ringkasan

Hari/Tanggal    :  Rabu, 02 Oktober 2019
Tema               :  Globalisasi
Sub Tema 1       :  Globalisasi di sekitarku
Pembelajaran   :  3 (tiga)
Muatan PB        :  Bahasa Indonesia dan IPA

Pembelajaran 3
Muatan Bahasa Indonesia

Menemukan Informasi Penting dalam Teks Eksplanasi

Setiap teks eksplanasi memiliki informasi penting yang dapat dipelajari. Informasi penting tersebut dapat digali dan ditemukan, salah satunya dengan menjawab pertanyaan. Berikut kata tanya yang dapat digunakan untuk menggali informasi dari teks eksplanasi.

No
Kata Tanya
Fungsi Kata Tanya
1
Apa
Menanyakan keadaan, perilaku, atau penjelasan isi teks.
2
Di mana
Menanyakan tempat suatu peristiwa berlangsung, lokasi yang akan dituju, serta tempat yang sedang digunakan dalam teks.
3
Kapan
Menanyakan waktu terjadinya suatu keadaan atau peristiwa ( jam, hari, tanggal, bulan, tahun ataupun lamanya sebuah kejadian) dalam teks.
4
Siapa
Menanyakan pelaku yang terkait atau turut serta dalam suatu peristiwa atau kejadian dalam teks.
5
Mengapa
Menanyakan alasan atau sebab sebuah peristiwa terjadi dalam teks.
6
Bagaimana
Menanyakan cara atau proses sebuah peristiwa berlangsung, serta untuk menanyakan keadaan atau kejelasan satu hal dalam teks.


Muatan IPA
Menyalurkan Energi Listrik

Listrik memiliki peran penting dalam era globaalisasi. Tidak dipungkiri, bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energy di dalamnya. Listrik dapat dihasilkan dengan memanfaaatkan sumber energy yang tersedia di alam, seperti: aliran air sungai (PLTA), panas bumi, dan aliran angin.
Setelah listrik dihasilkan di pusat pembangkit, energy listrik tersebut kemudian dinaikkan tegangannya oleh transformator penaik tegangan hingga 500 kv, baru kemudian disalurkan ke berbagai tempat menggunakan sistem transmisi yang dinamakan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET), yang menyalurkan energi listrik dari pusat-pusat pembangkit. Setelah melaui SUTET yang melintasi wilayang pegunungan atau hutan-hutan, energi listrik kemudian masuk ke gardu induk. Di gardu induk energi listrik diturunkan teganganny aoleh transformator penurun tegangan menjadi tegangan menengah 20 kv. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu-gardu distribusi dan diturunkan kembali tegangannya dalam gardu distribusi menjadi tegangan rendah 220 volt, tegangan sebesar itu sudah sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Akhirnya, energi listrik disalurkan ke rumah-rumah warga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Senin, 29 April 2024