Selasa, 15 April 2025


 


Hari/Tanggal                              : Selasa, 15 April 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. IPAS                              : Daerahku Kebanggaanku

2. Bahasa Indonesia         : Cinta Indonesia

3. Pendidikan Pancasila   : Menghargai Keragaman 

Media pembelajaran         : Video/PPT, LKPD   

Model Pembelajaran         : Discovery Learning, Snowball

Metode Pembelajaran       : Wawancara/observasi, Diskusi, 

                                             ceramah, presentasi,                                                                                                                                                     

Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

Keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

CP PANCASILA

Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.



Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik mengetahui produk unggulan daerah sekitar tempat tinggalnya, membaca skiming, dan mengidentifikasi keragaman budaya di Indonesia
    
  IPAS
    

Aktivitas ekonomi unggulan di Lampung didominasi oleh sektor pertanian, khususnya komoditas seperti padi, jagung, kopi, kelapa sawit, karet, dan kelapa, serta industri pengolahan yang mengolah hasil pertanian tersebut. 

Berikut adalah rincian aktivitas ekonomi unggulan di Lampung:
  • Pertanian:
    • Tanaman Pangan: Padi, jagung, ubi kayu. Lampung menjadi salah satu sentra penghasil padi di Indonesia. 
    • Perkebunan: Kelapa sawit, kopi, karet, kelapa, tebu, kakao, lada. 
    • Komoditas perkebunan Lampung menyumbang nilai ekspor yang tinggi. 
  • Industri Pengolahan:
    • Industri pengolahan hasil pertanian, seperti pengolahan kelapa sawit menjadi CPO, kopi, dan produk kelapa lainnya. 
  • Contoh Komoditas Unggulan di lampung:
    • CPO (Crude Palm Oil): Salah satu komoditas unggulan Lampung yang diekspor. 
    • Kopi Robusta: Lampung dikenal sebagai penghasil kopi robusta. 
    • Nanas Kaleng: Lampung juga memproduksi nanas kaleng untuk ekspor. 
    • Karet: Karet merupakan komoditas perkebunan penting di Lampung. 
    • Kelapa: Kelapa merupakan salah satu komoditas andalan utama Lampung. 

  • Kerjakan latihan berikut!

  • Soal No.1
  • 1. DKI Jakarta mempunyai salah satu produk unggulan berupa makanan yang unik. Makanan yang dimaksud yaitu. . .
    A. kerak telor
    B. dodol pandan
    C. sate bandeng
    D. batagor

    Soal No.2
    Perhatikan gambar di bawah!
    Makanan pada gambar di atas termasuk produk unggulan dari daerah. . .
    A. Riau
    B. Bali
    C. Jawa Barat
    D. Jawa Tengah

    Soal No.3
    Perhatikan tabel berikut!
    NoProduk
    1rendang
    2ramen
    3saxophone
    4gamelan
    Indonesia memiliki berbagai produk yang mendunia. Produk-produk tersebut ditunjukkan oleh nomor. . .
    A. 1 dan 2
    B. 2 dan 3
    C. 3 dan 4
    D. 1 dan 4

    Soal No.4
    Leni bangga dengan daerah tempat tinggalnya karena daerah tersebut memiliki tempat wisata taman nasional Way Kambas . Leni tinggal di daerah. . .
    A. Bandar Lampung
    B. Lampung Selatan
    C. Lampung Barat
    D. Lampung Timur

    Soal No.6
    Kripik pisang merupakan salah satu produk unggulan yang berasal dari Lampung. Banyak wisatawan membeli produk tersebut sebagai oleh-oleh. Manfaat dari adanya produk unggulan tersebut bagi masyarakat Lampung yaitu. . .
    A. alih lahan pertanian ke pabrik industri
    B. mempercepat produksi makanan sejenis
    C. meningkatkan lapangan pekerjaan
    D. banyak berdatangan pengusaha muda

    Soal No.6
    Perhatikan gambar di bawah!

