Rabu, 30 April 2025
Hari/Tanggal : Rabu, 30 April 2025
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Keliling dan Luas Bangun Datar
2. Bahasa Indonesia : Sayangi Bumi
3. Pancasila : Keragaman Budaya di Indonesia
Model pembelajaran : PBL, Kooperatif
Metode Pembelajaran :Eksplorasi, diskusi kelompok , drill ceramah, tanya jawab Media Pembelajaran :Video/PPT
CP Matematika
Elemen : Pengukuran
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA :
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
CP PANCASILA :
Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
Assalamualaikum wr.wb.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menentukan luas dan keliling bangun datar dan gabungan bangun datar, menulis menemukan informasi pada sebuah pengumuman, dan mengidentifikasi keragaman di Indonesia
Matematika
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA :
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
CP PANCASILA :
Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
Assalamualaikum wr.wb.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menentukan luas dan keliling bangun datar dan gabungan bangun datar, menulis menemukan informasi pada sebuah pengumuman, dan mengidentifikasi keragaman di Indonesia
Matematika
Luas dan keliling Bangun Datar
Tentukan Keliling dan Luas bangun berikut
1. Tentukan luas dan keliling segitiga berikut!
2. Tentukan luas dan keliling persegi panjang berikut!
2. Tentukan luas dan keliling persegi panjang berikut!
3. Tentukan luas dan keliling persegi!
4.
6. Sebuah taman berbentuk persegi panjang, panjangnya 25 cm dan lebarnya 15 cm. setiap 2 m akan dipasang lampu hias. berapa lampu hias yang diperlukan untuk mengelilingi taman tersebut!
5. hitunglah luas gabungan bangun berikut!
6. Sebuah taman berbentuk persegi panjang, panjangnya 25 cm dan lebarnya 15 cm. setiap 2 m akan dipasang lampu hias. berapa lampu hias yang diperlukan untuk mengelilingi taman tersebut!
Pendidikan Pancasila
Makna persatuan dan kesatuan dalam Pancasila, khususnya dalam sila ketiga, adalah tentang pentingnya bersatu dan bekerja sama, meskipun memiliki perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa. Ini menciptakan kekuatan bangsa yang lebih besar dan mencegah perpecahan.
Berikut adalah beberapa poin penting tentang makna persatuan dan kesatuan dalam Pancasila:
- Sila ketiga, yang berbunyi "Persatuan Indonesia", menjadi dasar bagi persatuan bangsa Indonesia.
- Persatuan dan kesatuan menekankan pentingnya kebersamaan dan semangat kerja sama.
- Meskipun berbeda, setiap individu dan kelompok harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
- Persatuan dan kesatuan adalah pondasi utama bagi kekuatan dan keberlanjutan bangsa Indonesia.
- Contoh pengamalan sila ketiga di lingkungan sekolah adalah dengan menghargai perbedaan teman, bekerja sama dalam kelompok, dan menjaga lingkungan sekolah tetap bersih.
Soal Contoh:
- Mengapa persatuan dan kesatuan penting bagi bangsa Indonesia?
- Bagaimana kita dapat mengamalkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari?
- Apa contoh perbuatan yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan?
- Mengapa perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa tidak seharusnya menjadi penghalang persatuan dan kesatuan?
- Apa arti "Persatuan Indonesia" dalam Pancasila?
Jawaban Contoh:
- Persatuan dan kesatuan penting karena membuat bangsa Indonesia menjadi lebih kuat dan mampu menghadapi berbagai tantangan.
- Kita dapat mengamalkan persatuan dan kesatuan dengan menghargai perbedaan, bekerja sama, dan menjaga kerukunan.
- Contoh perbuatan yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan adalah diskriminasi, pertengkaran, dan perpecahan.
- Perbedaan justru menjadi kekuatan bangsa Indonesia. Dengan saling menghargai, kita bisa menciptakan keragaman yang harmonis.
- "Persatuan Indonesia" dalam Pancasila berarti seluruh bangsa Indonesia harus bersatu, meskipun berbeda suku, agama, budaya, dan bahasa.
Latihan
1. Warga negara asing mengenal masyarakat Indonesia sebagai masyarakat yang ramah, sopan, dan suka bertegur sapa. Perilaku baik tersebut sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Peran Pancasila pada peristiwa tersebut yaitu sebagai. . .
