Rabu, 07 Mei 2025
Hari/Tanggal : Rabu, 07 Mei 2025
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Pengolahan Data
2. Bahasa Indonesia : Sayangi Bumi
3. Pancasila : Keragaman Indonesia
Model pembelajaran : PBL, Kooperatif
Metode Pembelajaran : Eksplorasi, diskusi kelompok , drill ceramah, tanya jawab Media Pembelajaran :Video/PPT
CP Matematika
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA :
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
CP PANCASILA :
mengenal wilayahnya dalam konteks kabupaten/kota, provinsi sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah dan sekitar sebagai wujud bela negara.
Assalamualaikum wr.wb.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat dapat membandingkan data,
80 80 60 70 90 60 70 80
Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi .
A.
Nilai | Turus | Frekuensi |
90 | || | 2 |
80 | 6 | |
70 | |||| | 4 |
60 | ||| | 3 |
B.
Nilai | Turus | Frekuensi |
90 | || | 2 |
80 | 7 | |
70 | |||| | 4 |
60 | ||| | 3 |
C.
Nilai | Turus | Frekuensi |
90 | || | 2 |
80 | 7 | |
70 | |||| | 4 |
60 | |||| | 4 |
D.
Nilai | Turus | Frekuensi |
90 | || | 2 |
80 | 8 | |
70 | ||| | 3 |
60 | ||| | 3 |
90 70 60 80 90 80 70 80 80
80 70 80 90 80 70 90 90 90
Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi:
Nilai | Turus | Frekuensi |
90 | 6 | |
80 | . . . . | . . . . |
70 | ||| | 4 |
60 | | | 1 |
34kg 38kg 37kg 35kg 36kg 37kg 35kg 36kg 37kg
35kg 36kg 34kg 36kg 35kg 36kg 38kg 37kg 38kg
Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi:
Berat Badan | Turus | Frekuensi |
38 | ||| | 3 |
37 | |||| | 4. |
36 | 5 | |
35 | . . . | . . . |
34 | || | 2 |
C. ||||| | dan 6 D.
Perhatikan piktogram olahraga kesukaan siswa kelas V SD Sakura!Banyak siswa kelas V SD Sakura yang menyukai olahraga sepak bola yaitu . . .
A. 8 orang B. 24 orang C. 36 orang D. 48 orang
- Menjelaskan proses atau mekanisme di balik suatu fenomena.
- Memberikan informasi tentang bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi.
- Faktual: Berdasarkan fakta dan data yang valid.
- Ilmiah: Menggunakan bahasa yang baku dan objektif.
- Informatif: Memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami.
- Objektif: Tidak berusaha mempengaruhi atau memberikan opini pada pembaca.
- Pernyataan Umum: Pengantar yang memperkenalkan topik dan fenomena yang akan dijelaskan.
- Urutan Sebab-Akibat: Penjelasan yang mendetail tentang bagaimana dan mengapa fenomena terjadi, termasuk faktor-faktor penyebab dan efeknya.
- Interpretasi: Penjelasan atau kesimpulan akhir yang mengulas kembali fenomena yang dijelaskan.
- Fenomena alam: Gerhana, pelangi, tanah longsor, gempa bumi, banjir, dan lain-lain.
- Fenomena sosial: Kemiskinan, demonstrasi, perubahan sosial, dan lain-lain.
- Fenomena ilmiah: Fotosintesis, mekanisme tubuh manusia, dan lain-lain.
- Fenomena budaya: Tradisi, ritual, dan lain-lain.
1. Di dalam teks eksplanasi secara umum membahas tentang berbagai fenomena sebagai berikut, kecuali …
A. Fenomena alam
B. Fenomena sosial
C. Fenomena kehidupan artis
D. Fenomena pendidikan
2. Tujuan teks eksplanasi adalah ....
A. Memudahkan dalam membuat kalimat
B. Menerangkan sesuatu
C. Menjelaskan fenomena yang terjadi
D. Mencari kalimat opini
3. Perhatikan kerangka teks eksplanasi berikut!
(1) Proses terjadinya gempa bumi
(2) Penyebab terjadinya gempa bumi
(3) Definisi gempa bumi
(4) Akibat gempa bumi
(5) Simulasi gempa bumi
Jika dikembangkan menjadi teks sebuah eksplanasi, urutan kerangka yang tepat adalah ….
A. (3), (1), (2), (4), (5)
B. (1), (2), (3), (4), (5)
C. (3), (4), (1), (5), (2)
D. (2), (4), (5), (1), (3)
4. Bagian awal teks eksplanasi berupa...
A. Pernyataan umum
B. deret penjelas
C. kesimpulan
D. kata kunci
5. Hujan es, dalam ilmu meteorologi disebut juga presipitasi yang terdiri atas bola-bola es. Salah satu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap udara melalui dingin di atmosfer pada lapisan di atas tingkat pembekuan. Es yang terjadi dengan proses ini biasanya berukuran besar.
Kutipan tersebut termasuk struktur bagian….
A. pernyataan umum
B. penegasan ulang
C. kesimpulan
D. saran
Pendidikan Pancasila
Mengenal Wilayah Kabupaten dan Provinsi
- Provinsi Lampung: Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Selatan, Kota Bandar Lampung.
- Provinsi Jawa Barat: Kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Bandung, Kota Bekasi.
- Provinsi DKI Jakarta: Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Utara, Kota Jakarta Barat, Kota Jakarta Selatan, Kota Jakarta Timur.
- Provinsi Jawa Tengah: Kabupaten Semarang, Kabupaten Demak, Kota Semarang, Kota Surakarta.
- Provinsi Yogyakarta: Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta.
Komentar
Posting Komentar