Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya.
2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PANCASILA
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat menjelaskan proses transfer energi antarmakhluk hidup dan dapat menjelaskanHubungan Sila-Sila dalam Pancasila
IPAS
Transfer energi dalam piramida makanan adalah proses pemindahan energi dari satu tingkat trofik ke tingkat trofik berikutnya, dimulai dari produsen (tumbuhan) yang menyerap energi matahari, lalu ke konsumen primer (herbivora), dan selanjutnya ke konsumen sekunder (karnivora) dan seterusnya. Setiap perpindahan energi ini menghasilkan penurunan jumlah energi yang signifikan, biasanya sekitar 10%, yang digunakan organisme untuk kebutuhan hidup mereka, sehingga jumlah organisme juga berkurang di tingkat yang lebih tinggi.
Tingkat-tingkat dalam Piramida Makanan
Piramida makanan menggambarkan struktur ekosistem berdasarkan hubungan makan dan dimakan, dan menunjukkan jumlah energi yang tersedia pada setiap tingkat.
Memakan konsumen sekunder atau tingkat yang lebih rendah.
Bagaimana Energi Ditransfer?
Matahari adalah Sumber Utama:
Semua energi di piramida makanan dimulai dari Matahari.
Dari Produsen ke Konsumen:
Energi dari Matahari diubah menjadi energi kimia oleh produsen (tumbuhan). Energi ini kemudian ditransfer ke konsumen ketika mereka memakan tumbuhan.
Penurunan Energi:
Setiap kali energi ditransfer ke tingkat trofik berikutnya, sebagian besar energi hilang atau digunakan oleh organisme untuk aktivitas hidup seperti bernapas dan bergerak.
Aturan 10%:
Hanya sekitar 10% energi yang ditransfer dari satu tingkat trofik ke tingkat berikutnya; sisanya 90% hilang sebagai panas atau digunakan untuk metabolisme, menurut aturan 10%.
Mengapa Ada Penurunan Energi?
Karena energi terus-menerus digunakan dan hilang dalam setiap perpindahan, jumlah energi yang tersedia menurun drastis pada tingkat yang lebih tinggi. Ini menjelaskan mengapa jumlah individu dalam setiap tingkat piramida makanan berkurang seiring dengan naiknya tingkat trofik, karena tidak ada cukup energi untuk mendukung populasi yang besar pada tingkat yang lebih tinggi.
Latihan IPAS
Perhatikan makhluk hidup berikut!
tanaman pisang
ayam
singa
fitoplankton
Makhluk hidup yang memperoleh energi dengan cara memakan makhluk hidup lain yaitu .... A. 1 dan 2 B. 1 dan 4 C. 2 dan 3 D. 3 dan 4
Soal No.2
Makhluk hidup yang memperoleh energi dari cahaya matahari dalam jaring-jaring makanan yaitu .... A. produsen B. konsumen tingkat 1 C. konsumen tingkat 2 D. pengurai
Soal No.3
Perhatikan gambar di bawah!
Pada piramida makanan di atas, makhluk hidup yang menerima paling sedikit energi ditunjukkan oleh nomor.... A. 1 B. 2 C. 3 D. 4
Soal No.4
Perhatikan tabel berikut!
No
Pernyataan
1
Makhluk hidup menggunakan 60% energi untuk beraktivitas
2
Makhluk hidup menggunakan 90% energi untuk beraktivitas
3
Makhluk hidup menyimpan 10% energi di dalam tubuh
4
Makhluk hidup menyimpan 40% energi di dalam tubuh
5
Produsen mempunyai paling banyak energi
Pernyataan di atas yang benar terkait transfer energi dalam jaring-jaring makanan yaitu . . . . A. 1, 2, dan 5 B. 1, 2, dan 3 C. 2, 3, dan 5 D. 2, 4, dan 5
Soal No.5
Komponen rantai makanan berikut yang tidak terdapat pada piramida makanan yaitu .... A. produsen B. konsumen tingkat 1 C. konsumen tingkat 2 D. dekomposer
sila-sila yang ada di dalam Pancasila saling berkaitan satu sama lainnya. Bukan tidak beralasan, keterkaitan sila dalam Pancasila tersebut terjadi karena satu bagian dengan bagian lain tidak bisa dipisahkan.
