Senin, 19 Mei 2025

 


 

Hari/Tanggal                              : Senin, 19 Mei 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   : Bangun Ruang 

2. Bahasa Indonesia         : Bergerak Bersama

3. Seni Budaya                  : Motif Ragam Hias

Media Pembelajaran                  : Video/PPT, alat peraga kubus dan balok

Model Pembelajaran                  : PBL, PJBL ( Project Based Learning), Kooperatif

Metode Pembelajaran                : Drill, proyek, diskusi, ceramah, tanya jawab

                                                          penugasan                                                 

                                                    

Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen : Geometri

Peserta didik dapat mengonstruksi dan mengurai bangun ruang (kubus, balok, dan gabungannya) dan mengenali visualisasi spasial (bagian depan, atas, dan samping). Mereka dapat membandingkan karakteristik antar bangun datar dan antar bangun ruang. Mereka dapat menentukan lokasi pada peta yang menggunakan sistem berpetak.

CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

Seni Rupa

Elemen Mengalami

Peserta didik mulai menggunakan garis horizon dalam karya 2 dimensi. Selain itu, peserta didik mulai menerapkan keseimbangan dan irama/ritme dalam warna, garis atau bentuk dalam karyanya.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini anak-anak bu guru dalam keadaan sehat wal'afiyah.
Sebelum mulai pembelajaran daring terlebih dahulu laksanakan sholat duha ya.....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menganalisa sifat kubus dan balok dan menentukan volumenya, menggunakan kata hubung dalam kalimat, 
   Matematika
Mengidentifikasi 
sifat bangun ruang





Volume Kubus:
  • Rumus: V = s x s x s atau V = s³.
  • Penjelasan: Volume kubus dapat dihitung dengan mengalikan panjang satu sisi kubus (s) tiga kali.
  • Contoh: Jika panjang sisi kubus adalah 5 cm, maka volume kubus adalah 5 cm x 5 cm x 5 cm = 125 cm³. 
Volume Balok:
  • Rumus: V = p x l x t.
  • Penjelasan: Volume balok dihitung dengan mengalikan panjang (p), lebar (l), dan tinggi (t) balok.
  • Contoh: Jika panjang balok 8 cm, lebar 6 cm, dan tinggi 4 cm, maka volume balok adalah 8 cm x 6 cm x 4 cm = 192 cm³. 
  • Kerjakan latihan berikut!
  • Perhatikan gambar kubus di bawah ini!


  •   1. Tuliskan sifat-sifat kubus! 
  •        memiliki ........... sisi 
  •        sisi atas........   sisi bawah ........
  •        sisi kanan .....   sisi kiri ......
  •        sisi depan ........, sisi belakang ..........
  •        memiiliki ............titik sudut, yaitu ........
  •        memiliki ............ rusuk 
  •   2. Hitunglah volume kubus berikut!


  •     

  •  
  •  4. Hitunglah volume balok berikut!


  • 5. Hotunglah volume gabungan bangun
  •  ruang berikut!

  • BAHASA INDONESIA

  •  KERJAKAN LATIHAN BERIKUT!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senin, 5 Mei 2025/ daring

Selasa, 06 Mei 2025