Ringkasan


Materi Ajar


Hari / Tangal               : Senin,  11 Nov 2019
Tema  5                                : WIRAUSAHA
Subtema 2                  : Usaha di Sekitarku
Pembelajaran             : 1 ( satu )  
Muatan                       : Matematika, IPS,  Bahasa Indonesia, dan IPA


Matematika

Bangun Ruang gabungan

Rumus Volume Kubus dan Balok
Volume Kubus = rusuk x rusuk x rusuk
V = s.s.s
V = S³

Volume Balok = Luas Alas x Tinggi
Volume Balok = Panjang x Lebar x Tinggi
Volume Balok = p x l x t

Volume Gabungan Kubus dan Balok :
S³ + (p x l x t)

Perhatikan contoh di bawah ini.






















Dari gambar di atas maka dapat ditemukan voleme bangun-bangun tersebut.
Bangun 1 :
Volume = S³ = 6³ = 216 cm³

Bangun 2 :
Volume = p x l x t = 9 x 6 x 6 = 324 cm³

Volume gabungan bangun1 dan 2 = 540cm³
Luas Bangun 3 = 15 x 6 x 6 = 540 cm³

Jika diperhatikan dengan seksama, bangun 3 dibuat dengan menggabungkan bangun 1 dan bangun 2 (digabungkan pada sisi FGCB-bangun 1 dan sisi EHDA-bangun 2).

Volume Balok dan Limas Segiempat
Limas segi empat adalah limas yang memiliki alas berbentuk segi empat (baik berupa persegi, persegi panjang, trapesium, belah ketupat, layang-layang, jajaran genjang dan lainnya). Perhatikan bangun gabungan di bawah ini:



Jika diketahui Volume Limas adalah :
1
  x Luas Alas x tinggi  
3
Maka volume gabungan kedua bangun dapat ditemukan dengan menentukan volume balok dan volume limas. Tinggi limas dapat ditentukan dengan mengurangkan tinggi keseluruhan dengan tinggi balok sehingga tinggi limas = 25 - 10 = 15 cm.

Volume balok = p x l x t = 25 x 8 x 10 = 2.000 cm³
Volume Limas =  
1
x Luas Alas x tinggi
3

=  
1
  x 25 x 8  x 15  
3

=
1
  x 3.000 = 1.000 cm³
3
Jadi volume gabungan adalah 2.000 + 1.000 = 3.000cm³

uatan IPS



Komoditas Ekspor dan Impor di Indonesia

Cobalah bertanya kepada temanmu di kelas, adakah yang orang tuanya memiliki kegiatan ekonomi di bidang wirausaha? Wirausaha merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh seorang  atau sekelompok orang  secara mandiri. Seorang  wirausahawan harus memiliki kemampuan kreatif dan inovatif, jeli melihat peluang, dan selalu terbuka untuk setiap masukan agar usaha terus bertumbuh. Wirausaha banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Contoh kegiatan wirausaha adalah pengusaha kain batik. Pengusaha tersebut menggunakan kain untuk membatik. Kain tersebut berasal dari pembudidayaan tanaman kapas di Indonesia. Meskipun menggunakan bahan baku dari negara sendiri, para pemilik wirausaha seringkali menggunakan teknologi atau mesin yang berasal dari luar negeri, seperti messin jahit yang digunakan untuk membuat pakaian dari kain batik.
Penggunaan teknologi atau mesin merupakan salah satu wujud kerja sama dengan negara lain. Kita mendatangkan mesin dari negara lain. Ini merupakan contoh kegiatan impor barang. Impor adalah kegiatan mendatangkan atau membeli suatu barang dari luar negeri. Selain impor barang, kerja sama ekonomi  antarnegara juga dapat dilakukan melalui ekspor. Ekspor adalah kegiatan mengirim atau menjual hasil produksi dalam negeri ke pasar luar negeri. Contohnya, produsen mebel dan batik mengekspor hasil produk  mereka ke negara-negara ASEAN atau wilayah negara lainnya.

Muatan IPA
Benda magnetis dan Benda Nonmagnetis

Tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet. Benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut benda magnetis. Benda magnetis terbuat dari bahan logam  seperti besi dan baja. Benda nonmagnetic terbuat dari bahan nonlogam, seperti kayu, kaca, karet, dan plastic. Ada juga benda yang terbuat dari logam, tetapi tidak dapat ditarik magnet, yaitu benda yang terbuat dari alumanium dan tembaga.

Muatan Bahasa Indonesia
Menulis Riwayat Hidup

Riwayat hidup adalah tulisan yang berisi  informasi diri, meliputi identitas serta kegiatan yang telah dilakukan. Informasi diri yang ditulis dalam riwayat hidup harus didasarkan pada fakta dan disajikan dengan rinci. Hal ini bertujuan untuk menjelaskan tentang jati diri kita kepada orang lain.
Riwayat hidup dapat ditulis dengan dua bentuk, yaitu bentuk singkat dan bentuk narasi. penulisan riwayat hidup dalam bentuk singkat biasanya tampak seperti formulir. Informasi disusun secara berderet dari atas ke bawah dengan berurtan. Penulisan riwayat hidup seperti  ini lebih sering disebut daftar riwayat hidup.  Penulisan riwayat hidup dalam bentuk singkat  merupakan cara penulisan riwayat hidup yang paling sering dijumpai di masyarakat.
Riwayat hidup dalam bentuk narasi disajikan dalam bentuk paragarf atau tulisan memanjang. Riwayat hidup dalam bentuk narasi ditulis menggunakan kalimat lengkap. Penulisan riwayat hidup secara narasi cenderung  tampak seperti penulisan cerita.
Sesuai tujuannya, riwayat hidup biasanya digunakan untuk menjelaskan tentang siap diri kita kepada orang lain dalam suatu kegiatan yang memerlukan pengenalan diri. Contoh kegiatannya, yaitu kegiatan pendaftaran anggota komunitas atau organisasi, pendaftaran perlombaan, serta melamar pekerjaan. Penulisan riwayat hidup nantinya akan memudahkan penyelenggara kegiatan formulir untuk mengenal diri kita dengan lebih cepat. Berikut hal-hal yang biasanya ditulis dalam riwayat hidup.
      Identitas diri, meliputi nama, usi, alamat, tempat, serta kontak yang dapat dihubungi.
      Riwayat pendidikan, merupakan daftar yang berisi informasi pendidikan yang pernah atau     
     sedang ditempuh.
     Pengalaman berorganisasi atau kepanitiaan, meliputi kegiatan atau organisasi yang pernah
     diikuti semasa sekolah hingga saat ini, seperti ekstrakurikuler, komunitas, dan seminar.
       Prestasi, meliputi berbagai penghargaan yang pernah diraih dari dahulu hingga sekarang.
     Keterampilan atau kemahiran, berisi daftar keterampilan yang dimiliki, seperti  keterampilan bermusik, keterampilan berolahraga, atau keterampilan dalam bidang teknologi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024