Rabu, 07 Mei 2025

 


Hari/Tanggal                              : Rabu, 07 Mei  2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   : Pengolahan Data

2. Bahasa Indonesia         : Sayangi Bumi

3. Pancasila                       : Keragaman Indonesia

Model pembelajaran        : PBL, Kooperatif

Metode Pembelajaran     : Eksplorasi, diskusi kelompok , drill                                                    ceramah, tanya jawab                        Media Pembelajaran        :Video/PPT                                         

CP Matematika

Elemen : Pengukuran
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA :
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.


CP PANCASILA :
mengenal wilayahnya dalam konteks kabupaten/kota, provinsi sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah dan sekitar sebagai wujud bela negara.


Assalamualaikum wr.wb.

Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat dapat membandingkan data, 

Matematika


Pilihan Ganda

Soal No.1
Berikut data hasil ulangan Matematika siswa kelas V SD Suka Maju.

80    80    60    70    90    60   70    80

70    60    80    80    80    70   90    80

Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi . 
. .
A.
NilaiTurusFrekuensi 
90||2
80|||| |6
70||||4
60|||3

B.
NilaiTurusFrekuensi 
90||2
80|||| ||7
70||||4
60|||3

C.
NilaiTurusFrekuensi 
90||2
80|||| ||7
70||||4
60||||4

D.
NilaiTurusFrekuensi 
90||2
80|||| |||8
70|||3
60|||3

Soal No.2
Berikut data hasil ulangan IPAS siswa kelas V SD Tunas Harapan.

90    70    60    80    90    80   70    80    80

80    70    80    90    80    70   90    90    90

Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi:
NilaiTurusFrekuensi 
90|||| |6
80. . . .. . . .
70|||4
60|1
Tanda titik-titik pada tabel di atas diisi dengan . . .

A. |||||  || dan 7                    B. |||||  ||| dan 8
C. |||| || dan 7                      D. |||| ||| dan 8

Soal No.3
Berikut data berat badan siswa kelas V SD Tunas Harapan.

34kg    38kg    37kg    35kg    36kg    37kg   35kg    36kg    37kg

35kg    36kg    34kg    36kg    35kg    36kg   38kg    37kg    38kg

Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi:
Berat BadanTurusFrekuensi 
38|||3
37||||4.
36||||5
35. . .. . .
34||2
Tanda titik-titik pada tabel di atas diisi dengan . . .

A. |||| dan 4                     B. |||| dan 5
C. ||||| | dan 6                  D. |||| || dan 7

Soal No.4
Perhatikan piktogram olahraga kesukaan siswa kelas V SD Sakura!Banyak siswa kelas V SD Sakura yang menyukai olahraga sepak bola yaitu . . .
                                                                                 
A. 7 orang           B. 14 orang         C. 21 orang      D. 28 orang

Soal No.5
Perhatikan piktogram makanan kesukaan siswa SD Jepun!
Banyak siswa SD Jepun yang menyukai ayam geprek yaitu . .

A. 8 orang           B. 24 orang            C. 36 orang        D. 48 orang

Teks eksplanasi adalah jenis teks yang menjelaskan bagaimana dan mengapa suatu fenomena, baik fenomena alam, sosial, budaya, atau teknologi terjadiTeks ini fokus pada fakta dan data yang mendukung penjelasan tersebut. 
Berikut adalah beberapa poin penting tentang teks eksplanasi:
1. Tujuan: 
  • Menjelaskan proses atau mekanisme di balik suatu fenomena.
  • Memberikan informasi tentang bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi.
2. Ciri-ciri: 
  • Faktual: Berdasarkan fakta dan data yang valid.
  • Ilmiah: Menggunakan bahasa yang baku dan objektif.
  • Informatif: Memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami.
  • Objektif: Tidak berusaha mempengaruhi atau memberikan opini pada pembaca.
3. Struktur: 
  • Pernyataan Umum: Pengantar yang memperkenalkan topik dan fenomena yang akan dijelaskan.
  • Urutan Sebab-Akibat: Penjelasan yang mendetail tentang bagaimana dan mengapa fenomena terjadi, termasuk faktor-faktor penyebab dan efeknya.
  • Interpretasi: Penjelasan atau kesimpulan akhir yang mengulas kembali fenomena yang dijelaskan.
4. Contoh Topik: 
  • Fenomena alam: Gerhana, pelangi, tanah longsor, gempa bumi, banjir, dan lain-lain.
  • Fenomena sosial: Kemiskinan, demonstrasi, perubahan sosial, dan lain-lain.
  • Fenomena ilmiah: Fotosintesis, mekanisme tubuh manusia, dan lain-lain.
  • Fenomena budaya: Tradisi, ritual, dan lain-lain.

