Fase / Kelas : C / 5 Mata Pelajaran : SAS Matematika
Assalamualikum wr.wb.
Apa kabar anak Sholeh Sholehah?
Semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah aamiin..
Hari ini anak Sholeh Sholehah akan melaksanakan SAS.
Semoga Allah berikan kelancaran dan kemudahan dalam menjawab soal yaa aamiin..
Berikut kisi-kisi SAS Matematika :
I. Pilihlah jawaban yang paling benar
1. 3 jam + 45 menit + 20 detik = ….detik a. 13.520 b. 12.350 c. 10.520 d. 10.370
2.Perhatikan gambar di bawah ini!
Luas bangun yang di arsir adalah…. a. 18 petak satuan b. 19 petak satuan c. 20 petak satuan d. 21 petak satuan
3. kakek berumur 4 dasawarsa dan nenek berumur 35 tahun. Selisih umur ayah dan ibu adalah… a. 4 tahun b. 5 tahun c. 6 tahun d. 7 tahun
4. Hitunglah keliling bangun datar gabungan dibawah ini!
a. 45 cm b. 52 cm c. 64 cm d. 72 cm
5. Rina mempunyai sebuah kardus berbentuk persegi dengan besaran volume 15.625 cm3. Berapakah panjang sisi kardus tersebut… a. 15 cm b. 25 cm c. 35 cm d. 45 cm
6. Perhatikan gambar dibawah ini!
Volume bangun ruang gabungan seperti gambar di atas adalah… a. 512 cm3 b. 1.280 cm3 c. 1.792 cm3 d. 1.972 cm3
7. Perhatikan gambar berikut !
Berikut yang merupakan jarring-jaring kubus adalah nomor… a. 1 dan 2 b. 1 dan 3 c. 1 dan 4 d. 2 dan 4
8. Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan gambar di atas, yang bukan merupakan jarring-jaring balok adalah gambar… a. A b. B c. C d. D
9. Sebuah kantong berisi 5 kelereng hijau, 7 kelereng kuning, 4 kelereng biru, dan 8 kelereng putih. Jika kelereng tersebut diambil secara acak, peluang terambilnya kelereng biru adalah.. a. 5/24 b. 7/24 c. 4/24 d. 8/24
10. Bak mandi galang berbentuk kubus. Bak mandi tersebut berisi air sampai penuh. Volume air yang dimasukkan sebanyak 216 liter. Maka panjang sisi bak mandi tersebut adalah… a. 6 b. 7 c. 9 d. 8
II. Jawablah pertanyaan ini dengan benar
1. Ibam sedang membuat sebuah kolam ikan di halaman rumahnya. Koam ikan tersebut memiliki panjang 8 m, lebar 5 m dan tinggi 2 m. berapakah volume air yang dapat ditampung ke dalam kolam ikan tersebut?
2. Syifa membawa kardus berbentuk kubus. Panjang rusuk kardus tersebut adalah 12 cm. hitunglag volume kardus tersebut
3. Buatlah satu buah gambar pola jaring-jaring kubus dan satu buah gambar pola jaring-jaring balok!
4. Perhatikan tabel berat siswa kelas V dibawah ini
Sajikan data di atas ke dalam diagram batang!
5. Perhatikan gambar diagram dibawah ini!
Berdasarkan diagram batang di atas, makanan apa yang paling banyak disukai dan makanan apa yang paling sedikit disukai warga Desa Jaya Makmur?6. Tuliskan sifat/ciri bangun kubus!
7. Berikut data hasil ulangan Matematika siswa kelas V SD Suka Maju. 80 80 60 70 90 60 70 80 70 60 80 80 80 70 90 80 ubahlah data di atas menjadi tabel frekunesi!
8. Hitunglah volume bangun ruang gabungan berikut!
9. tentukan volume kubus berikut!