A. identitas bangsa B. pandangan hidup
C. hukum yang mengikat D. ideologi bangsa
A. 1 dan 2 B. 2 dan 3
C. hukum yang mengikat D. ideologi bangsa
Soal No.2
Perhatikan pernyataan berikut!- Individualis dan adil
- Mengutamakan golongan tertentu
- Cinta tanah air dan rela berkorban
- Saling menyayangi sesama manusia
A. 1 dan 2 B. 2 dan 3
C. 3 dan 4 D. 1 dan 4
A. lingkungan sekolah B. lingkungan rumah
C. lingkungan masyarakat D. lingkungan negara tetangga
A. terpaksa dan senang B. senang dan bersyukur
C. sukarela dan pamrih D. ikhlas dan sukarela
A. meningkatkan rasa indivualis
Soal No.3
Tempat pendidikan utama dan pertama yang memegang peranan penting dalam pembiasana perilaku sesuai Pancasila yaitu . . .A. lingkungan sekolah B. lingkungan rumah
C. lingkungan masyarakat D. lingkungan negara tetangga
Soal No.4
Ngayah merupakan salah satu tradisi bergotong royong masyarakat adat di Bali. Ngayah dilaksanakan oleh masyarakat dengan rasa . . .A. terpaksa dan senang B. senang dan bersyukur
C. sukarela dan pamrih D. ikhlas dan sukarela
Soal No.5
Perhatikan gambar berikut!Manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dari kegiatan pada gambar di atas yaitu. . .A. meningkatkan rasa indivualis
B. memudarkan rasa solidaritas
C. menambah pekerjaan dan tanggung jawab
D. menghemat waktu dan tenaga
A. pertama B. kedua
Soal No.6
Perhatikanlah gambar berikut!
Masyarakat pada gambar di atas bekerja sama untuk mencapai tujuan dan kepentingan bersama. Rasa keadilan mereka akan terpenuhi. Hal ini sesuai dengan Pancasila sila ke. . . .A. pertama B. kedua
C. empat D. lima
Soal No.7
Petani desa Wanagiri bergotong royong memanen padi. Semua petani bersatu dan bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Peristiwa ini mencerminkan . .A. nilai spiritual B. nilai kesatuan
C. nilai keadilan D. nilai kemanusiaan
A. perbedaan menjadi penghambat gotong royong
B. gotong royong hanya dilakukan oleh satu suku
C. keanekaragaman bukan penghalang gotong royong
D. pekerjaan lama selesai jika ada perbedaan ras
A. 1 dan 4 B. 2 dan 4
Soal No.8
Perhatikanlah gambar berikut!Berikut ini pernyatan yang sesuai dengan gambar di atas yaitu. . .A. perbedaan menjadi penghambat gotong royong
B. gotong royong hanya dilakukan oleh satu suku
C. keanekaragaman bukan penghalang gotong royong
D. pekerjaan lama selesai jika ada perbedaan ras
Soal No.9
Perhatikan pernyataan berikut!- Gotong royong merupakan nilai luhur bangsa
- Gotong royong hanya dapat dilakukan di desa
- Gotong royong menciptakan ketentraman hidup
- Gotong royong merupakan budaya negara sahabat
A. 1 dan 4 B. 2 dan 4
C. 1 dan 3 D. 2 dan 3
Soal No.10
Perhatikan pernyataan berikut!- Memerlukan bantuan orang lain dalam memenuhi kebutuhannya
- Dapat hidup sendiri pada berbagai situasi
- Suka berkumpul dan mengobrol bersama
- Berkompetisi bersama-sama dalam mencapai tujuan bersama
A. satu B. dua
C. tiga D. empat
A. menyelesaikan PR B. menghias kelas
C. memindahkan meja guru D. mengerjakan soal ulangan
A. bahasa persatuan
B. suku bangsa
C. warna kulit
D. lagu daerah
A. terpuji B. tercela
Soal No.10
Bekerja sama memberikan banyak manfaat bagi manusia. Namun, terdapat beberapa kegiatan yang tidak boleh dikerjakan secara gotong royong. Kegiatn yang dimaksud yaitu. . .A. menyelesaikan PR B. menghias kelas
C. memindahkan meja guru D. mengerjakan soal ulangan
Soal No.11
Indonesia memiliki banyak keberagaman. Berikut ini bukan merupakan keberagaman bangsa Indonesia yaitu. . .A. bahasa persatuan
B. suku bangsa
C. warna kulit
D. lagu daerah
Soal No.12
Perhatikanlah gambar berikut ini!Perilaku Tono pada gambar di atas termasuk perilaku. . .A. terpuji B. tercela
C. ramah D. dermawan
A. berbuat aniaya B. menepati janji
C. rendah hati D. berjiwa besar
A. prasangka B. toleransi
Soal No.13
Perilaku berikut yang tidak seharusnya dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat yaitu . . .A. berbuat aniaya B. menepati janji
C. rendah hati D. berjiwa besar
Soal No.14
Kampung Salak ditempati oleh penduduk pendatang dari berbagai daerah. Ada dari daerah Bali, Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Mereka berasal dari suku yang berbeda-beda. Agar tercipta keharmonisan, maka mereka harus menunjung tinggi sikap. . .A. prasangka B. toleransi
C. mandiri D. tidak acuh
soal no.15
Semboyan bangsa Indonesia yang mewajibkan kita untuk menghargai dan mencintai keberagaman dan perbedaan dalam masyarakat adalah ....
- Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh
- Tut wuri handayani
- Bhinneka Tunggal lka
- Kartika eka paksi
Kesimpulan
Alhamadulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar. Peserta didik dapat memahami dengan baik persatuan dan kesatuan, namun masih terdapat 3 peserta didik yang nilainya di bawah kktp sehingga perlu melakukan remedial
Komentar
Posting Komentar