjadi sumber utama pencemaran udara, terutama di daerah perkotaan.
- Penggunaan plastik sekali pakai dan kurangnya pengelolaan limbah plastik telah menyebabkan pencemaran lingkungan, terutama di lautan, dan berdampak pada kehidupan laut dan keseimbangan ekosistem.
- Asap pabrik, asap kendaraan bermotor, dan penggunaan bahan bakar fosil menyebabkan polusi udara yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan.
- Limbah industri, limbah rumah tangga, dan pestisida dapat mencemari sumber air, baik air permukaan maupun air tanah, sehingga mengancam kesehatan manusia dan ekosistem akuatik.
- Sampah plastik, limbah industri, dan bahan kimia berbahaya dapat mencemari tanah, mengurangi kesuburannya, dan merusak ekosistem daratan.
- Emisi gas rumah kaca dari kegiatan industri, transportasi, dan deforestasi menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim.
- Perusakan hutan, alih fungsi lahan, dan pencemaran lingkungan dapat mengganggu keseimbangan ekosistem, menyebabkan kepunahan spesies, dan mengancam keanekaragaman hayati.
- Mengurangi pemborosan, menggunakan barang yang dapat digunakan kembali, dan memilih produk yang ramah lingkungan.
- Memilah sampah, mengolah sampah organik menjadi kompos, dan menggunakan kembali barang yang masih dapat digunakan.
- Memilih sumber energi yang ramah lingkungan, seperti energi surya dan energi angin.
- Menggunakan sepeda, berjalan kaki, atau transportasi umum untuk mengurangi emisi gas buang.
- Tidak menebang pohon liar, mendukung program reboisasi, dan menghindari penggunaan produk kayu ilegal.
A. 1 dan 2 B. 1 dan 4 C. 2 dan 3 D. 3 dan 4
A. kualitas udara menurun B. pohon-pohon mudah tumbang
C. air laut menjadi tercemar D. pemukiman menjadi kumuh
No | Contoh Sampah |
---|---|
1 | Sisa makanan |
2 | Daun kelapa kering |
3 | Gelas Bambu |
4 | Sedotan plastik bekas |
A. 1 B. 2 C. 3 D. 4
A. mikroplastik B. hidrogen C. belerang D. nitrogen
A. zat plastik berada di tubuh sementara B. zat plastik mengendap di dalam tubuh
C. manusia sakit perut dan sembelit D. manusia sulit untuk bernapas
A. sulit didaur ulang B. mudah didaur ulang
C. sulit diuraikan D. mudah diuraikan
A. polybag B. kompos C. apotek hidup D. ronce
A. menumpuknya sampah di TPA B. selokan yang tersumbat sampah
C. curah hujan yang rendah D. sampah yang sulit diuraikan
A. reduce B. reuse C. recycle D. replace
A. reduce B. reuse
A. nilai ketuhanan
B. nilai musyawarah mufakat
C. nilai keadilan
D. nilai kemanusiaan
A. dua
B. tiga
C. empat
D. lima
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
Risky menunjukkan perilaku seperti pada gambar di atas. Dia selalu menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dalam berprilaku. Bagi Rizky, Pancasila merupakan . . .
A. identitas bangsa
B. pandangan hidup
C. hukum yang mengikat
D. ideologi bangsa
A. ideologi bangsa
B. identitas bangsa
C. jati diri bangsa
D. pandangan hidup
Komentar
Posting Komentar