Struktur teks eksplanasi umumnya terdiri dari tiga bagian utama: pernyataan umum, deretan penjelasan, dan interpretasiPernyataan umum berisi pengantar tentang fenomena yang akan dijelaskan. Deretan penjelasan menjelaskan proses terjadinya fenomena secara urut. Interpretasi memberikan kesimpulan atau ulasan dari fenomena yang telah dijelaskan. 





Kerjakan latihan berikut

1. Di dalam teks eksplanasi secara umum membahas tentang berbagai fenomena sebagai berikut, kecuali … 

A. Fenomena alam                                                     

B. Fenomena sosial 

C. Fenomena kehidupan artis                                    

D. Fenomena pendidikan 


2. Tujuan teks eksplanasi adalah ....

A. Memudahkan dalam membuat kalimat                 

B. Menerangkan sesuatu 

C. Menjelaskan fenomena yang terjadi                     

D. Mencari kalimat opini 


3. Perhatikan kerangka teks eksplanasi berikut! 

(1) Proses terjadinya gempa bumi
(2) Penyebab terjadinya gempa bumi
(3) Definisi gempa bumi
(4) Akibat gempa bumi
(5) Simulasi gempa bumi 

Jika dikembangkan menjadi teks sebuah eksplanasi, urutan kerangka yang tepat adalah …. 

A. (3), (1), (2), (4), (5)                                                 

B. (1), (2), (3), (4), (5) 

C. (3), (4), (1), (5), (2)                                                 

D. (2), (4), (5), (1), (3) 


4. Bagian awal teks eksplanasi berupa...

A. Pernyataan umum                                                  

B. deret penjelas

C. kesimpulan                                                             

D. kata kunci


5. Hujan es, dalam ilmu meteorologi disebut juga presipitasi yang terdiri atas bola-bola es. Salah satu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap udara melalui dingin di atmosfer pada lapisan di atas tingkat pembekuan. Es yang terjadi dengan proses ini biasanya berukuran besar. 

Kutipan tersebut termasuk struktur bagian…. 

A. pernyataan umum 

B. penegasan ulang 

C. kesimpulan 

D. saran 


Pendidikan Pancasila 

Mengenal  Wilayah Kabupaten dan Provinsi



Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dibagi menjadi 38 provinsi, yang selanjutnya dibagi lagi menjadi sejumlah kabupaten dan kotaProvinsi adalah satuan teritorial administratif di bawah wilayah negara, sedangkan kabupaten dan kota adalah unit administratif yang lebih kecil di bawah provinsi. 
Berikut adalah beberapa contoh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia:
  • Provinsi Lampung: Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Selatan, Kota Bandar Lampung.
  • Provinsi Jawa Barat: Kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Bandung, Kota Bekasi.
  • Provinsi DKI Jakarta: Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Utara, Kota Jakarta Barat, Kota Jakarta Selatan, Kota Jakarta Timur.
  • Provinsi Jawa Tengah: Kabupaten Semarang, Kabupaten Demak, Kota Semarang, Kota Surakarta.
  • Provinsi Yogyakarta: Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta. 
Indonesia memiliki total 416 kabupaten dan 98 kota, termasuk 1 kabupaten administrasi dan 5 kota administrasi. Kabupaten dan kota ini memiliki pemerintahan daerah masing-masing, yang diatur dengan undang-undang. 
  Kerjakan tugas latihan berikut!
  1. Pada awal kemerdekaan Indonesia terdapat 8 provinsi. Pembagian ini ditetapkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dalam sidang ke-2 pada 19 Agustus 1945 
Tuliskan 8 provinsi tersebut!

 2. Tuliskan provinsi di pulau Sumatera berikut ibu kotanya!

 3. Di Indonesia, terdapat beberapa provinsi yang memiliki status khusus atau istimewa. Provinsi-provinsi dengan status khusus dan istimewa tersebut adalah adalah ......

 4. Di provinsi manakah kalian tinggal, ceritakan ciri khas provinsi tempat tinggalmu!

 5. Apa manfaat mengenal berbagai provinsi yang ada di Indonesia? 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senin, 5 Mei 2025/ daring

Selasa, 06 Mei 2025