Senin, 8 September 2025
Hari/Tanggal : Senin, 8 September 2025
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : KPK dan FPB
2. Bahasa Indonesia : Jendela Dunia
3. Seni Budaya : Prinsip Ritme dalam Seni Rupa
Model Pembelajaran : Drill, Eksperimen
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen Bilangan
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
3. Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.
4. Elemen Menulis
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
1. Elemen Mengalami
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
- Jam dinding tersenyum: menyambut pagi hari. (Jam tidak bisa tersenyum, itu sifat manusia)
- Pohon melambaikan tangannya: saat angin bertiup. (Pohon tidak punya tangan, tapi gerakannya seperti melambai)
- Radio mendendangkan lagu: dengan merdu. (Radio tidak punya suara untuk bernyanyi)
- Pensil menari-nari: di atas kertas. (Pensil tidak bisa menari, tapi gerakannya bisa seperti menari)
- Ombak berkejar-kejaran: di pantai. (Ombak tidak bisa berlomba, itu aktivitas manusia)
- Mentari pagi menyapa: dengan hangat. (Mentari tidak bisa menyapa, itu tindakan menyambut manusia)
- Benda dianggap punya perasaan atau kesadaran, seolah-olah hidup.
- Benda dianggap bisa melakukan tindakan atau aktivitas manusiawi: seperti berbicara, menari, atau bernyanyi.
- Menciptakan gambaran yang lebih hidup: dan menarik dalam sebuah cerita atau puisi.
- Kalimat manakah yang menggunakan majas personifikasi?
Komentar
Posting Komentar