Tema 5 ST 3 PB 5


 


MATERI  AJAR

Hari                : Jum'at, 22 November 2019
Tema 5          : Kewirausahaan
Sub Tema 3  : Ayo, Belajar Berwirausaha
PB                : 5
Muatan       :SBDP dan IPS

Muatan SBdP
Buklet
Buklet adalah salah satu promosi yang berbentuk seperti buku kecil. Buklet terdiri dari lembaran-lembaran kertas yang disatukan menjadi bentuk buku. Buklet bersifat sebagai media promosi atau anjuran kepada masyarakat. Buklet biasanya digunakan oleh pemilik usaha untuk mempromosikan produk mereka. Isi buklet biasanya berupa informasi tentang produk, misalnya buklet makanan berisi deskripsi atau cara penyajian makanan.
Bagian-bagian yang ada pada buklet, yaitu sampul depan dan isi buklet. Sampul depan berisi judul buklet, gambar, dan keterangan singkat perusahaan. Bagian isi buklet berisi informasi lengkap tentang produk yang ditawarkan. Gambar yang digunakan juga menarik sehingga pembaca nyaman saat membaca.
Contoh Buklet

Muatan IPS
Upaya Pemerintah Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Indonesia
Salah satu kebijak MEA adalah adanya pengakauan mengenai mutu pendidikan dan pengalaman yang dimiliki oleh tenaga kerja negara anggota ASEAN. Kebijakan ini memberikan kemudahan kepada calon tenaga kerja untuk memperoleh lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya.
Indonesia merupakan salah satu anggota ASEAN dengan jumlah penduduk terbanyak. Hal ini menyebabkan Indonesia memiliki calon tenaga kerja yang melimpah. Agar tenaga kerja Indonesia mampu bersaing dengan tenaga kerja negara lain, pemerintah melakukan beberapa upaya sebagai berikut.
          Meningkatkan kualitas pendidikan dengan penerapan kewajiban jenjang pendidikan, seperti penerapan wajib belajar 12 tahun. Selain itu, pemerintah juga memberikan sarana pendidikan yang memadai.
          Memberikan pelatihan lokakarya dan pelatihan pada calon tenaga kerja.
          Memberikan bekal keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan di negara-negara asing.
          Memilih calon tenaga kerja yang memenuhi persyaratan tenaga kerja yang diajukan oleh Masyarakat Ekonomi ASEAN.
          Meningkatkan jumlah tenaga kerja terampil yang memiliki daya saing dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024