Materi Ajar

Hari / Tangal      : Kamis, 07 Nov 2019
Tema  5               : WIRAUSAHA
Subtema 1          : Kerja Keras Berbuah Kesuksesan
Pembelajaran    : 5 (lima )  
Muatan               : IPS dan SBDP




Muatan IPS

Posisi dan Peran Indonesia di Bidang Ekonomi dalam Lingkup ASEAN

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah mengetahui manfaat dari kerja sama yang dilakukan oleh Indonesia dan negara-negara di ASEAN.  Sebagai salah satu pendiri ASEAN, Indonesia memiliki peran penting terutama dalam kerja sama di bidang ekonomi. Indonesia melakukan pertukaran  barang dengan negara-negara di ASEAN. Tujuan pertukaran barang tersebut untuk meningkatkan hubungan kerja sama dan juga memperoleh keuntungan. Bentuk pertukaran barang antara Indonesia dengan negara-negara di ASEAN antara lain sebagai berikut.
         Pertukaran sandang
Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Salah satunya adalah batik. Indonesia menjual batik-batik buatan perajin Indonesia ke negara-negara di ASEAN. Selain itu, Indonesia juga mengekspor kain wol dan kapas yang merupakan bahan baku pembuatan pakaian. Indonesia mengimpor mesin-mesin pembuat pakaian berskala besar dari Singapura. Indonesia juga mengimpr benang sintetis dari  Malaysia.
         Pertukaran pangan
Hasil panen Indonesia seperti tapioca, lada, dan kina diekspor ke Singapura. Sementara itu, kopi dan sayuran di ekspor ke Malaysia. Indonesia mengimpor hasil pangan seperti beras, gula, buah-buahan, dan madu dari Thailand dan Filipina.
         Pertukaran papan
Indonesia memiliki hutan yang luas. Hasil hutan seperti kayu banyak diekspor ke negara-negara ASEAN seperti  kayu jati ke Malaysia, kayu lapis ke Thailand, dan kayu mahoni ke Singapura. Semen putih sebagai bahan baku pembuatan rumah diimpor dari Filipina. Getah karet diekspor ke Singapura.

Selain dalam bidang sandang, pangan, dan papan, Indonesia juga melakukan kerja sama dalam bidang pertukaran barang tambang. Indonesia melakukan ekspor beberapa barang tambang seperti minyak bumi mentah, batu bara, besi, baja, aluminium, timah putih, dan gas alam ke Malaysia, Filipina, dan Singapura.







Muatan SBdP
Mempresentasikan Brosur

Brosur merupakan salah satu jenis reklame. Secara tampilannya, brosur memiliki ukuran yang lebih kecil dari poster. Brosur biasanya dipublikasikan dalam bentuk lembaran yang disebarluaskan secara langsung kepada masyarakat.
Pada pembelajaran 2, kalian telah membuat brosur tentang “usaha di lingkungan sekitar. Ayo, berkumpullah kembali bersama dengan teman kelompokmu ketika membuat brosur tersebut. Setelah itu, presentasikan brosur tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024