Ringkasan


MATERI AJAR
Hari/ Tanggal                     : Selasa , 19 November 2019
Tema 5                                 : Wirausaha
Subtema 3                           : Ayo, Belajar Wirausaha !
PB                                           :  1 (satu)
Muatan PB                          :  IPS, IPA, dan Bahasa Indonesia

Muatan IPS

Posisi dan Peran Indonesia di Bidang Ketenagakerjaan dalam Lingkup ASEAN

Kerja sama dibidang ekonomi menjadi salah satu program utama yang dibahas dalam pertemuan antarnegara ASEAN. Kerja sama itu diwujudkan dengan usaha untuk mengatasi masalah-masalah di bidang ekonomi.  Negara-negara ASEAN telah menyepakati terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN ( MEA ). Dengan dibentuknya MEA diharapkan dapat menjaga stabilitas perekonomian di wilayah ASEAN.
Pembentukan MEA memungkinkan arus perdagangan barang dan jasa antarnegara ASEAN semakin terbuka. Terbukanya arus perdagangan antarnegara ASEAN akan mendorong setiap negara untuk selalu meningkatkan kualitas produk barang dan jasanya. Selain itu, setiap negara juga akan terdorong untuk meningkatkan kualitas dan sumber daya manusia agar dapat berperan bersama dengan sumber daya manusia dari negara lain.
MEA tentu saja juga berpengaruh pada arus barang dan jasa di Indonesia. Para pelaku usaha di Indonesia mempunyai peluang lebih terbuka untuk memasarkan produknya dalam lingkup ASEAN. Peluang tersebut dimanfaatkan dengan meningkatkan kualitas produknya. MEA juga pendorong terciptanya tenaga kerja bangsa Indonesia yang semakin berkualitas agar mampu berperan bersama dalam kegiatan ekonomi antarnegara ASEAN.
 

                           





 Berdasarkan teks di atas, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa yang kamu ketahui tentang MEA?
2. Apa yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha dalam menghadapi MEA?
    Jelaskan.
3. Apa yang perlu disiapkan oleh tenaga kerja Indonesia agar mampu ikut
    berpartisipasi di MEA?
4. Sebagai pelajar, apa yang harus kamu lakukan mulai saat ini agar nanti
    ketika sudah menyelesaikan pendidikan mampu ikut berpartisipasi di MEA?
5. Apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya?

Muatan IPA
Medan Magnet
 
Medan magnet adalah daerah di sekitar magnet yang masih dipengaruhi oleh gaya magnet. Di dalam daerah inilah magnet memiliki kekuatan untuk menarik benda. Medan magnet tidak terlihat, namun kita dapat melihatnya dengan menggunakan suatu cara. Cara tersebut adalah dengan menggunakan serbuk besi. Serbuk besi yang berada di sekitar magnet akan membentuk garis gaya magnet.

                                     Hasil gambar untuk gambar medan magnet


Bahasa Indonesia
Mengidentifikai Jenis teks Formulir

Formulir digunakan dalam kegiatan operasional suatu organisasi atau perusahaan. Formulir adalah lembaran kartu/kertas yang dicetak dengan ukuran tertentu yang didalamnya terdapat data berupa informasi. Informasi dalam formulir ada yang bersifat tetap dan ada juga bagian lain yang diisi dengan  informasi  yang tidak tetap. Salah satu contoh formulir adalah formulir pengiriman barang dan formulir pengiriman uang. Formulir pengiriman barang biasanya terdapat pada perusahaan ekspedisi.

Sedangkan formulir pengiriman uang terdapat pada bank atau perusahaan pengiriman uang. Formulir pengiriman barang atau uang diperlukan ketika seseorang akan mengirim barang atau uang tersebut ke suatu tujuan tertentu. Isi formulir pengiriman barang atau uang harus bersifat tetap atau tidak berubah-ubah. Informasi-informasi yang harus diisi pada formulir pengiriman barang, yaitu tanggal pengiriman, nama pengirim, alamat dan nomor telepon pengirim, nama penerima, alamat dan nomor telepon penerima, jenis barang, jumlah berat barang, biaya pengiriman, serta catatan.

                     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024