Senin, 15 September 2025
Hari/Tanggal : Senin, 15 September 2025
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : KPK dan FPB
2. Bahasa Indonesia : Buku Jendela Dunia
3. Seni Budaya : Prinsip Ritme dalam Seni Rupa
Model Pembelajaran : Drill, PJBL
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen Bilangan
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
3. Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.
4. Elemen Menulis
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
1. Elemen Mengalami
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
1. Lampu A menyala setiap 6 detik, lampu B menyala setiap 8 detik, Kedua lampu menyala bersamaan pada detik ke- ....
2. Pak Andi memiliki 12 buah apel dan 18 buah jeruk. Ia ingin membagi buah-buahan tersebut ke dalam beberapa keranjang dengan jumlah yang sama. Berapa banyak keranjang yang dibutuhkan Pak Andi?
3. Sebuah toko memiliki 24 buah buku dan 30 buah pensil. Pemilik toko ingin membagi barang-barang tersebut ke dalam beberapa kotak dengan jumlah yang sama. Berapa banyak kotak yang dibutuhkan?
4. Paus muncul ke permukaan laut setiap 12 menit. Lumba-lumba muncul ke permukaan laut setiap 15 menit. Keduanya muncul bersama pada pukul 10.30. Pukul berapakah keduanya akan muncul bersama lagi?
5. Sebuah perpustakaan memiliki 40 buah buku fiksi dan 60 buah buku non-fiksi. Pustakawan ingin membagi buku-buku tersebut ke dalam beberapa rak dengan jumlah yang sama. Berapa banyak rak yang dibutuhkan?
Komentar
Posting Komentar