Ringkasan Materi

Hari/Tanggal   :  Senin, 14 Oktober  2019
Tema              :  Tokoh dan Penemuan
Sub Tema 1       :  Globalisasi di sekitarku
Pembelajaran   :  1 (satu)
Muatan PB        :  Bahasa Indonesia, IPA

Muatan IPS
Kerja Sama Negara Anggota ASEAN dalam Bidang Sosial

Globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia atau sebagai sebuah proses ‘mendunia’. Penyebab adanya globalisasi antara lain perkembangan teknologi dan alat komunikasi, serta kemajuan alat trasportasi. Perkembangan teknologi dan alat komunikasi memudahkan kerja sama antarnegara. Begitu juga dengan kemajuan alat transportasi yang memudahkan barang dari luar masuk ke suatu negara dan sebaliknya.
Kerja sama negara-negara anggota ASEAN disebabkan oleh beberapa faktot berikut.
         Sumber daya alam.
Setiap negara anggota ASEAN memiliki sumber daya alam yang beragam. Keberagaman sumber daya alam tersebut berpengaruh oleh kenampakan alam sekitar. Ada beberapa negara yang meiliki kenampakan alam yang sama sehingga sumber daya alam yang dihasilkan pun sama, seperti Indonesia, Thailand, dan Laos yang memiliki lahan pertanian yang luas. Lahan pertanian tersebut menghasilkan sumber daya alam berupa padi. Sedangkan kenampakan alam di brinei Darussalam menghasilkan minyak bumi terbesar di Asia. Keberagaman sumber daya alam tersebut mendorong kerja sama antarnegara dengan tujuan untuk saling melengkapi kebutuhan masyarakat masing-masing negara.
         Berada dalam wilayah yang sama
ASEAN merupakan sebuah organisasi yang didirikan oleh negara-negara dalam suatu kawasan yang sama, yaitu kawasan Asia TenggaraHal ini mendorong terciptanya interaksi dan kerja sama antarnegara.
         Ilmu pengetahuan dan teknologi
Singapura merupakan neggara dengan penguasaan ilmu pengetahuan daan teknologi terrmaju di Asia Tenggara. Akan tetapi, sumber daya alam Singapura terbatas. Hal ini mendorong Singapura menjalin kerja sama dengan negara-negara di Asia Tenggara.
Pada pembelajaran ini, kamu akan memperlajari bentuk kerja sama ASEAN di bidang social. Kerja sama dalam bidang social bertujuan menciptakan masyarakat ASEAN yang saling peduli dan mau berbagi dengan negara lain. 

Bentuk kerja sama negara-negara anggota ASEAN dalam bidang sosial adalah sebagai berikut.
    Penanggulangan bencana, misalnya memberikan penanganan darurat ketika terjadi bencana tsunami di Indonesia.
        Meningkatkan kesejahteraan sosial dan pembangunan negara-negara ASEAN.
        Melindungi hak-hak dan keadilan sosial penduduk negara-negara ASEAN.
        Meningkatkan kualitas sarana kesehatan negara-negara ASEAN.
        Meningkatkan perlindungan social kepada seluruh penduduk negara-negara ASEAN.

Bentuk kerja sama dalam bidang budaya sebagai berikut.
         Program pertukaran pemuda
         Kunjungan muhibah kesenian antarnegara ASEAN.
         Penyelenggaraan Festival Film Asia Tenggara.


Muatan Bahasa Indonesia

Pengertian Teks Eksplanasi
Teks Eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya suatu fenomena alam atau social. Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan. Susunan teks eksplanasi adalah sebagai berikut.
 Paragraf pertama berisi pernyataan umum, berupa topik masalah atau permasalahan umum yang dibahas.
   Paragraf kedua dan seterusnya berisi fakta pembuktian, atau proses penyelesaian dari topic yang dibahas.
    Paragraf terakhir berisi simpulan, pesan, atau kesan tentang topic yang dibahas.



Muatan IPA
Proses Menghasilkan Energi Listrik
Energy listrik merupakan energy yang timbul karena adanya arus listrik yang mengalir melalui hantaran. Sumber utama energy listrik adalah pembangkit listrik. Contoh pembangkit listrik adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
PLTA dapat menghasilkan energy listrik dengan cara memanfaatkan energy air yang mengalir. Aliran air dapat berasal dari aliran air terjun, aliran sungai deras, atau air yang dialirkan melalui pipa-pipa khuhus yang tujuannya untuk menggerakkan turbin. Gerakan turbin tersebut nantinya akan diubah menjadu energy listrik di dalam generator
Perhatikan skema kerja dari Pembangkit Listrik Tenaga Air.
  Aliran air sungai/air terjun/waduk sebagai sumber energy pembangkit listrik mampu menggerakkan trubin. Perubahan yang terjadi dari energy potensial menjadi energy kinetik.
      Gerakan kincir air pada turbin menggerakkan dynamo/generator yang kemudian membangkit listrik. Kecepatan turbin berputar disesuaikan dengan kecepatan aliran air. Semakin cepat aliran airnya, maka turbin berputar juga semakin cepat sehingga energy listrik yang dihasilkan juga semakin besar.
   Terjadi perubahan energi gerak menjadi energi listrik yang kemudian disalurkan ke rumah-rumah melalui proses transmisi listrik..
Dalam ruang lingkup yang kecil, beberapa daerah menggunakan pembangkit listrik secara mandiri. Pembangkit listrik tersebut memiliki prinsip seperti PLTA dan hanya untuk memenuhi kebutuhan listrik warga di sekitar saja. Pembangkit listrik tersebut dinamakan pembangkit listrik mikrohidro. Pembangkit listrik mikrohida menggunakan aliran air untuk memutarkan kincir air. Kincir air kemudian menggerakkan turbin hingga menghasilkan listrik.


  LUAS LINGKARAN

Yang dimaksud dengan luas lingkaran adalah luas daerah didalam garis lingkar dari lingkaran. Ciri-ciri dari lingkaran adalah mempunyai panjang yang rata jika ditarik dari titik pusat ke tepi lingkaran, jarak dari titik pusat ke tepi lingkaran ini disebut jari-jari. Jari-jari lingkaran sangat perlu diketahui untuk menentukan luas dari suatu lingkaran. 
Secara umum rumus luas lingkaran adalah pi dikali jari-jari kuadrat. Atau persamaan matematikanya adalah sebagai berikut :



Rumus Luas Lingkaran = A =  Π x r2


 Dik :

A = Luas Lingkaran
r = jari-jari lingkaran
Π (dibaca pi) = 3,14 atau 22/7
 Contoh soal :
Sebuah lingkaran memiliki diameter 14cm, berapa luasnya?
Jawab:
Diketahui:
Diameter lingkaran = 14cm, maka jari-jari lingkaran = 7cm.
Luas = \pi r^2
Sehingga,
Luas = \pi \times 7^2
Luas = \frac{22}{7} \times 7^2
Luas = 22 \times 7
Luas = 154 cm^2
Jadi luasnya adalah 154 cm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024