  • Produk unggulan pada gambar di atas berasal dari 
  • Lampung. Produk tersebut dihasilkan oleh para penenun setempat. Produk unggulan tersebut bernama kain . .
    A. Tenun Ulos
    B. Tenun Tapis
    C. Tenun Songket
    D. Tenun Doyo

    Soal No.7
    Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing. Mulai dari keunikan makanan hingga hasil budaya. Salah satu cara untuk memajukan daerah-daerah yang penuh keunikan tersebut yaitu . .
    A. membeli dan menggunakan produk unggulan daerah
    B. mempromosikan produk hasil produksi luar negeri
    C. berlomba menjual produk daerah dengan harga mahal
    D. mendorong masyarakat menjadi pegawai negeri sipil

    Soal No.8
    Bakpia merupakan produk unggulan yang berasal dari daerah Yogyakarta. Makanan tersebut menjadi produk unggulan karena . . .
    A. rasanya enak dan harga mahal
    B. rasanya enak dan harga terjangkau
    C. hanya dijual untuk wisatawan
    D. warisan dari nenek moyang

    Soal No.9
    Rianto bangga dengan tanah kelahirannya. Di sana terdapat salah satu keajaban dunia yaitu Candi Borobudur. Rianto tinggal di daerah . . .
    A. Lampung
    B. DKI Jakarta
    C. Jawa Timur
    D. Jawa Tengah
       Soal No.10
       Berikut ini salah satu tujuan dari promosi produk unggulan yang ada daerah kita yaitu . .
A. agar disukai oleh orang
B. agar dikenal oleh orang
C. agar dihindari oleh orang
D. agar diberikan penghargaan
Bahasa Indonesia
A. Membaca Skiming



Bacalah teks






Pendidikan Pancasila
Keragaman di Indonesia

Ayo Mengamati
Amatilah peta persebaran kepadatan penduduk di Indonesia beriku.
Peta Indonesia
Ayo Mencoba
Berdasarkan peta di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
NoPertanyaanJawaban
1.Pulau manakah yang paling padat penduduknya di Indonesia?Pulau terpadat penduduknya adalah Pulau Jawa
2.Pulau manakah yang paling sedikit penduduknya di Indonesia?Pulau yang paling sedikit penduduknya adalah pulau Papua
3.Berapakah jumlah kepadatan penduduk provinsi lampung?Jumlah kepadatan penduduk Provinsi Lampung adalah 50 -100 orang per km²
4.Berapakah jumlah kepadatan penduduk provinsi Papua Barat?Jumlah kepadatan penduduk Provinsi Papua Barat adalah kurang dari 10 orang per km²
5.Berapakah jumlah kepadatan penduduk provinsi tempat tinggalmu?Kepadatan penduduk provinsi daerah tempat tinggalku lebih dari1.299 per km² (Jawa Tengah).

Ayo Mengamati
Wilayah Indonesia yang sangat luas dan berupa kepulauan telah mengakibatkan keberagaman penduduknya, salah satunya adalah keberagaman suku. Amatilah peta persebaran suku-suku bangsa yang ada di Indonesia.
Persebaran Suku Bangsa
Kamu telah mengamati dan memahami persebaran suku-suku bangsa di Indonesia melalui peta di atas. Sekarang sebutkan dan tunjukkan suku-suku yang mendiami pulau-pulau yang ada di Indonesia berikut.

Ayo Berlatih
Pasangkan antara pulau dengan suku bangsa yang tepat dengan menarik garis.
Suku dan Pulau asal
Ayo Berdiskusi
Selain keberagaman suku bangsa, Indonesia juga dianugerahi keberagaman agama. Saat ini ada 6 agama yang diakui oleh pemerintah untuk dianut oleh masyarakat, yakni Islam, Kristen, Katholik, Buddha, Hindu, dan Konghucu. Adapun Islam menjadi agama dengan jumlah pemeluk terbesar di Indonesia.Coba diskusikan dengan temanmu, daerah-daerah persebaran agama di Indonesia.Berilah tanda-tanda seperti berikut pada daerah-daerah di peta sesuai persebaran agamanya.
Peta Agama




 Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  

    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 



SEE YOU TOMORROW 
   

Kesimpulan 
Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan denga lancar. peserta didik semangat mengikuti pembelajaran. 
Pada mapel Ipas materi keunggulan daerahku, dari 25 peserta didik, masih terdapat 4 siswa yang belum memahami materi dengan baik, sehingga masih perlu dilakaukan remedial. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jumat, 17 Mei 2024

Rabu, 04 Desember 2024