Ringkasan Tema 5 ST 3 PB 6

MATERI  AJAR 
Hari                : Senin, 25 November 2019
Tema 5          : Kewirausahaan
Sub Tema 3  : Ayo, Belajar Berwirausaha
 
Pembelajaran 6
Muatan PPKn
Pentingnya Kerja Sama dalam Memajukan Sebuah Wirausaha
Ada wirausaha yang dilakukan secara perorangan, seperti pedagang asongan. Ada juga wirausaha yang dilakukan secara bersama-sama. Wirausaha yang dilakukan secara bersama-sama biasanya dikelola oleh dua orang atau lebih. Para pemilik bekerja sama mengelola usaha tersebut hingga menjadi maju. Dengan kerja sama, para pemilik akan semakin mudah untuk mengelola dan mengembangkan usaha. Mereka dapat berbagi tugas dalam menjalankan usaha.
Misalnya, ayah Komang bekerja sama dengan ibu dan paman Made mengelola usaha kerajinan ukiran khas Bali. Ayah Komang dapat membagi tugas pengelolaan usaha dengan ibu dan paman Made. Ada yang bertugas menyiapkan bahan baku kerajinan, ada yang bertugas membuat ukiran, ada yang memasarkan, serta ada juga yang bertugas menghitung hasil keuntungan yang diperoleh. Itulah sebabnya kerja sama sangat penting untuk dilakukan dalam menjalankan sebuah usaha. Sama seperti melakukan pekerjaan, usaha yang dikelola dengan kerja sama akan terasa ringan.
 
Muatan Bahasa Indonesia
 
Mengisi Formulir Lembar Jawaban Komputer ( LJK )
LJK merupakan lembar jawaban peserta ujian yang hasilnya akan diperiksa oleh alat pemindai. Cara mengisi LJK bermacam-macam, ada yang diarsir dan ada pula yang disilang. Berikut langkah-langkah mengisi LJK Ujian Saringan Masuk ( USM )
          Untuk mengisi LJK, kita memerlukan pensil 2B yang agak tumpul. Pensil yang runcing dapat merusak LJK.
          Setelah itu, periksa LJK apakah ada bagian yang rusak.
          Jika ada bagian yang rusak, kita dapat lanjut ke tahap pengisian identitas, seperti nama, nomor ujian, tanggal lahir, tanda tangan, dan mata ujian.
          Setelah mengisi mata ujian, kamu dapat mulai mengerjakan soal ujian.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024