Ringkasan


Materi Ajar

Hari / Tangal               : Senin, 21 Oktober  2019
Tema  4                        : Globalisasi
Subtema 2                   : Globalisasi dan Manfaatnya
Pembelajaran             : 1 ( satu )  
Muatan                       : Bahasa Indonesia, IPS, dan IPA

Muatan Bahasa Indonesia

Menemukan Informasi Penting dari Teks yang Dibacakan
Informasi penting dapat ditemukan dari teks yang kita dengar. Perhatikan langkah-langkah menemukan informasi penting dari teks yang dibacakan berikut:
         Dengarkan teks yang dibacakan dengan sungguh-sungguh.
         Catatlah informasi penting yasng kamu peroleh dalam bentuk poin-poin.
         Kembangkanlah poin-poin tersebut menjadi kalimat utuh.
         Rangkailah kalimat tersebut hingga menjadi paragraf baru.
         Sampaikanlah secara lisan kepada teman-temanmu.

Muatan  IPS
Kerja Sama Anggota ASEAN dalam Bidang Politik
Setiap negara anggota ASEAN memiliki sistem pemerintahan dan kehidupan politik yang berbeda. Akan tetapi, perbedaan tersebut tidak menjadi penghalang untuk menjalin kerja sama di bidang politik. ASEAN memiliki banyak pilar kerja sama, salah satunya di bidang politik yaitu ASEAN Political-Security Community ( APSC) atau Masyarakat Politik-Keamanan ASEAN. Pembentukan APSC bertujuan untuk mempercepat kerja sama di bidang politik dan keamanan, serta mewujudkan perdamaian antaraanggota ASEAN dan juga dunia. Bentuk kerja sama antarnegara anggota ASEAN di bidang politik adalah sebagai berikut:
         Meningkatkan pemerintahan yang baik dengan memajukan prinsip-prinsip demokrasi.
         Meningkatkan dan memajukan keamanan dan perdamaian di kawasan Asia Tenggara melalui Traktat Persahabatan dan Kerja Sama.
         Menjamin tercapainya kebijakan pelarangan penggunaan senjata nuklir di kawasan Asia Tenggara.
         Membantu menyelesaikan konflik antaranggota ASEAN secara damai.
         Mempererat persatuan dan kesatuan antaraanggota ASEAN.
          Menjalin hubungan dengan negara-negara di  luar Asia Tenggara.
         Menjalin kerja sama di bidang maritim ASEAN.
         Melakukan perjanjian kawasan damai, bebas, dan netral yang bertujuan untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang bebas, damai, dan netral dari berbagai permasalahan negara di luar Asia Tenggara.
Indonesia seringkali memiliki peran penting dalam kerja sama ASEAN, misalnya di bidang politik. Sebagai negara yang menjunjung asas demokrasi, Indonesia mengajak anggota ASEAN lain untuk lebih demokratis terhadap bangsanya dengan melindungi hak asasi mereka sebagai penduduk. Beberapa negara, seperti Myanmar, Filipina, dan Kamboja pernah  mengalami konflik antara pemerintah dengan penduduk atau antar kelompok masyarakat. Konflik tersebut kemudian menciptakan pelanggaran hak asasi manusia terhadap salah satu pihak. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Indonesia mengusulkan dibentuknya Badan Hak Asasi Manusia ASEAN yang bertujuan melindungi hak asasi pendudkk negara-negara ASEAN.

Muatan IPA
Cara-Cara Menghemat Listrik
Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk menghemat energi listrik.
         Membatasi waktu menonton televisi.
         Mematikan kipas angina tau pendingin ruangan ketika udara sedang sejuk.
         Mencabut kabel dari stopkontak apabila sudah tidak digunakan.
         Jangan biarkan pengisi daya telepon seluler atau laptop terpasang di stopkontak semalaman.
         Mengganti lampu dengan daya yang lebih kecil.
         Mematikan saklar lampu saat kondisi ruangan cukup cahaya.
Kita membutuhkan lampu untuk penerangan saat ruangan dalam keadaan gelap. Ada tiga jenis lampu yang banyak beredar dilingkungan sekitar, yaitu lampu pijar, lampu neon atau CFL ( Compact Fluorescent Light), dan lampu LED ( Light Emitting Diode). Lampu pijar merupakan  jenis lampu yang cahayanya berasal dari pemanasan filament (sejenis logam) oleh listrik sehingga menghasilkan cahaya. Lampu neon ( CFL ) merupakan jenis lampu yang cahayanya berasal pendaran fosfor karena adanya radiasi ultraviolet dari uap atau gas merkuri yang teraliri listrik. Lampu LED merupakan jenis lampu  yang cahayanya berasal dari pancaran cahaya diode. Dari ketiga jenis lampu tersebut, lampu LED merupakan jenis lampu yang memiliki tingkat efisiensi listrik  paling tinggi. Artinya, energi listrik yang digunakan jauh lebih hemat dibandingkan jenis-jenis lampu lainnya. Saat ini penggunaan lampu LED banyak digunakan untuk penerangan rumah dan jalan, lampu lalu lintas, dan ruangan di gedung.
Dari semua itu, kita harus memiliki sikap tanggung jawab dalam meanfaatkan lisrtik. Hal tersebut harus dilakukan untuk meringankan orang tua dalam membayar biaya listrik bulanan. Ingatkan adik yang masik kecil untuk tidak bermain dengan kabel atau stopkontak, khususnya dengan tangan yang basah.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024