Ringkasan

                                                   Materi Ajar
Hari/Tanggal  : Selasa, 29 Oktober  2019
Tema 4               : Globalisasi
Sub Tema 3      : Globalisasi dan Cinta tanah Air
Pembelajaran : 2          
Muatan               : PPKN dan SBdP 

Muatan PPKn
Sikap Positif terhadap Keberagaman Kegiatan Ekonomi

Keberagaman kegiatan ekonomi yang ada merupakan anugerah Tuhan yang harus kita syukuri. Dengan adanya keberagaman tersebut kebutuhan ekonomi masyarakat dapat terpenuhi. Bayangkan jika hanya ada satu kegiatan ekonomi, tentunya kebutuhan masyarakat sulit terpenuhi, maka kesejahteraan pun sulit untuk ditingkatkan. Kita harus memiliki sikap positif terhadap keberagaman tersebut. Selain saling menghargai dan menghormati, bangga memakai barang dalam negeri juga merupakan contoh sikap positif terhadap keberagaman.

Rasa bangga menggunakan barang buatan dalam negeri harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan menggunakan batik dalam kegiatan sehari-hari. Penggunaan batik juga merupakan wujud pelestarian warisan bangsa Indonesia agar tidak diakui oleh bangsa lain. Masyarakat sebaiknya mengurangi membeli barang buatan luar negeri dan mulai beralih membeli barang-barang buatan dalam negeri.

Saat ini, kualitas barang buatan dalam negri sudah mampu menyaingi barang buatan luar negeri. Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia sudah semsetinya lebih bangga menggunakan barang buatan dalam negeri. Sikap positif lainnya adalah mulai menyakinkan diri bahwa barang buatan negeri memiliki kualitas yang sama bagusnya dengan barang luar negeri. Menggunakan buatan dalam negeri dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga mendorong pelaksanaan pembangunan nasional secara cepat. Selain itu, menggunakan barang buatan dalam negeri mencerminkan rasa cinta kepada tanah air dan dapat mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Kita harus selalu menghargai keanekaragaman mata pencaharian masyarakat di lingkungan sekitar dan di Indonesia pada umumnya. Caranya, antara lain sebagai berikut

1. Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian orang lain.
Mata pencaharian masyarakat di Indonesia sangat beragam, mulai dari pedagang asongan, pengamen, pegawai, karyawan swasta, hingga pengusaha. Apa pun pekerjaan orang lain, kita tidak boleh merendahkan. Misalnya, kamu mendapati seorang pengamen yang mencari uang dengan berjalan dari rumah ke rumah sambil bernyanyi. Kamu harus tetap menghormatinya, tidak boleh mencela bahkan merendahkan.

2. Menghormati orang yang sedang bekerja.
Kamu harus menghormati orang yang sedang bekerja, tidak peduli pekerjaan itu bagus atau tidak menurut kamu. Misalnya, kamu sedang memasuki gerbang sekolah, kebetulan ada tukang kebun
yang sedang membersihkan halaman. Sebaiknya kamu menyapa atau setidaknya menganggukkan kepala.

3. Menghargai pekerjaan orang lain.
Apa pun pekerjaan orang lain harus tetap dihargai. Jangan pernahmembeda-bedakan orang hanya berdasarkan pekerjaan saja. Sebagai peserta didik, kamu harus menghargai pekerjaan siapa pun. Misalnya, dengan ibu penjaga kantin sekolah, pedagang kaki lima, pemulung, dan lain sebagainya.
Jenis Pekerjaan

4. Membiasakan membeli produk-produk lokal.
Sebagai contoh, tetanggamu memiliki usaha produksi sandal dan tas. Jika kamu ingin membeli tas dan sandal, sebaiknya belilah produk dari tetanggamu. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk
menghargai mata pencaharian masyarakat.

5. Membiasakan mengonsumsi makanan dan buah-buahan dalam negeri.
Mengonsumsi makanan dan buah-buahan dalam negeri dapat mengangkat hasil pertanian masyarakat, sehingga secara tidak langsung dapat membantu menyejahterakan petani Indonesia.


Muatan SBdP
Syarat Brosur yang Baik
Pada pembelajaran sebumnya, kamu sudah mempelajari pengertian brosur, cirri-ciri brosur, dan macam-macam brosur. Kamu juga perlu mengetahui syarat-syarat brosur yang baik. Berikut syarat-syarat brosur yang baik.
         Judul yang terdapat di dalam brosur berukuran besar dan mudah terbaca oleh pembaca.
         Tulisan dalam brosur jelas dan mudah terbaca.
         Bahasa yang digunakan dalam menyampaikan informasi mudah dipahami dan diingat.
         Gambar yang ada di dalam brosur berkaitan dengan isi atau topik  brosur.
         Ketepatan pemilihan warna antara warna dasar brosur dengan dengan warna tulisan.
         Ukuran brosur tidak boleh melebihi dari ketentuan yang ada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024