Ringkasan


Materi Ajar

Hari / Tangal      :  Senin, 04 November 2019
Tema  5                     :  WIRAUSAHA
Subtema 1            Kerja Keras Berbuah Kesuksesan
Pembelajaran     : 1 ( satu )  
Muatan                 : IPS, IPA, dan Bahasa Indonesia

Muatan IPS
Posisi dan Peran Indonesia di Bidang Ekonomi  dalam Lingkup ASEAN

Sebagai mahluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia memerlukan orang lain untuk hidup bermasyarakat. Selain itu, tidak setiap daerah memiliki sumber daya alam yang dapat mencukupi kebutuhan manusia. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama antarmanusia agar terpenuhi kebutuhannya. Sebagai contoh, kerja sama Indonesia dengan negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi. Kerja sama dalam bidang ekonomi yang dilakukan  antara lain melakukan promosi-promosi dalam bidang pariwisata dan perdagangan, menyediakan cadangan pangan, menyelenggarakan proyek industri, dan membuat kawasan perdagangan bebas ( ASEAN Free Trade Area (AFTA)). AFTA merupakan kerja sama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi. Kerja sama tersebut berupa pengelolaan produk-produk local yang ada di negara-negara ASEAN. Peran Indonesia dalam kerja sama memberikan manfaat bagi Indonesia maupun negara-negara lain di ASEAN. Bagi Indonesia, kerja sama tersebut dapat meningkatkan pendapatan negara dan mengurangi pengangguran.

Muatan IPA
Pengertian Magnet dan Bentuk Magnet

Magnet adalah benda yang dibuat dari besi atau baja yang dapat menarik benda-benda dari bahan tertentu. Magnet digunakan pada beberapa benda yang digunakan sehari-hari, misalnya hiasan tempelan kulkas, pintu kulkas, penutup tempel pensil, dan kompas.
Magnet memiliki kekuatan gaya tarik yang berbeda pada bagian-bagiannya. Gaya tarik magnet ini dinamakan juga gaya magnet. Magnet memiliki kutub utara dan kutub selatan. Gaya magnet terkuat berada di kedua kutubnya. Gaya magnet paling lemah pada bagian tengah magnet.
Berdasarkan cara terbentuknya, magnet dibedakan menjadi dua, yaitu magnet alam dan magnet buatan.  Magnet alam terjadi secara alami, misalnya magnet bumi. Magnet buatan adalah magnet yang sengaja dibuat oleh manusia. Bentuk magnet bermacam-macam, contohnya :
         Magnet tabung
         Magnet jarum
         Magnet lingkaran
         Magnet bentuk U
         Magnet batang
         Magnet cincin

Muatan Bahasa Indonesia
Mengenal Formulir Kegiatan
Formulir adalah secarik kertas yang  berisi pertanyaan-pertanyaan tentang data diri. Formulir diisi sesuai dengan data diri yang sebenarnya. Umumnya, data diri yang harus diisi dalam formulir adalah sebagai berikut:
         Nama Lengkap
         Tempat Tanggal Lahir
         Umur

         Kelas
         Alamat
         Hobi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024