Pancasila juga disebut sebagai suatu kesatuan yang sifatnya majemuk tunggal, yaitu setiap sila tidak bisa berdiri sendiri dan tidak saling bertolakan atau bertentangan.
Jadi, kita harus memahami Pancasila secara utuh. Setiap sila dalam Pancasila saling berhubungan dan tidak dapat terpisahkan. Menghilangkan satu sila berarti mencabik keutuhan Pancasila dan rusaklah tata hukum di Indonesia.
Kerjakan latihan berikut!
1. Hubungan antara sila pertama dan kedua Pancasila adalah:
A. Sila pertama mendasari sila kedua.
B. Sila kedua mendasari sila pertama.
C. Kedua sila berdiri sendiri dan tidak saling berkaitan.
D. Sila kedua adalah pelengkap sila pertama.
2. Mengapa Pancasila disebut sebagai satu kesatuan yang bersifat majemuk tunggal?
A. Karena setiap sila dapat berdiri sendiri.
B. Karena setiap sila saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan.
C. Karena sila-sila tersebut saling bertentangan.
D. Karena hanya satu sila yang paling penting.
3. Apa yang akan terjadi jika salah satu sila Pancasila dihilangkan?
A. Pancasila akan tetap utuh.
B. Struktur ideologi bangsa akan terganggu dan kehilangan keselarasan.
C. Tidak ada pengaruh apa pun terhadap kehidupan berbangsa.
D. Sila yang tersisa menjadi lebih kuat.
4. Sila ke-2 Pancasila, "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab", berkaitan dengan sila pertama yang menyangkut pengakuan terhadap Tuhan Yang Maha Esa karena:
A. Manusia sebagai makhluk Tuhan harus memiliki hak dan kewajiban.
B. Tuhan menganugerahkan martabat kepada setiap manusia.
C. Pengakuan terhadap Tuhan juga berarti pengakuan terhadap sesama manusia.
D. Manusia yang beradab adalah manusia yang beriman.
5. Hubungan antara sila ketiga dan keempat Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia dan Kerakyatan, diwujudkan dalam bentuk:
A. Permusyawaratan perwakilan untuk mencapai kepentingan bersama.
B. Pemilihan langsung untuk menentukan pemimpin.
C. Pengutamaan kepentingan pribadi di atas kepentingan kelompok.
D. Mengutamakan persaingan antar suku.
Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan baik dan lancar. Murid-murid antusias mengikuti kegiatan belajar. Pelajaran IPAS hari ini belajar tentang piramida makanan. Alhamdulillah peserta didik dapat memahami materi dengan baik, namun masih terdapat 4 murid yang masih perlu mendalami materi.
Hari/Tanggal : Senin, 5 Mei 2025 Muatan Pembelajaran : 1. Matematika : Pengolahan Data 2. Bahasa Indonesia : Sayangi Bumi 3. Seni Budaya : Motif Ragam Hias Media Pembelajaran : Video/PPT ( zoom, google meet) Model Pembelajaran : PBL, PJBL ( Project Based Learning), Kooperatif Metode Pembelajaran : Drill, proyek, diskusi, ceramah, tanya jawa...
Hari/Tanggal : Selasa, 6 Mei 2025 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS : Perjuangan Bangsa melawan penjajah 2. Bahasa Indonesia : Sayangi Bumi 3. Pendidikan Pancasila : Menghargai Keragaman Media pembelajaran : Video/PPT, LKPD Model Pembelajaran : PJBL, Kooperatif Metode Pembelajaran : story telling, Diskusi, ceramah ...
1. Menteri Luar Negeri yang mewakili Indonesia dalam pembentukan ASEAN ialah .. a. Tun Abdul Rozak c. Narcisco Ramos b. Adam Malik d. M. Natsir 2. ASEAN diresmikan pada …………. a. 5 Agustus 1967 c. 7 Agustus 1967 b. 6 gustus 1967 d. 8 Agustus 1967 3. ASEAN adalah kepanjangan dari ………… a. Association of shouth east nation asian c. Association asian of shouoth east asian nation b. Association east of shouth asian nation d. Association of shouth east asian nation 4. Negara anggota ASEAN yang tidak pernah dijajah negara lain adalah………. a. Indonesia b. Malaysia c. Thailand d. Vietnam 5. Berikut ini adalah Negara di kawasan Asia Tenggara, kecuali……… a. Ind...
Komentar
Posting Komentar