10. Hitunglah volume kubus satuan pada gambar berikut!
Contoh soal
1. perhatikan gambar
Luas daerah yang diarsir adalah .... cm² a. 80 b. 82 c. 84 d. 86
2. Sebuah lapangan memiliki panjang 42 m, dan lebar 15 m. keliling lapangan tersebut adalah ...
a. 3150 mb. 114 mc. 411 md. 141 m
3. luas gabungan bangun datar berikut adalah
A. 216 cm² B. 270 cm² C. 378 cm² D. 972 cm²
4. Luas bangun datar berikut adalah
A. 16 cm B. 60 cm C, 32 cm D. 26 cm
5. Kakak belajar selama 1 jam 20 menit. Kakak belajar selama ..........menit
A. 20 B. 60 C. 80 D. 100
6. 3 dasawarsa + 2 windu - 4 tahun = … tahun
A. 1 tahun B. 26 tahun C. 42 tahun D. 46 tahun
7. perhatikan gambar berikut
Besar sudut hasil pengukuran di atas yaitu. . .° A. 70B. 80C. 110D. 120
8. Adit menggunakan gunting untuk memotong kertas. Gunting tersebut terbuka dan membentuk sudut yang besarnya lebih dari 0° dan kurang dari 90°. Sudut tersebut dinamakan. . .
A. sudut lancipB. sudut tumpul C. sudut lurusD. sudut siku-siku
9. perhatikan gambar berikut!
sisi bagian pada gambar kubus di atas adalah .....
A. ABCD B. ABEF C. EFGH D. BCGF
10.
Pada gambar no.9 rusuk kubus bagain depan yaitu......
11. titik sudut adalah ........
12. tentukan volume kubus berikut!
13. Hitunglah volume kubus satuan pada gambar berikut!
14. Tentukan rumus dan volume bangun kubus berikut!
15. Tentukan rumus dan volume balok berikut1
16, Hitunglah volume bangun ruang gabungan berikut!
17. perhatikan gambar
yang bukan jaring-jaring kubus adalah ....
18. Pada gambar jaring kubus berikut yang menjadi penutupnya adalah no....
19. tuliskan sifat/ciri bangun kubus!
20. Berikut data hasil ulangan Matematika siswa kelas V SD Suka Maju. 80 80 60 70 90 60 70 80 70 60 80 80 80 70 90 80 ubahlah data di atas menjadi tabel frekunesi!
21. Perhatikan diagram batang hasil panen ikan gurami milik Pak Andi!
Pak Andi berhasil panen ikan gurami dari semua kolam miliknya seberat . . . kg
22. Berikut adalah data berat badan siswa kelas V SD Al Azhar 1:
34kg 38kg 37kg 35kg 36kg 37kg 35kg 36kg 37kg
35kg 36kg 34kg 36kg 35kg 36kg 38kg 37kg 38kg
Sajikan data berat badan siswa kelas 5 SD Al Azhar 1 dalam bentuk diagram batang!
Hari/Tanggal : Senin, 5 Mei 2025 Muatan Pembelajaran : 1. Matematika : Pengolahan Data 2. Bahasa Indonesia : Sayangi Bumi 3. Seni Budaya : Motif Ragam Hias Media Pembelajaran : Video/PPT ( zoom, google meet) Model Pembelajaran : PBL, PJBL ( Project Based Learning), Kooperatif Metode Pembelajaran : Drill, proyek, diskusi, ceramah, tanya jawa...
1. Menteri Luar Negeri yang mewakili Indonesia dalam pembentukan ASEAN ialah .. a. Tun Abdul Rozak c. Narcisco Ramos b. Adam Malik d. M. Natsir 2. ASEAN diresmikan pada …………. a. 5 Agustus 1967 c. 7 Agustus 1967 b. 6 gustus 1967 d. 8 Agustus 1967 3. ASEAN adalah kepanjangan dari ………… a. Association of shouth east nation asian c. Association asian of shouoth east asian nation b. Association east of shouth asian nation d. Association of shouth east asian nation 4. Negara anggota ASEAN yang tidak pernah dijajah negara lain adalah………. a. Indonesia b. Malaysia c. Thailand d. Vietnam 5. Berikut ini adalah Negara di kawasan Asia Tenggara, kecuali……… a. Ind...
Hari/Tanggal : Selasa, 6 Mei 2025 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS : Perjuangan Bangsa melawan penjajah 2. Bahasa Indonesia : Sayangi Bumi 3. Pendidikan Pancasila : Menghargai Keragaman Media pembelajaran : Video/PPT, LKPD Model Pembelajaran : PJBL, Kooperatif Metode Pembelajaran : story telling, Diskusi, ceramah ...
Komentar
Posting Komentar