Ringkasan

Hari/Tanggal   :   Selasa, 15 Oktober 2019
Tema              :   Globalisasi
Sub Tema 1      :   Globalisasi di sekitarku
Pembelajaran  :   2 (Dua)
Muatan PB       :   PKN dan SBDP

Pembelajaran 2
Muatan SBdP
Pengertian Reklame dan Ciri-ciri Reklame

Reklame adalah salah satu bentuk ajakan atau pemberitahuan kepada orang lain. Tujuan reklame digunakan, yaitu untuk menawarkan dan mengajak pembaca agar mengikuti anjuran atau membeli produk yang ditawarkan dan meyakinkan bahwa barang yang ditawarkan berkualitas baik.
Reklame memiliki dua jenis berdasarkan tujuan pengadaannya, yaitu komersial dan nonkomersial. Reklame bersifat komersial adalah reklame yang sifatnya menawarkan barang atau produk, biasanya digunakan oleh para pedagang. Misalnya mempromosikan kedai makanan atau yang lainnya. Reklame nonkomersial adalah reklame yang sifatnya mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu atau member anjuran yang baik. Misalnya ajakan untuk menghemat listrik dan menanam pohon di halaman rumah.
Reklame dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan medianya, yaitu:
         Reklame audio, menggunakan media suara atau bunyi tertentu.
         Reklame visual, menggunakan gambar, baik gambar diam maupun gambar bergerak.
         Reklame audio visual, gabungan dari audio dan visual.
Cii-ciri reklame, antara lain:
         Berisi informasi, membujuk, atau mengajak masyarakat.
         Menggunakan kata-kata yang menarik agar pembaca berminaat dan tertarik.
         Terdapat slogan di dalamnya. Slogan adalah kalimat pendek yang menarik dam mudah diingat oleh pembaca.
         Terdapat gambar atau ilustrasi untuk membuat reklame lebih menarik
         Tata letak antara tulisan dan gambar terlihat rapi.



Muatan PPKn
Sikap terhadap Keberagaman Kegiatan Ekonomi

Setiap manusia memiliki kebutuhan yang berbeda. Perbedaan kebutuhan tersebut menyebabkan beragmannya kegiatan ekonomi di masyarakat. Ada masyarakat yang melakukan kegiatan ekonomi beripa produksi, distribusi, ataupun konsumsi.
Contoh kegiatan produksi adalah petani jagung, peternak ayam, dan nelayan. Contoh kegiatan distribusi adalah pengantar barang (kurir), pedagang telur, dan agen beras. Contoh kegiatan konsumsi adalah pembeli makanan dan minuman, pembaca buku, dan pengendara sepeda.
Meskipun kegiatan ekonomi yang dilakukan berbeda, kita harus tetap saling menghormati dan menghargai. Kegiatan ekonomi yang berbeda tidak menjadi penghalang untuk kita tetap bersatu. Berikut sikap yang harus kita terapkan dalam keberagaman ekonomi di lingkungan sekitar.
         Saling menghargai dan menghormati antarpelaku kegiatan ekonomi.
         Membayar barang yang dibeli sesuai dengan harganya.
         Bermain dengan teman tanpa membedakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang tuanya.
         Tidak bersikap sombong terhadap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang tua.
         Memudahkan kurir dalam mengirimkan barang dengan cara memberikan alamat yang jelas.
         Memuji barang yang dihasilkan oleh pelaku kegiatan ekonomi lain.
         Melakukan persaingan yang sehat antarpelaku kegiatan ekonomi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024